I AM Community

Investasi Properti di Masa Pandemi? Bisa Nggak Ya?!

Penulis : Lauren & Jonaris

Heyho, Youngvestors!

Siapa disini yang pernah bertanya-tanya “bisa nggak ya investasi properti saat pandemi gini?” hayoo.. Wah, sepertinya banyak nih teman-teman youngvestors yang sering bertanya mengenai hal tersebut. Nah, berhubung I AM Community merupakan salah satu komunitas yang berfokus pada investasi properti, pada artikel kali ini kita akan sama-sama mengulik beberapa alasan mengapa investasi properti di masa pandemi ini dinilai memiliki keuntungan tersendiri! Yaudah, daripada makin penasaran, yuk langsung baca artikel berikut ini!

Sumber : canva
  1. Penawaran Properti Memiliki Harga dan Promo Menarik

Pada masa pandemi seperti ini, ternyata banyak pemilik properti yang memberikan harga dan promo yang ga kaleng-kaleng! Faktanya, properti turun hingga 30% dari harga pasaran, harga tersebut belum termasuk penawaran khusus alias diskon dari pemilik properti. Nah, pasti youngvestors bertanya-tanya lagi nih, kok bisa ya properti turun dari harga pasarnya? Ya, tentu saja bisa karena di masa pandemi seperti ini, minat investor untuk investasi properti agak menurun. Oleh karena itu, pemilik property menurunkan harga agar dapat menarik kembali minat investor. Sekarang ini, pemilik property juga memberikan beberapa promo menarik, di antaranya  discount ataupotongan harga, Down Payment (DP) ringan hingga hadiah langsung. Tidak hanya itu saja, pemerintah kini juga memberikan insentif tambahan berupa bebas PPN 10%.

Sumber : canva
  • Investasi Masa Depan karena Harga Terus Naik

Saat ini memang bisnis properti sedikit lambat daripada biasanya. Ya, hal ini diakibatkan oleh adanya pandemic, tetapi dalam jangka panjang, properti akan cenderung naik dengan potensi kenaikan sebesar 10% – 15% tergantung lokasi dan pembangunan wilayah dari properti tersebut. Oleh sebab itu, property bisa menjadi salah satu opsi investasi yang dapat menguntungkan investor itu sendiri dan juga generasi penerusnya. Keren, bukan?

  • Investasi Properti Masih Jarang Tergerus Pandemi

Investasi properti di masa pandemic masih tergolong stabil jika dibandingkan dengan investasi saham maupun aset berharga lainnya. Penyebabnya adalah properti memiliki risiko yang lebih minim daripada investasi lainnya. Meskipun saat ini harga properti jatuh, tetapi jika dilihat dalam jangka panjang, properti memiliki harga yang berpotensi untuk terus naik. 

Sumber : canva

Nah, jadi makin tertarik nih buat investasi properti di masa pandemic ini. Kalian masih belum yakin? Wah tenang saja, setelah ini kita akan bersama-sama menyimak tips investasi properti dimasa pandemi nih. Nah, untuk tipsnya sendiri, agar lebih mudah diingat, mintor menyingkatnya menjadi 3M. Eh, apa aja tuh mintor?

  1. Mencari Informasi mengenai Lokasi Properti

Lokasi merupakan kunci utama dari keberhasilan investasi properti. Youngvestor diharapkan bisa memilih properti pada kawasan yang strategis sehingga dapat memberikan keuntungan kedepannya.

  • Memeriksa Kondisi dan Reputasi Properti

Sebelum melakukan investasi properti, hendaknya kalian memeriksa kondisi properti yang akan dipilih. Jangan sampai kondisi rumah tidak dalam keadaan yang baik. Begitu pun dari segi keamanannya, sebaiknya jangan membeli properti di kawasan yang rawan kejahatan. Selanjutnya sebagai investor properti sudah sepatutnya memeriksa reputasi pemilik properti agar terhindar dari penipuan.

  • Mempertimbangkan Properti dari Segi Legalitas secara Spesifik

Keindahan suatu properti biasanya membuat seorang investor tanpa babibu langsung saja membelinya. Padahal, sebagai investor haruslah berhati-hati dalam mengambil keputusan. Seorang investor wajib mempertimbangkan kelengkapan dari surat-surat property sehingga permasalahan-permasalahan di masa depan dapat dihindari.

Salam I AM Community:

I  AM Smart,

I AM Capable.

Sumber :

https://www.dbs.id/id/treasures/articles/alasan-investasi-properti-saat-pandemi#
https://metlandmenteng.co.id/id/article/2020-08-23-00-00-00-3-keuntungan-investasi-properti-saat-pandemi
https://glints.com/id/lowongan/investasi-properti-saat-corona/#.YORsBegzbIU
https://www.medcom.id/properti/tips-properti/VNxgG3qK-simak-5-tips-berinvestasi-properti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *