I AM Community

Cek Dulu 4 Dampak Quarter-Life Crisis Dalam Pegembangan Diri Kamu

Penulis : Jonaris & Lauren

Freepik.com

Halo Youngvestor!

Apa kabar? Semoga kalian baik-baik saja ya! Kali ini Mintor akan membahas mengenai apa saja dampak dari Quarter-Life Crisis.

Kalian pernah gak sih? Saat lagi santai sambil liat-liat akun media sosial teman kalian, terus kepikiran kok dia udah bisa beli rumah. Padahal kita seumuran tapi kok dia udah bisa bangun bisnis di umur segini.

Nah, hayo ngaku! Kalau kamu pernah dan sering berpikir hal tersebut berarti kamu sedang mengalami dampak dari QLC atau quarter life crisis, loh! Wah gimana tuh? Quarter-Life Crisis merupakan suatu fase dimana kamu sedang meluapkan rasa kecemasan dan kekhawatiran akan masa depan kamu dengan membanding-bandingkan pilihan kamu dengan orang lain. Pada umumnya situasi seperti ini sangat sering terjadi di kalangan anak muda dengan kisaran umur 20-30 tahun.

Nah, setelah penjelasan singkat di atas, apa Youngvestor sedang mengalami situasi tersebut? Jika iya, yuk kita lihat dampak apa saja yang bakalan muncul ketika kamu dalam situasi quarter life crisis.

  1. Tingkat Kepercayaan Diri Menurun

Membandingkan pencapaianmu dengan pencapaian orang lain dan menjadikan itu sebuah acuan, ternyata dapat membuat kepribadian seseorang menjadi tidak percaya diri dan kerap merasa minder atas kemampuan yang dimiliki. Biasanya orang yang mengalami  Quarter-Life Crisis tidak yakin dengan kemampuan dirinya sendiri sehingga takut mencoba hal-hal yang baru.

  1. Cemas yang Berlebihan

Membandingkan diri dengan orang lain, akan menimbulkan rasa tidak puas terhadap apa yang kamu miliki dan raih. Hal ini bisa membuat seseorang menjadi cemas bahkan stress jika tidak dapat dikontrol.

  1. Motivasi Diri Berkurang

Kurangnya motivasi dalam diri juga merupakan dampak dari quarter life crisis, dimana membuat kamu merasa tidak dapat meraih atau mengejar tujuan-tujuan hidup yang sudah rencanakan. Hal ini disebabkan motivasi yang lemah dan sering memikirkan bahwa apa yang kamu ingin coba tidak akan berhasil sehingga kamu tidak memberikan usaha yang maksimal karena takut gagal.

  1. Merasa Kesepian

Membandingkan diri dengan orang lain ternyata dapat juga membuat diri kamu menjadi kesepian. Dalam situasi ini kamu akan merasa bahwa lingkaran sosialmu sudah mengecil dan seakan kamu merasa terasingkan dari lingkaran sosial yang sudah kamu bentuk selama ini.

Gimana Youngvestors? Sudah paham kan dampak dari quarter life crisis. Untuk Youngvestors yang mengalami situasi tersebut jangan khawatir ya! Semua orang memiliki waktu dan porsinya yang berbeda-beda.

Jadi, selalu berpikir positif dan lakukan apa yang kamu bisa ya Youngvestors!

Apabila kamu ingin mendapat lebih banyak mengenai pengembangan diri dan karier, kamu bisa mendapatkannya dengan bergabung bersama I AM Talent & Career.

Salam I AM Community,

I AM Smart.

I AM Capable!

Sumber :

satupersen.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *