I AM Community

Peluang Mencapai Financial Freedom bagi Milenial!

Generasi milenial seringkali dicap sebagai generasi dengan tingkat produktivitas dan rasa ingin tahu yang tinggi.  Meski begitu, hal ini tidak menjadi jaminan generasi milenial mampu mengelola uang dengan baik. Pasalnya, produktivitas yang tinggi tersebut dibarengi dengan sifat konsumtif yang cukup tinggi sehingga generasi milenial diprediksi akan cukup sulit mencapai financial freedom.

Financial freedom merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan kebebasan finansial individu, dimana individu dapat secara bebas melakukan transaksi tanpa memiliki ketergantungan berarti terhadap jumlah uang yang dimiliki.

Sumber: www.freepik.com

Lantas apakah generasi milenial tetap memiliki kesempatan untuk mencapai financial freedom seperti generasi lainnya? Jawabannya, iya! Yuk, simak tips berikut ini untuk melihat seberapa besar peluang yang dimiliki generasi milenial dalam mencapai financial freedom!

  1. Konsisten terhadap Rincian Anggaran

Tahap pertama yang dibutuhkan dalam mencapai financial freedom adalah membuat anggaran dan konsisten menjalankannya. Catatlah perkiraan semua kebutuhan dan tagihan yang akan dibayar agar Youngvestors mampu melihat seberapa besar pengeluaran yang dibutuhkan. Pastikan Youngvestors lebih bijak dalam mengalokasikan uang dan cobalah mengurangi pengeluaran mendesak pada hal-hal kurang penting.

  1. Lunasi Hutang

Sebelum mencapai financial freedom, pastikan Youngvestors telah melunasi segala bentuk tagihan. Meskipun cukup sulit, hal ini merupakan langkah penting untuk memastikan Youngvestors dapat bebas melakukan transaksi. Dalam tahap ini, Youngvestors harus mendapatkan pendapatan yang cukup besar, baik dengan menemukan pekerjaan sampingan dengan gaji yang cukup tinggi atau mengerjakan project-project yang dapat membantu menghasilkan uang.

  1. Investasi

Salah satu kunci penting dalam mencapai financial freedom adalah passive income. Dengan melakukan investasi pada bidang yang tepat, Youngvestors akan membuka peluang untuk mendapatkan passive income. Investasi dapat dilakukan dalam bentuk apapun sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Youngvestors. Youngvestors dapat berinvestasi dengan melakukan pembelian rumah atau bangunan, bermain saham dan reksadana, atau berinvestasi pada perusahaan-perusahaan start up.

Berdasarkan penjelasan di atas, generasi milenial nyatanya memiliki kesempatan yang sama dengan banyak generasi lainnya untuk mencapai financial freedom. Meski generasi milenial cukup kosumtif, mereka tetap mampu mencapai financial freedom jika dibarengi dengan kesadaran dan niat yang kuat. Maka dari itu, penting bagi generasi milenial untuk mulai mengelola keuangan sejak dini dan memperkirakan arah dan tujuan hidup di masa depan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan kepada Youngvestors lainnya! Bagikan pengalaman Youngvestors dalam kolom komentar dan kunjungi akun instagram @i_amtalentindo untuk berbagai tips lainnya. Sampai bertemu di artikel berikutnya!

Salam I AM Community,

I AM Smart.

I AM Capable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *