I AM Community

Pentingnya Memperbarui CV Secara Rutin

Penulis : Elisabeth Yuli Kristanti

Sumber : tmtimes.id

Hi, Youngvestors!

Seperti yang kalian ketahui, Curriculum Vitae (CV) merupakan salah satu syarat yang harus kamu penuhi ketika akan melamar kerja diberbagai perusahaan. Lembar CV yang kamu miliki menggambarkan perjalanan hidupmu dan pengalamanmu dari waktu ke waktu, sehingga kamu perlu memperbaruinya secara rutin. Hal tersebut dimaksudkan agar perusahaan dapat melihat seberapa banyak pengalaman yang kamu lakukan sampai saat ini. Nah, maka dari itu Mintor akan memberikan beberapa manfaat yang didapatkan ketika rajin memperbarui CV secara rutin.

Berikut ini ada beberapa manfaat jika memperbarui CV secara teratur :

  1. Mengevaluasi Diri Sendiri

Dengan rajin memperbarui CV, kamu bisa memonitor perkembangan karier, prestasi, serta keahlian yang kamu miliki selama ini. Secara otomatis kamu akan mengulas kembali prestasi dan juga posisimu saat bekerja di sebuah perusahaan yang kamu pilih. Evaluasi tersebut yang akan menjadi pendorong kamu untuk bisa menjadi lebih baik dari apa yang sudah diharapkan, serta menemukan perusahaan yang cocok dengan prestasi dan kemampuanmu tersebut

  • Menjadi Pemicu Semangat Bekerja

Saat memperbarui CV, Youngvestors hendaknya menyajikan informasi yang relatif baru agar bisa menjadi acuan untuk semakin berkembang di dunia karier. Jika Youngvestors adalah fresh graduate S1, maka sebaiknya tidak menampilkan pengalaman selama SMA karena prestasi tersebut sudah terlalu lama dan tidak relevan lagi dengan kondisi kalian yang sudah lulus S1.

Prestasi yang baru juga akan memicu kita untuk lebih semangat dalam mencapai target-target pekerjaan lainnya. Jangan pernah takut untuk menghapus prestasi saat SMA karena kamu pasti akan mendapatkan pengalaman yang baru sebagai penggantinya.

  • Memperbaiki Tampilan CV

Penampilan CV sangat penting untuk terlihat menarik dan juga lebih fresh. Tampilan CV akan memberikan kesan pertama pada tim rekrutmen, sehingga Youngvestors bisa mencari referensi tampilan CV terbaru yang terkesan modern tetapi tetap simpel.

Saat ini sudah banyak aplikasi dan juga website yang bisa Youngvestors gunakan untuk memperbarui tampilan CV dengan mudah, antara lain yaitu Canva, Kickresume, Kinza, dan VisualCV. Youngvestors juga bisa memanfaatkan software standar lainnya seperti Ms. Word untuk memperbarui tampilan CV yang terbaru.

  • Persiapan Mencari Pekerjaan Sampingan

Tidak usah kaget lagi, saat ini CV banyak dipakai sebagai senjata untuk mencari pekerjaan sampingan dimanapun tempat pekerjaannya. Nyatanya, saat ini tidak sedikit perusahaan besar dan perusahaan startup yang tertarik untuk mempekerjakan Youngvestors sebagai freelancer jika CV yang diberikan memang  menarik dan penuh informasi kemampuan serta prestasi terbaru kalian.

  • Menyusun Strategi Karier Ke Depan

Dengan rajin memperbarui CV,  Youngvestors juga akan lebih mudah untuk menyusun strategi karier pekerjaan ke depannya dari pengalaman dan prestasi yang sudah dikumpulkan. CV tersebut juga bisa menjadi tolak mengukur berbagai pencapaian yang telah di raih dan mengetahui sejauh mana kontribusimu selama bekerja di perusahaan tersebut. Kalau kamu merasa prestasi atau kontribusimu masih kurang, kamu bisa menyusun beragam strategi untuk meningkatkannya seperti melamar magang diperusahaan lainnya yang bisa menambah kemampuan baru lainnya.

Ternyata banyak sekali manfaat jika rutin memperbarui CV dengan memberikan informasi kemampuan dan prestasi Youngvestors yang terbaru. Maka dari itu, mulai dari sekarang harus sering menampilkan informasi paling update tentang perjalanan kariermu selama ini. Dengan begitu, Youngvestors tidak akan keteteran lagi saat ingin melamar pekerjaan baru nantinya.

Semoga artikel ini bisa memberikan pengaruh yang besar kepada Youngvestors dalam mengembangkan tampilan CV terbaru. Jangan lupa untuk membagikan manfaat ini dan juga pengalaman Youngvestors pada kolom komentar, serta kunjungi juga Instagram @i_amtalentindo untuk mendapatkan manfaat dan tips lainnya. Sampai bertemu di artikel selanjutnya !

Salam I AM Community,

I AM Smart.

I AM Capable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *