I AM Community

Develop Your Communication Skill for Your Career Improvement

Penulis : Jonaris & Lauren

Ciao, Youngvestors!

Pada era modern seperti sekarang ini, sudah banyak perusahaan-perusahaan yang mempertimbangkan dan memperhatikan soft skills para pelamar sebelum resmi diterima di perusahaan. Tak jarang, masih banyak anak muda yang belum mengetahui soft skills apa saja yang diperlukan pada saat akan berkarir. Wah, semoga youngvestors bukan merupakan salah satunya, ya! Tapi kalau memang youngvestors belum tau soft skills apa saja yang dibutuhkan, kalian bisa baca artikel ini. Artikel kali ini akan membahas salah satu soft skills yang paling diperhatikan oleh Human Resources (HR) sebelum menerima pelamar kerja loh! Yuk, kita ulik lebih dalam mengenai skill komunikasi! Check it out!

Sumber : Canva

Definisi Skill Komunikasi

Komunikasi adalah proses di mana seseorang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan serta menggunakan informasi untuk berhubungan dengan lingkungan dan orang lain. Nah, dari arti kata “komunikasi”, dapat kita ketahui bahwa skill komunikasi merupakan skill yang dimiliki oleh seseorang untuk dapat menciptakan informasi yang digunakan untuk berhubungan dengan lawan bicara. Eh, gimana, gimana? Masih bingung nih mintor.. Singkatnya, skill komunikasi memberikan kemampuan seseorang untuk menerima dan menyampaikan atau mendengarkan dan membicarakan sebuah pesan. Eits, ga cuma berbicara dan mendengarkan saja loh, skill komunikasi bisa juga bagaimana cara kita menulis sesuatu. Yup, jadi elemen utama dari skill komunikasi adalah berbicara, mendengarkan, dan menulis karena komunikasi sendiri terbagi menjadi komunikasi secara verbal dan nonverbal.

Sumber : canva

Komponen Skill Komunikasi

FYI nih youngvestors, ternyata skill komunikasi memiliki beberapa komponen loh! Yuk kita pahami, apa saja yang merupakan komponen dari skill komunikasi.

  1. Active Listening

Mendengarkan secara aktif merupakan salah satu komponen dari skill komunikasi yang membuat seseorang dapat memperhatikan dengan seksama dengan siapa mereka berkomunikasi. Active listening dapat membangun dan meningkatkan rasa menghormati dan menghargai serta membentuk pemahaman pada tempat kerja. Kunci utama dari active listening adalah kalian harus fokus dan serius.

  • Confidence

Kepercayaan diri seseorang juga menjadi salah satu komponen yang menunjukkan seberapa bagus skill komunikasi yang dimiliki orang tersebut. Banyak cara yang dapat ditampilkan untuk menjadi sosok yang memiliki kepercayaan diri, yaitu dengan melakukan kontak mata saat berbicara dengan lawan bicara, duduk tegak dengan bahu terbuka, dan yang lainnya.

  • Respect

Sikap hormat adalah komponen skill komunikasi, yang mana kunci utamanya adalah orang dapat mengetahui kapan dia harus memulai pembicaraan dan merespons. Communication with respect artinya kalian dapat berkomunikasi dengan tetap memperhatikan waktu secara bijak, dapat memberikan pertanyaan secara jelas, dan tidak memotong pembicaraan orang lain.

Sumber : canva

Tips Meningkatkan Skill Komunikasi

Setelah mengetahui definisi dan komponen dari skill komunikasi, pasti teman-teman youngvestor semakin penasaran kan, bagaimana sih caranya meningkatkan skill komunikasi. Sip, langsung saja kita simak tips meningkatkan skill komunikasi berikut ini!

  1. Eye contact

Pada saat berkomunikasi, kalian harus melakukan kontak mata kepada lawan bicara. Tapi lakukan secara wajar ya youngvestors, misalnya melakukan kontak mata kepada audiens saat akan mempresentasikan suatu proyek. Sebagai permulaan, kalian dapat tersenyum sebelum memulai sebuah komunikasi, tujuannya agar lawan bicara dapat merasa nyaman ketika berbicara dengan kalian. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya pula, menjaga kontak mata saat berkomunikasi ternyata dapat meningkatkan kepercayaan diri, lho!

  • Articulation

Artikulasi dalam sebuah komunikasi juga sangat penting dalam penerapan skill komunikasi yang baik. Artikulasi yang baik ditandai dengan cara seseorang mengucapkan kata-kata dengan jelas tanpa adanya gumaman yang membuat lawan bicara kebingungan. Nah, buat  Youngvestor yang masih sering bergumam ketika berbicara, kalian bisa memulai untuk berlatih melafalkan huruf vocal (A, I, U, E, O) agar setiap perkataan yang dilontarkan dapat terdengar jelas dan tegas.

  • Expression and body language

Mimik, ekspresi, dan bahasa tubuh merupakan sarana dalam berkomunikasi yang dapat dilatih agar saat seseorang menyampaikan sesuatu dapat dipahami dengan mudah oleh sang lawan bicara. Berlatih dalam menggunakan mimic, ekspresi, dan bahasa tubuh dapat menambah keterampilan skill komunikasi. youngvestors dapat berlatih di depan cermin terlebih dahulu, pastikan bahasa tubuh yang digunakan sesuai dengan kata-kata yang digunakan dalam berkomunikasi.

  • Relax

Saat berkomunikasi, youngvestors berbicara bisa mencoba untuk berbicara secara santai dan usahakan kalian tidak gugup. Biasanya, seseorang yang gugup akan cenderung berbicara dengan sangat cepat atau sangat lambat. Hal tersebut kadang membuat lawan bicara merasa bingung dan tidak paham. Jika youngvestors sering merasa gugup ketika hendak berkomunikasi, kalian dapat memikirkan hal-hal positif untuk membuat pikiran kalian lebih tenang. Namun, kalau memang sulit, youngvestors dapat menarik nafas perlahan-lahan agar diri kalian kembali rileks. Dengan demikian, saat berkomunikasi, lawan bicara dapat memahami maksud pembicaraan kalian.

  • Emotion

Ketika sedang berkomunikasi, ada baiknya seseorang dapat selalu mengatur dan mengontrol emosinya. Usahakan agar emosi tidak memimpin jalannya komunikasi. Jika emosi sampai terlalu meluap, ditakutkan komunikasi yang sedang berjalan menjadi tidak baik. Bukan berarti seseorang tidak dapat mengeluarkan perasaannya saat berkomunikasi, melainkan agar penyampaian pesan dalam komunikasi dapat diterima dengan jelas dan benar

Sumber : canva

Wah, bagaimana nih, sudahkah teman-teman youngvestors mendapatkan insight baru dari artikel hari ini. Kalau mintor pribadi, merasa artikel ini bermanfaat banget karena ga cuma buat dunia karier saja, tetapi bisa diterapkan di masa perkuliahan, hehe. Yuk youngvestors bisa banget share artikel ini supaya teman-teman yang lain juga bisa mendapatkan manfaat yang sama! See you, youngvestors!

I AM Community:

I AM Smart,

I AM Capable.

Sumber :

http://mystarjob.com/articles/story.aspx?file=/2013/6/22/mystarjob_careerguide/13226186&sec=mystarjob_caree

https://www.indeed.com/career-advice/resumes-cover-letters/Communication-skills

http://mystarjob.com/articles/story.aspx?file=/2013/6/22/mystarjob_careerguide/13226186&sec=mystarjob_caree

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *