I AM Community

8 Rumus Excel ini Wajib Kamu Kuasai dalam Dunia Kerja

Penulis: Hety Rismawati Nehe

            Halo Youngvestors! Bagaimana kabarnya? Mintor harap kita selalu dalam keadaan baik ya. Anyway, artikel kali ini membahas tentang Microsoft Excel. Seperti yang kita tahu, Microsoft Excel merupakan salah satu produk dari Microsoft Office System berupa aplikasi yanag digunakan untuk menghitung data menggunakan rumus, mengolah, dan melakukan manajemen data secara otomatis dalam bentuk numerik. Hampir semua aspek pekerjaan pasti menggunakan sistem ini, seperti dalam bidang keuangan, penelitian ilmiah, statistik, pabrik, dan masih banyak lagi.

Dengan kebutuhan penggunaan Microsoft Excel yang semakin meningkat ini, menjadikan hampir semua perusahaan mewajibkan karyawannya untuk menguasai rumus-rumus Microsoft Excel. Wah, apa saja ya yang perlu dikuasai? Kita simak saja yuk penjelasannya.

  1. SUM

Nah, rumus pertama yang sangat wajib dikuasai yaitu  SUM. Rumus ini digunakan untuk menjumlahkan sejumlah angka di cell tertentu

Rumus: =SUM(number1,number2,..) atau =SUM(Start Value:End Value)

Source: Dokumen Pribadi

  • COUNT

Untuk rumus COUNT ini berfungsi untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka.

Rumus: =COUNT(value2,value2,..) atau =COUNT(Start Value:End Value)

Source : Dokumen Pribadi

  • AVERAGE

Rumus ini digunakan untuk menghitung rata-rata angka pada cell tertentu.

Rumus: =AVERAGE(number1,number2,..) atau =AVERAGE(StartValue:EndValue)

Source : Dokumen Pribadi

  • IF

Untuk rumus ini biasanya digunakan untuk mengidentifikasi data berdasarkan logika tertentu, contohnya menentukan “Lulus” atau “Tidak Lulus”.

Rumus: =IF(number1,”KondisiTerpenuhi”,“KondisiTidakTerpenuhi”)

Source: Dokumen Pribadi

  • SUMIF

Level rumus ini tingkatnya lebih rumit dibandingkan rumus sebelumnya nih, Youngvestors! Namun manfaatnya dalam pekerjaan sangatlah membantu. Rumus SUMIF ini gabungan dari rumus SUM dan rumus IF yang berfungsi untuk menjumlahkan angka-angka yang terdapat dalam cells dengan kriteria tertentu.

Rumus: =SUMIF(Start value1:End value1,”value”, Start value2:End value2)

Source: Dokumen Pribadi

  • VLOOKUP

Untuk rumus ini lebih sulit daripada rumus-rumus sebelumnya. Rumus ini mempermudah pekerjaan kita kalau hasilnya benar, tapi kalau Youngvestors salah akan sangat kesusahan. Jadi, sangat diperlukan ketelitian.

Rumus: =VLOOKUP(lookup_value, table_array, column_number, [range_lookup])

Alright, Mintor akan berikan contoh yang sederhana supaya kalian bisa mengerti ya.

Contohnya, terdapat pemilihan paket internet beserta layanannya per bulan sebagai berikut;

Source: Dokumen Pribadi

Lalu ada 8 konsumen yang memilih paket internet secara acak seperti tabel dibawah ini;

Source: Dokumen Pribadi

Untuk mengetahui berapa tagihan yang harus dibayar 8 konsumen ini per bulan, Youngvestors dapat menggunakan rumus vlookup sebagai berikut;

Source: Dokumen Pribadi

Arti dari “B3” yaitu cell tersebut merujuk pada jenis paket yang dibeli konsumen.Lalu “Sheet2!A3:B6” mengartikan range cell untuk tabel rincian biaya di sheet 1. Masukkan angka 2 di bagian selanjutnya, karena di tabel rincian biaya, harga produk terletak di kolom kedua. Terakhir, kamu hanya perlu memasukkan nilai 0, dan hasilnya seperti gambar di atas. Youngvestors dapat mempraktikkan rumus VLOOKUP di kolom “Harga Pelayanan” ya.

  • HLOOKUP

Rumus HLOOKUP ini sama seperti rumus VLOOKUP, yang membedakan adalah kalau VLOOKUP berfungsi untuk mengambil data berbentuk vertikal, sedangkan HLOOKUP sesuai huruf depannya “H” yaitu horizontal. Selebihnya sama seperti penggunaan VLOOKUP ya Youngvestors.

Rumus: =HLOOKUP(lookup_value, table_array, column_number, [range_lookup])

  • COUNTIF

Rumus ini berfungsi untuk menghitung jumlah sel yang memiliki persamaan kualifikasi, sehingga kalian tidak perlu lagi kesulitan lagi dalam menyortir data.

Rumus: =COUNTIF(Range,”Kriteria”)

Source: Dokumen Pribadi

Bagaimana Youngvestors dengan penjelasan sederhana terkait rumus-rumus dasar Microsoft Excel yang harus dikuasai di dunia kerja? Ternyata rumus-rumus ini sangat penting ya dalam membantu efisiensi pekerjaan kita, dan pastinya Youngvestors perlu menguasainya. Sekian penjelasan Mintor mengenai rumus-rumus dasar Microsoft Excel yang perlu dikuasai karyawan dalam perusahaan. Tingkatkan terus hard skill dan soft skill kalian agar dapat bersaing secara sehat dan bertahan dalam dunia pekerjaan ya. Terima kasih sudah menyimak artikel ini dan sampai jumpa di konten berikutnya! Jangan lupa untuk follow akun instagram kami di @i_amtalentindo ya.

I AM Talent & Career:

Thrive for the better future!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *