I AM Community

Pilihan Karier Berdasarkan Tipe MBTI, Akurat? (Part 2)

Tes MBTI (Meyers-Briggs Type Indicator Test) merupakan tes populer yang sering digunakan institusi untuk melakukan analisa karakter pekerja. Dalam artikel sebelumnya, Mintor sudah memaparkan berbagai pilih karier bagi tipe-tipe kepribadian MBTI. Yuk, simak pilihan karier bagi tipe lainnya!

Sumber: www.hipwee.com
  1. ISTJ (Introversion-Sensing-Thinking-Judging)

ISTJ dikenal sebagai tipe inspector, dimana karakter individu biasanya cenderung kaku, serius, dan formal. Tipe yang satu ini cenderung tertutup dan menyukai sesuatu yang teratur. Sifatnya sedikit konservatif, namun mengedepankan rasa hormat, pekerja keras, rapi, dan teratur. Individu dengan tipe ISTJ cenderung pendiam, analitis, dan berorientasi pada detail. Karier yang cocok untuk tipe ini adalah dokter, hakim, akuntan, juga business analyst.

  • INFJ (Introversion-Intuition-Feeling-Judgement)

Tipe yang satu ini disebut sebagai sosok counselor yang memiliki sifat idealis, imajinatif, dan kaya akan ide. Tipe INFJ menghargai segala bentuk eksistensi dan kedamaian. Sosok ini dikenal sebagai individu dengan empati tinggi dan kemampuan menjaga relasi yang baik. Karier yang cocok untuk tipe ini adalah psikolog, konselor, pemusik, arsitek, hingga desainer.

  • INTJ (Introversion-Intuitive-Thinking-Judging)

Tipe INTJ merupakan pribadi yang pendiam dan menyukai kesendirian. Tipe ini kurang menyukai keramaian karena besarnya energi yang terkuras dalam melakukan sosialisasi. Tipe INTJ sangat unggul dalam melakukan perencanaan dan penyusunan strategi. Individu dengan kepribadian ini mampu melihat dunia dalam gambaran besar. Wawasan dan intuisinya yang kuat sangat membantu dalam meniti karier. Karier yang cocok untuk tipe ini adalah penasihat keuangan, marketing manager, insinyur, juga jaksa.

  • ENFJ (Extroversion-Intuitive-Feeling-Judging)

Tipe yang satu ini memiliki irisan ekstrovert yang menjadikan individu memiliki kemampuan bersosialisasi tingkat tinggi. Individu tipe ini kerap kali mengandalkan intuisi dan perasaan. Tipe ENFJ dikenal sebagai pemimpin alami. Sosok ini memiliki semangat dan empati tinggi. Kemampuannya dalam melihat kebaikan dan keunggulan orang lain menjadi poin plus dalam menjalin relasi. Karier yang cocok untuk tipe ini adalah sales, public relations, konsultan karir, penulis, juga motivator.

  • ISTP (Introversion-Sensing-Thinking-Perceiving)

Tipe yang satu ini dikenal sebagai pribadi yang misterius dan mengutamakan logika. Dalam beberapa kasus, kepribadian yang satu ini menimbulkan pertanyaan besra karena sikapnya yang sulit diprediksi. Sosok ISTP dikenal sebagai problem solver yang hebat dengan kemampuannya melihat detail. Individu dengan kepribadian ISTP dikenal sulit diatur dan menyukai kekuasaan. Kemampuan nalarnya yang tinggi menjadikan sosok ini cocok dalam banyak karier, seperti sains forensik, teknisi, pemrograman komputer, serta ilmuwan.

  • ESFJ (Extroversion-Sensing-Feeling-Juding)

Tipe ESFJ merupakan individu yang mudah bergaul dan senang berinteraksi. Tipe ini biasanya senang menjadi pusat perhatian dan berbicara di depan banyak orang. Tipe ESFJ memiliki sensivitas tinggi sehingga memudahkan mereka untuk melihat kebutuhan dan emosi orang lain. Hal ini sangat membantu dalam menjalin relasi yang baik. Beberapa karier yang cocok untuk tipe ini adalah pekerja sosial, guru, konselor, dan bidang pelayanan.

Setelah melihat berbagai karier tersebut, apakah ada kesesuaian antara passion dan tipe kepribadian MBTI Youngvestors? Yuk, bagikan pandangan Youngvestors dalam kolom komentar!

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan kepada Youngvestors lainnya. Kunjungi akun @i_amtalentindo untuk berbagai tips lainnya dan sampai bertemu di artikel selanjutnya!

Salam I AM Community,

I AM Smart.

I AM Capable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *