I AM Community

5 Cara Mencapai Financial Freedom Sejak Dini

”Uang tidak bisa membeli kebahagiaan”, apakah Youngvestors setuju dengan pernyataan tersebut? Kalau Mintor tidak setuju, nyatanya keuangan yang baik akan memberi kita kehidupan yang lebih baik juga. Bahkan menurut tanggapan dari 450.000 orang Amerika yang disurvei oleh Gallup & Healthways pada tahun 2008 dan 2009, menyatakan bahwa semakin rendah pendapatan seseorang, maka semakin tidak bahagia hidupnya.

Maka mencapai financial freedom tentunya dambaan semua orang, bukan? Financial freedom sendiri adalah kondisi di saat seseorang mencapai kebebasan finansial, yang berarti kita tidak perlu lagi bekerja karena sudah ada kekayaan dan aset yang bisa membiayai semua kebutuhan sehari-hari. Bagi orang yang sudah mencapai financial freedom, asetnya pun memiliki nilai yang lebih tinggi dari kebutuhan sehari-harinya.

Nah, bagaimana sih cara mencapai financial freedom? Yuk simak penjelasan dari Mintor!

Sumber: unplash.com

  1. Pahami kondisi finansial kita sekarang

Mencapai financial freedom tidak dilihat dari seberapa besar pendapatan kita perbulannya, yang penting semua pendapatan dan aset kita sudah mampu menutupi semua pengeluaran sehari-hari. Bila tidak, berarti belum mencapai financial freedom. Maka dari itu, kita harus membuat perhitungan tentang berapa pendapatan yang seharusnya dimiliki agar mencapai financial freedom.

  1. Mempunyai sumber pendapatan lain

Untuk mempunyai pendapatan yang bisa menutupi semua pengeluaran, tentunya butuh pendapatan yang cukup besar. Salah satu caranya adalah mempunyai sumber pendapatan lain. Cara ini sangat efektif, di mana pendapatan utama bisa untuk membayar kebutuhan pokok, sedangkan pendapatan lainnya bisa untuk menabung dan membeli aset.

Langkah paling populer dalam mencari sumber pendapatan lain adalah dengan berbisnis. Memulai suatu bisnis tidak selalu memerlukan modal yang besar, bahkan ada bisnis yang tanpa modal, seperti menjadi dropshipper, freelancer, dan sebagainya. Langkah yang kedua, kita bisa membangun passive income dengan memanfaatkan media internet, salah satu contohnya adalah membuat blog. Untuk lebih lengkap tentang cara membangun passive income, Youngvestors bisa membaca di artikel sebelumnya ya!

  1. Melakukan investasi

Berapa banyak pun uang yang kita miliki saat ini, tidak akan sama lagi nilainya di masa depan, karena ada yang namanya inflasi. Maka dari itu, Youngvestors sangat wajib untuk melakukan investasi. Selain melawan inflasi, investasi juga bisa menjadi salah satu alat kita untuk mencapai financial freedom, karena dalam investasi ada yang namanya compounding interest, yaitu uang kita akan terus bunga berbunga seiring berjalannya waktu. Jadi semakin cepat memulai investasi akan semakin baik.

  1. Melunasi semua hutang

Untuk  memiliki kebebasan secara finansial, tentunya kita tidak boleh mempunyai hutang lagi, apalagi dengan nilai besar. Jika masih ada, upayakan untuk segera melunasinya. Lebih baik lagi jika nilai dari aset kita bisa melunasinya.

  1. Tentukan tujuan keuangan

Menentukan tujuan keuangan sangat berguna untuk kita membuat strategi perencanaan keuangan, sehingga setiap pengeluaran dapat lebih teratur.

Selain itu, pengertian financial freedom bagi setiap orang juga berbeda, ada yang merasa mencapainya saat bisa travelling ke luar negeri setiap bulan tanpa khawatir atau sudah memiliki dana pensiun yang cukup. Dengan hal ini, kita bisa lebih mudah dalam menentukan cara yang tepat untuk mencapainya.

Itulah 5 cara dari Mintor untuk mencapai financial freedom sejak dini. Apakah Youngvestors punya cara lain untuk mencapai financial freedom? Yuk bagikan caramu di kolom komentar di bawah! Jangan lupa untuk baca artikel lainnya dan follow Instagram @i_amcommunity ya!

Salam I AM Community,

I AM Smart.

I AM Capable!

Sumber referensi:

https://koinworks.com/blog/cara-mencapai-financial-freedom/

https://www.ekrut.com/media/financial-freedom-adalah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *