I AM Community

Investasi di Eba Ritel, Menguntungkan atau Membuntungkan?

Penulis: Vincent Chandra

Sumber: Unplash.com

Belakangan ini kita semua pasti sering sekali mendengar kata “investasi”. Namun sering kali orang-orang lebih condong berinvestasi ke instrumen seperti saham, cryptocurrency, dan sebagainya, bukan ke properti karena membutuhkan modal yang cukup besar. Dalam artikel ini Mintor akan memberi solusi untuk Youngvestors yang ingin berinvestasi ke properti tanpa modal besar tapi tetap menarik.

Apakah Youngvestors pernah mendengar Eba Ritel? Mungkin masih banyak yang belum mengetahui salah satu produk investasi ini. Sebelumnya apa itu Eba Ritel? Eba Ritel adalah surat berharga yang terdiri atas sekumpulan KPR melalui proses sekuritisasi sehingga menjadi instrumen investasi pendapatan tetap yang dapat diperjualbelikan atau ditransaksikan. Sederhananya sama dengan obligasi, tetapi Eba Ritel ini masuk ke dalam bidang properti. Produk ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2009, tetapi dahulu hanya bisa dibeli oleh perusahaan dan orang–orang besar, Beruntungnya 2018 kemarin PT. Sarana Multigriya Finansial (SMF) mengeluarkan Eba Ritel yang bisa dibeli oleh kita sebagai investor retail.

Lalu bagaimana cara kita mendapatkan returnnya? Sistem dari Eba Ritel ini mengumpulkan uang dari masyarakat yang membayar cicilan rumah untuk disalurkan sebagai KPR. Kemudian Eba Ritel akan memberikan kita return dari bunga orang yang sedang menyicil rumah tersebut.

Seperti yang sudah Mintor katakan tadi, produk Eba Ritel ini mirip dengan obligasi. Lantas mengapa kita tidak berinvestasi di obligasi saja atau bahkan deposito? Tentu saja, karena kalau Youngvestors membandingkan Eba Ritel ini dengan obligasi atau deposito, Eba Ritel ini memiliki return paling tinggi sehingga bisa menjadi pilihan baru yang menarik nih bagi Youngvestors. Bukan hanya itu, Eba Ritel ini memiliki banyak kelebihan, salah satunya seperti yang Mintor bilang di awal bahwa kita bisa berinvestasi ke properti tanpa modal besar dimana Eba Ritel ini dapat dibeli mulai dari 100 ribu saja. Selain itu, Eba Ritel juga sangat likuid yang artinya kita bisa menjualnya kapanpun. Apalagi Eba Ritel ini bisa kita jadikan sebagai passive income.

Akan tetapi, apakah aman jika kita berinvestasi di produk yang belum diketahui oleh banyak orang ini? Tenang saja, karena Eba Ritel diterbitkan oleh SMF yaitu BUMN di bawah Kementerian Keuangan dan diawasi oleh OJK. Eba Ritel ini juga selalu mendapatkan rating AAA dari PEFINDO yang merupakan perusahaan pemeringkat efek ternama di Indonesia. Walaupun begitu, dalam berinvestasi tentunya tidak lepas dari risiko, Eba Ritel sendiri memiliki harga pasar yang cukup fluktuatif akibat perubahan suku bunga dan risiko gagal bayar. Untungnya penerbitan Eba Ritel ini diseleksi dengan baik sehingga meminimalisir risiko yang ada.

Kalau kita balik lagi ke pertanyaan di awal, bagaimana menurut Youngvestors  terkait Eba Ritel ini? Apakah menguntungkan atau membuntungkan? Bagi Mintor sendiri berinvestasi itu seperti mencari jodoh, di mana kita ingin mencari tahu dan mengenal sedalam-dalamnya sampai menemukan yang paling cocok. Nah sama dalam hal investasi, berarti kita mencari yang sistem dan profil risikonya paling cocok untuk kita.  Bagi Youngvestors yang tertarik berinvestasi di Eba Ritel, saat ini memang belum banyak opsi tempat untuk membelinya, mengingat produk ini belum banyak dikenal. Jadi, Youngvestors dapat membelinya secara eksklusif hanya di BNI Sekuritas dan BCA Sekuritas ya!

Sekian artikel dari Mintor mengenai investasi di Eba Ritel, semoga artikel ini dapat menjadi referensi untuk Youngvestors yang ingin berinvestasi di properti tanpa modal besar. Jangan lupa untuk follow Instagram @i_amcommunity agar tidak ketinggalan konten menarik lainnya.

Salam I AM Community,

I AM Smart.

I AM Capable!

Sumber referensi :

https://pasardana.id/news/2018/8/2/smf-perkenalkan-eba-sp-ritel-dengan-settlement-tplus1/
https://bions.id/edukasi/post/milenial-yuk-simak-keuntungan-investasi-eba-ritel
https://www.bnisekuritas.co.id/2019/01/31/eba-sp-ritel/
https://www.youtube.com/watch?v=xY6wAlmrAAI&t=167s
https://finansial.bisnis.com/read/20201126/89/1323027/smf-bidik-milenial-berinvestasi-ke-eba-ritel-apa-saja-kelebihannya#:~:text=Sekadar%20informasi%2C%20EBA%20ritel%20bisa,BNI%20Sekuritas%20dan%20BCA%20Sekuritas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *