I AM Community

Tips Menulis Email Lamaran Kerja

Penulis : Reza Azhari

Hi, Youngvestors !

Pasti beberapa dari kalian masih banyak yang belum paham soal tata cara menulis email resmi yang baik dan benar kan?

Walau terkesan sepele, banyak orang yang tidak memperhatikan etika dan tata krama penulisan email resmi. Padahal, ini sangat penting untuk menentukan kesuksesan karier kamu di masa depan khsususnya saat mengirim email lamaran kerja atau kerjasama bisnis.

Menulis email resmi yang baik dan benar sebenarnya tidak sulit loh. Youngvestors hanya perlu tahu rambu-rambu dasar yang harus diperhatikan. Apa saja itu? berikut Mintor akan memberikan beberapa tips penulisan email lamaran kerja, antara lain :

  1. Gunakan alamat email profesional

Kesan pertama sangat penting pada dunia profesional. Saat hendak mengirim email lamaran pekerjaan atau bisnis, ada baiknya menggunakan alamat email yang formal dan terkesan profesional. Hindari alamat email alay seperti “lalacantiq@email.com” karena email tersebut tidak pantas digunakan untuk melamar pekerjaan atau bisnis.

Jika terlanjur mempunyai alamat email seperti itu, tidak ada salahnya untuk membuat alamat email baru dengan menggunakan username formal yang berisi nama lengkap Youngvestors seperti “clarawidiastuti@email.com” yang jauh terkesan lebih professional dan formal dari sebelumnya.

  • Penulisan Subject Email

Saat mengirim email resmi, biasakan untuk menulis subject email secara ringkas atau to the point. Jika kamu berniat untuk melamar pekerjaan, cukup tuliskan nama dan posisi yang diinginkan sesuai dengan CV yang sudah dibuat. Contoh subject email: Lamaran Marketing Staff – Clara Widiastuti. Tetapi ada beberapa perusahaan yang sudah menyediakan subject email yang harus dituliskan.

Subject email yang jelas akan memudahkan HRD saat proses screening email lamaran yang masuk. Ketika bertele-tele, jangan heran kalau email yang kamu kirim tidak pernah dibalas apalagi dibaca.

  • Gunakan Bahasa Formal dan Sopan

Youngvestors harus menampilkan kesan profesional pada email lamaran pekerjaan. Bahasa yang formal dan sopan dimaksudkan untuk menampilkan diri Youngvestors siap untuk bekerja bersama orang-orang besar. Simpan terlebih dahulu semua istilah bahasa gaul atau bahasa sehari-sehari yang biasa kamu gunakan.

Ada baiknya untuk mengecek ulang email yang sudah kamu tuliskan sebelum mengirimkannya untuk memeriksa kembali kesalaan penulisan pada isi surat lamaran.

  • Buatlah Salam Pembuka

Email yang tertata rapi dan baik akan mendapat penilaian positif di mata atasan. Kamu bisa mulai membuka email dengan sapaan singkat seperti “Dengat hormat…” atau “Kepada Yth.”, dan kemudian dilanjutkan dengan nama orang yang kamu tujukan.

Selanjutnya, kamu bisa memasukkan dengan kalimat perkenalan diri, posisi pekerjaan yang dituju, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja sebelumnya (jika ada), dan kelebihan diri secara singkat. Tidak perlu pejelasan yang panjang, yang penting penjelasan jelas dan tepat sasaran.

  • Buatlah Salam Penutup

Jika ada salam pembuka, brarti harus ada salam penutup untuk mengakhiri penjelasan sebelumnya. Salam penutup merupakan hal yang tidak kalah pentingnya, loh. Kamu wajib menuliskan “Hormat Saya”, “Warm Regards”, atau “Salam Hangat” yang dibawahnya diikuti dengan nama lengkap sebelum mengakhiri email lamaran kerja.

Hal tersebut diperlukan untuk memberikan rasa hormat yang besar dari kamu untuk orang yang dituju. Sehingga orang yang dituju akan merasa bahwa kamu bisa memberikan rasa hormat kepada orang lain.

  • Periksa Kembali Attachment

Jika semua isi email surat sudah dibuat, Youngvestors masih harus memeriksa beberapa persyaratan lainnya yang sudah ditentukan oleh perusahaan agar bisa lolos pada tahap selanjutnya.

Kesalahan yang sering terjadi yaitu lupa mencantumkan lampiran file yang berisi CV, ijazah, portfolio, dan lainnya. Biasakan melampirkan file dengan ukuran dibawah 1 MB, karena perekrut tidak akan mengunduh file yang besar.

Nah, itu dia beberapa tips yang perlu Youngvestors cermati dalam penulisan email lamaran kerja. Biasakan untuk memperhatikan dengan detail dari keseluruhan isi surat lamaran kerja kalian. Jangan sampai kamu terlihat tidak profesional karena hal ceroboh saat mengirimkan email sebanyak dua kali untuk memperbaiki email yang kurang tersebut ya!

Semoga artikel ini bisa memberikan pengaruh yang besar kepada Youngvestors dalam menulis email lamaran kerja. Jangan lupa untuk membagikan tips ini dan juga pengalaman Youngvestors pada kolom komentar, serta kunjungi juga Instagram @i_amtalentindo untuk mendapatkan manfaat dan tips lainnya. Sampai bertemu di artikel selanjutnya !

Salam I AM Community,

I AM Smart,

I AM Capable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *