I AM Community

Tips Tetap Produktif Di Kala Masa PPKM Berlangsung

Penulis : Elisabeth Yuli Kristanti

Halo, Youngvestors!

Seperti yang sudah kalian ketahui bahwa pemerintah sedang mengadakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dimulai pada 03 Juli – 20 Juli 2021. Youngvestors pasti sering kali merasa malas ketika harus melakukan pekerjaan dari rumah karena biasanya akan lebih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Nah, Mintor punya solusinya untuk kalian agar tetap produktif walaupun harus melakukan pekerjaan dari rumah. Pekerjaan dari rumah akan terasa menyenangkan jika kalian tahu cara menanganinya.

Berikut tips yang bisa dilakukan Youngvestors agar tetap produktif :

  1. Lakukan Perencanaan Kerja

Perencaaan yang baik akan memudahkan Youngvestors untuk menentukan langkah strategis untuk mencapai suatu tujuan. Dalam perencanaan juga memiliki perkiraan waktu pengerjaan dengan menggunakan metode terbaik, modal yang dibutuhkan, serta target yang akan didapatkan.

Dengan menggunakan perencanaan yang telah disusun secara matang tersebut, Youngvestors bisa mendapatkan hasil yang sesuai dan tidak akan meleset jauh dari tujuan yang sudah ditentukan. Adanya perencanaan tersebut juga bisa melihat kinerja kalian yang masih belum optimal, sehingga bisa lebih diminimalisir lagi.

  • Fokus Pada Prioritas

Dalam perencanaan kerja, ada yang disebut sebagai Skala Prioritas. Tiap orang memiliki skala prioritas yang berbeda-beda tergantung dengan kebutuhannya masing-masing. Namun, skala prioritas biasanya ditentukan berdasarkan pada target yang paling penting dan tingkat urgensinya. Jadikan target tersebut masuk dalam kategori sebagai pekerjaan pertama yang harus dilakukan dan diselesaikan.

Sebenarnya ada banyak pekerjaan atau target yang bisa dilakukan pada waktu lain atau bukan dalam keadaan mendesak. Kalian dapat menempatkan jenis pekerjaan tersebut pada skala prioritas selanjutnya setelah target utama diselesaikan. Pada saat menentukan target, Youngvestors harus sangat cermat untuk memilih pekerjaan mana yang harus menjadi prioritas dan mana yang bukan prioritas.

  • Menghindari Potensi Gangguan

Pada saat mengerjakan suatu pekerjaan, pasti ada saja gangguan yang mungkin terjadi. Gangguan tersebut bisa disebabkan oleh faktor eksternal, dan juga faktor internal. Gangguan pada faktor eksternal biasanya disebabkan oleh situasi yang tidak mendukung untuk bekerja secara optimal. Sedangkan faktor internal biasanya terjadi pada keinginan untuk melakukan sesuatu di luar dari tanggung jawab Youngvestors.

Hal tersebut harus lebih dicermati kembali untuk mengidentifikasi jenis gangguan tersebut agar dapat menemukan solusi yang tepat dalam mengatasi gangguan tersebut. Jika berasal dari luar, Youngvestors bisa menghindarinya dengan berbagai cara seperti mendengarkan musik, menonton film, dsb. Jika berasal dari dalam, Youngvestors harus lebih sering mengendalikan diri untuk tidak mengikutinya. Lakukan tindakan-tindakan preventif agar gangguan tersebut tidak menurunkan produktivitas kerja.

  • Mulai dengan Target Kecil

Sering kali, penyebab produktivitas kerja menurun adalah keinginan untuk mencapai target yang besar dalam waktu yang singkat. Kebanyakan orang, terutama yang belum ahli, akan mengalami kesulitan saat melakukan hal tersebut. Kesulitan tersebut yang ahkhirnya memberikan dampak negatif pada proses pengerjaan yang kemudian berhenti karena terjebak pada harapan untuk memperoleh pencapaian besar.

Untuk menghindari hal tersebut, langkah yang perlu dilakukan Youngvestors adalah dengan menetapkan target-target kecil pada skala prioritas. Ketika setiap target tersebut berhasil diselesaikan, Youngvestors bisa memberikan reward sederhana kepada diri sendiri seperti beristirahat atau menonton film sejenak. Selanjutnya, selesaikan setiap target pada waktu yang telah ditentukan sebelumnya untuk meningkatkan produktivitas kerja dengan lebih mudah dan efektif.

  • Lakukan Evaluasi

Jangan lupa untuk melakukan evaluasi setelah Youngvestors menyelesaikan suatu pekerjaan. Evaluasi berfungsi untuk mengetahui efektivitas dari strategi yang telah dilakukan, mengetahui masalah-masalah yang terjadi, serta membuat perencanaan yang lebih baik pada periode berikutnya.

Menjadi produktif di masa PPKM saat ini bisa dilakukan oleh Youngvestors untuk melatih tanggung jawab terhadap hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari. Semakin sering pekerjaan diselesaikan, maka akan semakin memudahkan Youngvestors untuk melatih soft skill maupun hard skill yang dimiliki.

Semoga artikel ini bisa memberikan pengaruh yang besar kepada Youngvestors. Jangan lupa juga untuk membagikan tips dan pengalaman Youngvestors pada kolom komentar, serta kunjungi Instagram @i_amtalentindo untuk mendapatkan tips lainnya. Sampai bertemu di artikel selanjutnya !

Salam I AM Community,

I AM Smart.

I AM Capable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *