I AM Community

Tips Sukses Interview Online

Penulis : Elisabeth Yuli Kristanti

Hi, Youngvestors !

Seiring berkembangnya zaman, persaingan antara pelamar kerja pun semakin ketat. Namun, sudah banyak kemudahan yang diberikan oleh perusahaan dengan adanya sistem rekrutmen online. Proses screening surat lamaran juga sudah dilakukan lebih cepat hanya dengan mengirimkan email atau mengisi google formulir saja. Proses wawancara online bukan hanya dilakukan pada masa pandemi saja loh.

Ada beberapa perusahaan yang memang sudah melakukan interview online selama proses rekrutmen, biasanya perusahaan teknologi dan perusahaan start-up. Seperti wawancara kerja pada umumnya, Youngvestors perlu melakukan persiapan sebelum memulai wawancara online. Hal ini diperlukan agar kalian bisa lebih santai saat bertemu dengan pewawancara.

Nah, Mintor akan memberikan beberapa tips interview online yang bisa dilakukan, yaitu :

  1. Pelajari Profil Perusahaan

Ketika Youngvestors sudah melewati tahap screening CV, pastinya akan dilanjutkan ke tahap wawancaraonline. Tentunya pada tahap wawancara ini, kalian perlu membuktikan keseriusan kalian untuk mendaftar sebagai karyawan di perusahaan tersebut. Jadi, pastikan Youngvestors sudah benar-benar mengetahui kondisi perusahaan agar tidak bingung.

Saat wawancara online, tim rekruitmen akan menanyakan seputar data-data perusahaan secara umum. Oleh karena itu, Youngvestors harus mengetahui data perusahaan terlebih dahulu sebelum wawancara berlangsung. Beberapa perusahaan biasanya akan memberikan profil data perusahaan yang dilampirkan bersama undangan wawancaraonline melalui email perusahaan. Jika perusahaan tidak memberikan profil tersebut, maka Youngvestors bisa menemukan profil mereka di internet agar bisa mengetahui latar belakang mengenai pekerjaan yang dilakukannya pada perusahaan tersebut. Hal tersebut dilakukan agar sesi wawancara seputar perusahaan akan lebih terarah saat menjawab pertanyaan dari pewawancara.

  • Berlatih

Langkah selanjutnya agar wawancara bisa sukses adalah dengan berlatih terlebih dahulu. Youngvestors bisa meminta bantuan kepada teman, kerabat, atau keluarga untuk berperan menjadi lawan bicara atau pihak yang akan mewancarai. Tetapi kalian bisa berlatih secara langsung didepan cermin dengan posisi tubuh dan wajah yang sesuai saat wawancarananti.

Dengan berlatih, Youngvestors akan membiasakan diri untuk menjawab pertanyaan yang akan diberikan oleh pewawancara sehingga bisa dengan lancar memberikan pendapat kita secara langsung. Usahakan saat menjawab pertanyaan dari pewawancara tidak terlalu panjang dan menceritakan perjalanan hidup kalian secara rinci, karena secara otomatis pewawancara tidak akan tertarik dengan jawaban yang Youngvestors berikan.

  • Antisipasi Gangguan Koneksi

Saat akan melakukan wawancaraonline, pastinya kendala yang biasanya muncul yaitu ada kemungkinan koneksi internet melambat ataupun terputus. Jika hal tersebut terjadi, Youngvestors harus bisa mengatasi dengan baik dan tenang.

Saat gangguan jaringan koneksi internet melambat, atasi hal tersebut dengan mematikan kamera. Hal ini akan memperbaiki kualitas suara yang terdengar menjadi lebih baik. Tetapi sebaiknya, Youngvestors bisa menginformasikan hal tersebut terlebih dahulu sebelum interview dimulai. Setelah itu, sampaikan permintaan maaf kembali karena adanya gangguan teknis tersebut saat wawancaraselesai.

Jika konektivitas internet terputus, Youngvestors harus selalu menyiapkan koneksi internet cadangan agar wawancaraonline tetap dapat dilakukan dengan lancar.

  • Persiapkan Diri dan Pertanyaan

Pastikan sebelum memulai wawancara online, Youngvestors harus menyiapkan diri untuk menghadapi pewawancara. Persiapan yang perlu dilakukan yaitu :

  1. Berpenampilan Rapi.
  2. Menyiapkan catatan kecil untuk mengatasi hal kecil, serta menyiapkan pertanyaan untuk pewawancara terkait sistem kerja yang akan kalian jalani jika diterima.
  3. Disarankan saat wawancara, Youngvestors menggunakan laptop atau PC agar memberikan kesan yang formal saat wawancaraberlangsung.
  4. Pastikan saat wawancaraberlangsung, pandangan Youngvestors harus melihat ke arah kamera bukan melainkan ke arah layar agar terkesan sedang menatap secara langsung.
  • Masuk Tetap Waktu

Pastikan Youngvestors masuk link sesuai dengan waktu yang sudah diberikan saat mendapat undangan wawancara. Keterlambatan saat wawancaraakan secara otomatis di keluarkan oleh pewawancara karen tidak dapat mempersiapkan diri datang tepat waktu.

Youngvestors harus memastikan untuk masuk dengan akun, dan nama yang sudah dikonfirmasi sebelumnya oleh pewawancara. Jika memungkinkan, sebaiknya bisa masuk ke dalam link 5 – 10 menit sebelum waktu yang ditentukan untuk mempersiapkan diri bila terjadi kendala yang sudah di antisipasi sebelumnya.

Nah, itulah beberapa informasi yang bisa mintor berikan kepada Youngvestors mengenai wawancara online. Pada dasarnya, persiapan menjadi hal terpenting yang harus dilakukan sebelum wawancara berlangsung. Jika persiapannya sudah baik, saatnya membuktikan kompetensimu di depan pewawancara.

Semoga artikel ini bisa memberikan pengaruh yang besar kepada Youngvestors dalam menghadapi wawancara online. Jangan lupa untuk membagikan tips ini dan juga pengalaman Youngvestors pada kolom komentar, serta kunjungi juga Instagram @i_amtalentindo untuk mendapatkan manfaat dan tips lainnya. Sampai bertemu di artikel selanjutnya !

Salam I AM Community,

I AM Smart,

I AM Capable!

Sumber artikel : https://daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/interview-online-tips-dan-cara-agar-lancar-dan-sukses/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *