I AM Community

Kakeibo, Seni Mengatur Uang Ala Jepang Yang Efektif

Hai Youngvestors! Apakah kalian pernah mendengar istilah “Kakeibo”? Mungkin istilah ini masih terdengar asing di telinga banyak orang. Namun, saat sudah mengerti dan melakukannya, Kakeibo ini sangat membantu kita dalam mengatur keuangan loh! Kakeibo sendiri merupakan suatu seni mengatur uang ala Jepang. Menurut  Moneycrasher, Kakeibo adalah suatu cara untuk melakukan pencatatan keuangan secara manual untuk mencapai tujuan keuangan.

Sepertinya metode ini akan menimbulkan kontra, seperti “Untuk apa mencatat keuangan secara manual kalau sudah ada teknologi yang memudahkan?”. Nah, menurut CNBC, mencatat secara manual termasuk rencana keuangan yang memiliki kemungkinan lebih besar untuk dicapai. Mengapa? Dengan menulis sendiri, secara tidak sadar kita akan terbiasa untuk lebih mempertimbangkan pengeluaran demi mencapai suatu tujuan keuangan.

Sumber: pexels.com

Tertarik untuk menerapkan Kakeibo ini? Apa saja sih yang harus dilakukan untuk memulainya? Yuk simak ulasannya!

  1. Membuat catatan sejak awal bulan

Untuk mulai menerapkan Kakeibo, buatlah catatan keuangan sejak awal bulan. Dalam tahapan yang pertama ini, kita membutuhkan informasi mengenai berapa pemasukan kita pada bulan tersebut.

Setelah itu, membuat prediksi perkiraan tentang pengeluarannya. Pengeluaran yang dimaksud dalam hal ini adalah pengeluaran yang pasti, seperti membeli kebutuhan pokok, membayar cicilan, dan sebagainya. Dengan membuat catatan ini, kita akan mengetahui berapa jumlah uang yang masih tersisa.

  1. Mencatat secara rinci

Tahapan ini berkaitan dengan poin yang pertama. Tentunya untuk melakukan pencatatan dalam pembukuan, kita harus mencatatnya secara rinci. Mulai dari harian sampai tahunan, sehingga saat membutuhkan informasinya akan mudah untuk didapatkan.

Jika Youngvestors belum terbiasa mencatat pemasukan dan pengeluaran, mulailah dari sekarang kalau ingin menerapkan Kakeibo ini. Oh iya, dalam tahapan ini, Youngvestors diharapkan sudah mulai menentukan nominal yang hendak ditabung nantinya agar dapat lebih mempertimbangkan aktivitas keuangannya.

  1. Lakukan evaluasi

Melakukan evaluasi terhadap pencatatan pada akhir bulan sangat berguna untuk mengetahui apakah aktivitas keuangan yang dilakukan sudah sesuai dengan pencatatan, sehingga perencanaan keuangan di bulan depannya dapat lebih matang.

Jika semuanya sudah sesuai, berarti Youngvestors sukses dalam menerapkan metode kakeibo ini dalam kehidupan sehari-hari.

Konon, metode yang ditemukan oleh Motoko Hani pada tahun 1904 ini dapat membantu mengurangi pengeluaran sebesar 25%. Sangat bermanfaat, bukan? Sisa 25% tersebut, bisa Youngvestors gunakan untuk berinvestasi, dana darurat, atau hal lainnya. Hingga saat ini, metode tersebut masih banyak diterapkan oleh banyak orang. Bukan hanya di Jepang saja, melainkan sampai ke penjuru dunia, termasuk Indonesia. Alasan utamanya, banyak orang yang merasa metode ini sangat efektif dalam mengatur pemasukan dan pengeluaran agar tidak berlebih.

Oke Youngvestors, sekian artikel dari Mintor. Semoga dapat membantu ya! Yuk follow juga Instagram @i_amcommunity!

Salam I AM Community,

I AM Smart.

I AM Capable!

Sumber referensi:

https://www.ruangmom.com/cara-menabung-kakeibo.html

https://glints.com/id/lowongan/kakeibo-adalah/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *