I AM Community

Sudah Sering Apply CV Tapi Belum Dapat Panggilan? Mungkin CV-mu Belum Ramah ATS.

Penulis: Hety Rismawati Nehe

Sumber : unsplash.com

Hai Youngvestors! Mintor kembali lagi untuk terus memberikan edukasi untuk kalian. Kali ini Mintor akan membahas salah satu aspek penting dalam dunia kerja. Yes! Betul sekali, Curriculum Vitae atau yang biasa disebut CV. Mungkin beberapa kalian ada yang sedang mencari pekerjaan namun belum dapat panggilan sampai saat ini? Bisa jadi salah satu penyebabnya adalah CV kalian belum ramah dengan ATS. Apa itu ATS? Kita simak penjelasannya yuk.

Kemajuan teknologi di era 4.0 sudah semakin pesat. Sudah banyak kemudahan yang dapat kita nikmati dari hasil program teknologi. Salah satunya ATS dalam bidang perekrutan tenaga kerja. ATS (Applicant Tracking System) merupakan sebuah sistem yang digunakan perusahaan atau situs lowongan kerja untuk mengumpulkan sekaligus menyeleksi pelamar kerja sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan perusahaan. Sistem ATS ini sangat memudahkan para recruiter untuk menyaring CV secara otomatis dan tanpa membuang waktu.

Cara kerja dari program ATS ini yaitu sistem memindai CV kita dan mencari kata kunci yang sesuai dengan posisi lowongan yang dibutuhkan. Setelah itu ATS menyimpan file CV yang telah lolos pemindaian untuk dapat dilihat oleh recruiter.  

Karakter CV yang Lolos Seleksi ATS

  1. Menggunakan bahasa Inggris sehingga ATS dapat mengenali identitas kalian
  2. Ukuran dan jenis huruf yang digunakan standar dan mudah dibaca
  3. Pemilihan warna yang digunakan tidak mencolok
  4. Menggunakan kata kunci yang berhubungan dengan lowongan pekerjaan
  5. Mendeskripsikan pengalaman kerja dengan jelas.

Setelah tahu karakter CV yang lolos seleksi ATS, sekarang Mintor mau memberikan tips bagaimana cara membuat CV ATS friendly.

  1. Menggunakan Template yang Tidak Mencolok

Mungkin banyak dari kalian berusaha untuk membuat CV yang menarik dengan menuangkan warna dan tools ke dalam CV. Namun sayangnya, ATS lebih membutuhkan deskripsi pengalaman dan kompetensi kalian, Youngvestors. Jadi kalian hanya perlu menggunakan template CV yang sederhana.

  • Menggunakan Format Tulisan yang Standar

Beberapa font yang dapat kamu pilih dalam membuat CV yaitu Times New Roman, Calibri, Cambria, Lato, Didot, Helvetica, Avenir, Georgia. Ukuran huruf yang digunakan pun harus pas, tidak terlalu besar atau terlalu kecil serta tidak lupa juga menggunakan spasi satu sehingga mudah untuk dibaca.

  • Menggunakan Kata Kunci

Kalian perlu memasukkan kata kunci sesuai dengan posisi yang akan kalian lamar. For example, kalian melamar di posisi Marketing, maka kalian perlu mencantumkan kata kunci di deskripsi pengalaman kerja kalian selama bekerja di dunia marketing. Hal ini dapat memudahkan sistem ATS dalam mengenali CV kalian.

  • Tidak Menggunakan Tabel dan Kolom

ATS tidak dapat mengenali tabel dan kolom yang ada pada CV. Maka dari itu jika kalian menggunakan tabel dan kolom, ATS akan error. Untuk menghindari hal ini, kalian bisa menggunakan numbering atau bullet point untuk mengelompokkan komponen CV kalian.

Alright Youngvestors! Berikut adalah hal-hal penting yang perlu kalian perhatikan dalam pembuatan CV yang ATS friendly. Mintor harap, setelah ini CV yang sudah kalian apply langsung lolos ke tahap selanjutnya ya! Terima kasih sudah menyimak artikel ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya! Ikuti juga konten menarik dan bermanfaat di Instagram @i_amtalentindo.

I AM Talent & Career:

Thrive for the better future

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *