I AM Community

Uang Tidak Akan Membuatmu Menjadi Kaya Raya

Sumber: Freepik – Rich Images

Halo, Youngvestors!

Siapa yang mau menjadi miskin di dunia ini? Jawabannya pasti tidak ada satupun yang ingin hidup miskin. Masalah orang miskin adalah tidak memiliki uang, namun tahukah kamu masalah orang kaya? Masalah orang kaya adalah terlalu banyak uang. Sekarang pertanyaannya, masalah manakah yang Youngvestors inginkan? Jika menginginkan masalah orang kaya yang terlalu banyak uang, simak dan lakukan hal di bawah ini.

Pernah mendengar kata ‘kecerdasan keuangan’? Kecerdasan keuangan adalah situasi dimana kita mampu untuk mengelola sedikit atau sebanyak apapun uang yang kita miliki. Uang tidak akan membuat kita kaya. Karena yang membuat kita kaya adalah kecerdasan keuangan yang kita miliki. Ketika kita mengalami kendala finansial seperti gaji yang dipotong, kita akan tetap mampu mengelolanya agar dapat bertahan hidup seperti biasanya, bukan mengutang kepada bank atau teman hingga menggadaikan beberapa harta benda. Sering kali ketika seseorang tidak mendapatkan gaji yang besar, mereka cenderung akan melakukan hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan yaitu menambah beban pembayaran akan hutang tersebut. Misalnya, kita terpaksa harus menggadaikan rumah dengan bunga bank yang tinggi, alhasil bukan membantu membiayai kebutuhan hidup melainkan menambah pembayaran di akhir bulan dan akhirnya akan berlangsung seperti siklus tersebut secara terus menerus.

Banyak orang juga menganggap bahwa dengan dirinya memiliki banyak uang, seluruh masalah akan dapat teratasi. Pernyataan itulah yang akhirnya menjadikan seseorang menjadi ‘hamba uang’ dimana merasa uang adalah segalanya. Dari pernyataan tersebut, Mintor akan bagikan cerita nyata dari Inggris. Mintor pernah membaca sebuah berita yang sempat viral dan kemungkinan Youngvestors juga pernah mendengar berita ini yaitu seorang lelaki yang bernama Michael Carroll asal Inggris. Dirinya diketahui bekerja sebagai tukang sampah dan hidup dengan kemiskinan. Suatu hari Michael mengikuti undian dan berhasil memenangkan undian tersebut. Dalam sekejap, Michael mampu menjadi miliarder namun tidak diikuti dengan kecerdasan keuangan. Michael mampu membeli semuanya, ia membeli mobil, helikopter, narkoba, hingga perempuan malam. Hanya dalam kurun waktu 8 tahun, Michael berhasil hidup layaknya orang terkaya di dunia. Setelah itu, ia kembali menjadi tukang sampah karena ia tidak berhasil untuk menyimpan uangnya di masa yang akan datang.

Dari kisah Michael Carroll, kita belajar bahwa uang tidak akan membuat kita kaya melainkan kecerdasan keuangan yang dapat menjadikan kita kaya. Jika kita ingin mendapatkan kesuksesan dan kekayaan, kita perlu proses dimana kita belajar mengelola uang agar tidak habis bahkan dapat bertumbuh nilainya. Tentu Michael mengetahui bahwa menjadi miskin itu tidak enak, namun tidak diikuti dengan pengetahuan akan uang. Akhirnya ia hanya dapat merasakan menjadi miliarder selama beberapa tahun. Bayangkan saja jika saat itu Michael mampu untuk mengelola uang hasil undiannya, mungkin Michael termasuk menjadi 10 orang kaya di dunia ini. Ia hanya mengetahui bahwa dirinya kaya dan tidak akan kembali menjadi tukang sampah karena uang undiannya yang sangat banyak.

Salam I AM Community,

I AM Smart.

I AM Capable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *