I AM Community

“Alokasi Gaji Pertama, Gengsi vs Investasi”

Oleh : Gilang Dewanda Dwiguna dan Hedwige Gevelyne Arsietha

I AM Community sukses mengadakan Instagram Live bersama BNI Asset Management pada Jumat (11/6/21) lalu. Bertajuk “Alokasi Gaji Pertama, Gengsi vs Investasi”, Intagram Live ini merupakan pembuka dari rangkaian kegiatan Instagram Live yang diadakan oleh I AM Community yang berkolaborasi dengan BNI AM yang memiliki tema “Menjadi Petani Milenial : Gerakan Panen Anti-Bokek”. Instagram Live dimulai tepat pada pukul 15.00 WIB yang dipandu langsung oleh Mr. Edgar Bayu Refansyah selaku moderator yang merupakan Head dari Divisi Podcast and Youtube I AM Community. Instagram Live ini mengundang Ms. Nita Novita selaku Assistant Manager Channel Distribution dari BNI Asset Management serta Ms. Monica Tanata selaku Founder & CEO dari PT Anak Muda Berkarya sebagai pembicara.

Mr. Edgar Refansyah selaku moderator saat sedang membuka IG Live (Foto : Gilang Dewanda Dwiguna)

Kegiatan Instagram Live antara I AM Community x BNI Asset Management diawali dengan sambutan moderator kepada kurang lebih 50 audience yang berpartisipasi dan dilanjutkan dengan perkenalan moderator serta perkenalan dari dua pembicara. Kegiatan ini dimulai dengan moderator yang membuka pembicaraan dengan bertanya kepada para pembicara yakni Ms. Nita Novita dan Ms. Monica Tanata mengenai perjalanan karier mereka hingga akhirnya bisa dapat terjun ke dalam dunia investasi.

“Kalo saya dulu awalnya gak terlalu paham sama yang namanya investasi ya. Tapi setelah saya bekerja di bagian Marketing Communication (Marcomm) dari suatu perusahaan yang bergerak dibidang capital market, jadi mau gamau saya harus paham mengenai dunia investasi.” jawab Ms. Nita Novita mengenai perjalanan kariernya.

Mr. Edgar, Ms. Monica Tanata, dan Ms. Nita Novita saat sedang berbincang membahas alokasi gaji pertama (Foto oleh: Gilang Dewanda Dwiguna)

Moderator kembali melanjutkan kegiatan Instagram Live dengan bertanya mengenai perasaan hingga pengalokasian gaji pertama dari kedua narasumber.

“Rasanya seneng sih pas nerima gaji pertama, tapi banyak juga godaannya kayak pingin beli ini itu, ngopi sama temen, dll. Adapun kalo pengalokasian dana versi saya itu kurang lebihnya kayak gini, pengeluaran rutin bulanan 50%, bayar cicilan ataupun pay later 30%, kasih orang tua 10%, dan untuk investasi 10%.” ucap Ms. Nita dalam live tersebut.

“Kalo dulu saya pas nerima gaji pertama itu lebih dialokasikan ke perpuluhan atau sedekah karena saya masih tinggal bersama dengan orang tua jadi pengeluarannya tidak terlalu signifikan. Adapun sisanya saya alokasikan untuk dana darurat dan juga edukasi.“ lanjut Ms. Monica menambahkan.

Sesi QnA dengan para audience sedang berlangsung (Foto: Gilang dewanda Dwiguna)

Kegiatan Instagram Live tersebut dilanjutkan dengan sesi QnA dengan para audience, dengan batas pertanyaan sebanyak 3 penanya. Pada kesempatan kali ini, pertanyaan yang terpilih akan berkesempatan untuk mendapatkan hadiah berupa uang digital sebesar Rp. 100.000,00 dari BNI AM. Moderator akan memilih pertanyaan menarik yang dikirimkan melalui vitur kolom QnA pada Instagram Live. Adapun salah satu pertanyaan terpilih yaitu “Bagaimana cara kita untuk menghindari investasi bodong?”. Ms. Nita dan Ms. Monica pun sepakat untuk menjawab bahwa “Jangan asal percaya atau teriming-iming dengan tawaran yang ga masuk akal. Kita harus lebih bijak dalam memilih jenis-jenis investasinya, kenali dulu resikonya dan juga research terlebih dahulu mengenai perusahaan yang membuka investasi tersebut.”

Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih 90 menit ini ditutup dengan penyampaian kesimpulan oleh moderator mengenai pembahasan dari kedua narasumber dari kegiatan Instagram Live tersebut mengenai pengalokasian gaji pertama yang didapatkan.

Salam I AM Community,

 I AM Smart.

I AM Capable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *