I AM Community

Pilihan Karier Berdasarkan Tipe MBTI, Akurat? (Part 1)

Youngvestors tentu sudah tidak asing dengan berbagai tes dan tipe personality, salah satunya adalah tes MBTI. Tes MBTI (Meyers-Briggs Type Indicator Test) merupakan salah satu tes populer yang sering digunakan untuk melihat tipe kepribadian individu. Tes ini kerap kali digunakan institusi untuk menganalisa karakteristik pekerja yang sesuai dengan posisi yang dibutuhkan.

Sumber: www.owlcation.com

Tes MBTI didasarkan pada delapan kategori berbeda, yakni sensing, intuition, thinking, feeling, judging, perceiving, introversion, dan extraversion. Kategori inilah yang kemudian dikombinasikan untuk menentukan tipe kepribadian individu. Tipe kepribadian ini sejatinya dapat berubah, sehingga Youngvestors mungkin harus melakukan tes secara berulang, baik dalam waktu yang sama atau dalam jangka waktu berbeda.

  1. ESFP (Extroversion-Sensing-Feeling-Perceiving)

ESFP dikenal sebagai tipe performer, dimana individu dideskripsikan sebagai sosok yang senang menjadi pusat perhatian dan tampil di depan banyak orang. Tipe ini dikenal sebagai sosok yang hangat dan menyenangkan, berempati tinggi, juga ramah. Dengan deskripsi tersebut, tipe kepribadian yang satu ini biasanya ditempatkan pada pekerjaan yang membutuhkan performa fisik, seperti artis, tour guide, sales representative, hingga event planner.

  1. ENFP (Extroversion-Intuitive-Feeling-Perceiving)

Tipe ENFP dikenal sebagai sosok pecinta kebebasan (free spirit) yang sulit untuk dipaksa atau diatur. Sifat terkuatnya muncul dari intuitif yang menjadikan sosok ini ebagai pribadi yang cepat tanggap dan sensitif. ENFP cenderung mengarah pada sense oriented, dimana individu kerap kali mementingkan aktivitas yang menyenangkan hati dibandingkan pendapatan. Tipe ini dikenal sebagai sosok komunikator dengan tingkat fleksibilitas tinggi. Karier yang tepat untuk tipe ENFP adalah reporter, jurnalis, pemusik, dan pekerja sosial.

  1. ESTP (Extroversion-Sensing-Thinking-Perception)

ESTP dikenal sebagai pemikir yang mengutamakan data dan logika dalam mengambil keputusan. Sosok ini terkenal dengan empatinya yang cukup tinggi, sehingga mudah bagi mereka untuk menciptakan interaksi sosial yang baik dan  bersikap persuasif. Individu bertipe ESTP ini senang melakukan improvisasi, memiliki antusiasme dan semangat yang tinggi. Karier yang cocok bagi tipe ini adalah sales agent, marketer, pengusaha, juga project coordinator.

  1. ESTJ (Extroversion-Sensing-Thinking-Judging)

ESTJ akrab disapa sebagai sosok supervisor, yakni individu yang teorganisir, jujur dan berdedikasi. Individu bertipe ESTJ merupakan orang-orang yang sering ditemui sebagai sosok pemimpin karena dianggap dapat diandalkan. Sikapnya yang pekerja keras, berdedikasi tinggi, disiplin serta kemampuannya dalam menyelesaikan permasalahan menjadi poin plus. Karakter ini menjadikan tipe ESTJ sebagai sosok yang tepat untuk beberapa pilihan karier, seperti polisi, hakim, pengacara, manajer, auditor, dan berbagai pekerjaan lain yang berhubungan langsung dengan manajemen dan pengawasan.

  1. ENTJ (Extroversion-Intuition-Thinking-Judging)

Tipe ENTJ dikenal sebagai salah satu tipe kepribadian yang langka dan mayoritas bergender laki-laki. Sosok ini dikenal sebagai individu dengan tekad yang kuat, berkarisma, dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Tipe ENTJ digadang sebagai pemimpin alami yang unggul dalam menciptakan komunikasi dan relasi yang baik, cermat dalam membuat keputusan, logis, dan problem solver cerdas. Sifatnya inilah yang kemudian menjadikan tipe ENTJ mudah dalam meniti karier. Karier yang cocok untuk tipe ini adalah pengusaha, hakim, ataupun business administrator.

  1. ENTP (Extroversion-Intuitive-Thinking-Perceiving)

ENTP merupakan sosok visioner yang terkenal cerdas dan memiliki wawasan luas. Sosok ini dikenal sebagai individu yang logis, objektif, senang melakukan ide baru. Tipe ENTP merupakan salah satu tipe dengan kemampuan sosialisasi yang baik, kreatif, dan penyanyang. Meski begitu, tipe ini juga dikenal dengan sikapnya yang suka berdebat. Hal ini terjadi karena wawasannya yang luas dan nada bicara yang cenderung tinggi hingga berpeluang memicu konflik. Tipe yang satu ini cocok berkarier sebagai pengacara, ilmuwan, psikolog, juga system analyst.

Tes MBTI sejatinya dapat berubah mengikuti perkembangan dalam diri individu, sehingga setiap tes yang Youngvestors lakukan mungkin dapat mengalami perubahan. Meski begitu, tes tersebut dapat Youngvestors gunakan sebagai gambaran besar akan karakteristik Youngvestors sendiri. Melalui penjelasan di atas, apakah karier tersebut sesuai dengan keinginan Yooungvestors atau justru sebaliknya? Yuk, sampaikan pendapat Youngvestors dalam kolom komentar!

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan kepada Youngvestors lainnya. Kunjungi akun @i_amtalentindo untuk berbagai tips lainnya dan sampai bertemu di artikel selanjutnya!

Salam I AM Community,

I AM Smart.

I AM Capable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *