I AM Community

Pilihan Karier Berdasarkan Tipe MBTI, Akurat? (Part 3)

Pada artikel sebelumnya, Mintor sudah membahas mengenai pilihan karier bagi beberapa tipe kepribadian MBTI. Tes MBTI (Meyers-Briggs Type Indicator Test) merupakan salah satu tes kepribadian populer yang digunakan untuk melakukan analisa karakter. Tes ini kerap kali digunakan oleh institusi untuk menganalisa kesesuaian minat dan kepribadian pekerja. Yuk, simak pilihan karier bagi tipe-tipe lainnya!

Sumber: www.sains.kompas.com
  1. INFP (Introversion-Intuitive-Feeling-Perceiving)

INFP dikenal sebagai sosok idealis. Individu dengan jenis kepribadian yang satu ini terkenal pendiam dan menyukai tempat dan suasana yang sepi. INFP memiliki intuisi kuat dan imajinatif. Individu dengan tipe ini kerap kali bersikap perfeksionis dan teliti dalam melakukan pekerjaan. Namun, INFP cenderung menyukai gambaran besar, dibanding meneliti detail-detail kecil. Sosok INFP dikenal sebagai sosok yang idealis dan altruistik.

Sosok ini memiliki tingkat empati yang tinggi, hingga menjadikan kepentingan orang lain dibandingkan diri sendiri. Sifatnya yang idealis menjadikan pribadi ini berupa keras untuk memperbaiki dunia dan lingkungan sekitarnya. Individu dengan tipe MBTI INFP cocok dengan beberapa pilihan karier, seperti copywriter, seniman, fotografer, mediator, musisi, guru.

  • INTP (Introversion-Intuition-Thinking-Perceiving)

Tipe yang satu ini dikenal sebagai sosok logis yang mampu memberikan solusi luar biasa. Sifatnya yang peka dan empati yang tinggi, membuat individu dengan tipe ini mampu ’membaca’ situasi dan kondisi orang lain. INTP merupakan pribadi yang kreatif dan memiliki rasa ingin tahu besar. Hal ini menjadikan sosok INTP memiliki kemampuan sebagai problem solver yang baik. Individu dengan tipe MBTI INTP cocok dengan beberapa jenis karier seperti marketing consultant, software developer, programmer, ahli forensik, dan insinyur.

  • ISFJ (Introversion-Sensing-Feeling-Judging)

Tipe ISFJ merupakan sosok murah hati yang sangat peduli dengan sekitarnya. Sosok ini dikenal memiliki empati tinggi dan dermawan. Individu denga tipe ISFJ memiliki tingkat disiplin dan sangat bertanggungjawab atas tugas dan kewajibannya. Sosok ini dikenal teliti dan sangat terstruktur. ISFJ kerap kali merasa kesulitan menerima pandangan baru karena sifatnya yang tertutup. Meski begitu, sikap disiplin dan terstrukturnya sangat membantu dalam pengembangan karier. Sosok ini sesuai ditempatkan dalam pekerjaan yang membutuhkan keteraturan dan detail yang tinggi.

Jenis karier yang cocok dengan tipe ini research analyst, guru, finance staff, manajer administrasi, bankir, akuntan.

  • ISFP (Introversion-Sensing-Feeling-Perceiving)

Tipe yang satu ini tidak seperti kebanyakan tipe MBTI introvert. Tipe ISFP senang bersosialisasi dan mencoba ide-ide baru. Hal ini menjadikan tipe ISFP lebih mudah didekati dan cenderung lebih adaptif dibanding tipe introvert lainnya. ISFP memiliki dedikasi dan tanggungjawab besar dalam menyelesaikan tugass dan kewajibannya. Tipe yang satu ini sangat menyukai keharmonisan, tipe ISFP kerap kali berusaha menghindari konfrontasi dan hal-hal yang berpeluang menciptakan argumentasi.

ISFP diyakini sesuai dalam menekuni pekerjaan yang berkaitan dengan alam. Empati dan rasa pedulinya yang tinggi membuat sosok ini cocok dengan jenis pekerjaan yang berhubungan langsung dengan masyarakat, seperti perawat, dokter, psikolog, desainer, juga naturalis.

Beberapa tipe MBTI di atas akan menjadi penutup untuk artikel terkait tes MBTI kali ini, Youngvestors! Setelah melihat berbagai karier tersebut, apakah pilihan karier tersebut sesuai dengan minat dan bakat Youngvestors? Yuk, bagikan pandangan Youngvestors dalam kolom komentar!

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan kepada Youngvestors lainnya. Kunjungi akun @i_amtalentindo untuk berbagai tips lainnya dan sampai bertemu di artikel selanjutnya!

Salam I AM Community,

I AM Smart.

I AM Capable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *