I AM Community

Mengenal Hukum 21/90: Bisa Majukan Karier?

“Hari ini ngga dulu deh, lagi ngga ada waktu!”

“Kayak ngga ada hari esok aja, hari ini cheating dulu lah”

Youngvestors tentu pernah mendengar atau bahkan menjadi pihak yang menyatakan ungkapan di atas bukan? Kita kerap kali menunda pekerjaan dengan alasan ‘bisa dilakukan besok’, ‘mager, ‘ngga ada waktu’, dan berbagai alasan pembenar lainnya. Nyatanya, kita hanya membutuhkan 21 hari untuk membentuk kebiasaan baru loh, Youngvestors!

Hukum 21 hari pertama kali diperkenalkan oleh Dr Maxwell Maltz, seorang ahli bedah plastik yang menemukan keanehan pada pola berulang pasiennya. Dr Maxwell Maltz menemukan pola berulang, dimana mayoritas pasien yang melakukan operasi akan menjadi terbiasa dengan kondisi barunya pada hari ke-21. Hal inilah yang kemudian memunculkan anggapan bahwa kebiasaan baru dapat dibentuk hanya dalam waktu 21 hari.

Di sisi lain, muncul penelitian dari European Journal of Social Psychology yang dilakukan Phillippa Lally, seorang psikolog kesehatan asal University College London dan tim risetnya. Penelitian tersebut berhasil meneliti kebiasaan 96 orang dalam periode 12 minggu. Hasil penelitian menunjukkan dibutuhkannya waktu berkisar 18 hingga 254 hari bagi individu, bergantung pada jenis kegiatan dan kemampuan diri. Penelitian ini mengaskan dibutuhkannya waktu dua hingga delapan bulan untuk benar-benar membentuk kebiasaan baru dalam pola kehidupan.

Berbagai pandangan ini kemudian meluas dan menciptakan asumsi-asumsi baru, salah satunya adalah hukum 21/90 yang populer di kalangan masyarakat.

Sumber: www.demico.co

‘It takes twenty-one days to create a habit. It takes ninety days to create a lifestyle’

Hukum 21/90 menegaskan bawah dibutuhkan 21 hari bagi individu untuk membangun kebiasaan baru, namun dibutuhkan waktu hingga 90 hari untuk menjadikan kebiasaan tersebut sebagai gaya hidup. Hukum ini cukup populer dalam kalangan masyarakat dan dapat ditemukan dalam banyak buku self-development. Hukum 21/90 kerap kali digunakan dalam berbagai kesempatan, salah satunya adalah terkait program karier. Lantas, apa hubungan hukum 21/90 dengan perkembangan karier?

Belajar Skill Baru Tidak Butuh Waktu Lama

Seperti yang dipaparkan di atas, Youngvestors tentu pernah mengalami beberapa waktu padat hingga enggan melakukan aktivitas atau kegiatan baru. Namun dengan hukum di atas, Youngvestors hanya harus melakukan rutinitas pada 21 hari pertama untuk membiasakan diri menerima aktivitas tersebut. Waktu yang cukup singkat bukan? Maka dari itu, tidak ada alasan bagi Youngvestors untuk enggan mencoba dan memelajari hal baru!

Menciptakan Budaya Disiplin

Membiasakan diri untuk mengikuti hukum 21/90 akan membantu Youngvestors untuk menyusun rencana dengan lebih terarah. Hal ini dikarenakan dibutuhkannya jadwal rutinitas yang baik untuk menjadikan rencana tersebut berhasil. Tidak hanya skill yang semakin baik, Youngvestors juga akan menjadi disiplin dan teratur dalam menjalankan kewajiban!

Hukum 21/90 pada dasarnya merupakan angka relatif yang menyesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan Youngvestors dalam beradaptasi pada kegiatan. Meski begitu, hukum ini terbilang cukup ampuh dalam menjaga konsistensi aktivitas, sehingga Youngvestors akan lebih mudah dalam membiasakan diri pada aktivitas baru.  Setelah mengetahui hukum ini, Youngvestors tentu sudah tidak punya alasan untuk mager memulai dong?

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan kepada Youngvestors lainnya. Kunjungi akun @i_amtalentindo untuk berbagai tips lainnya dan sampai bertemu di artikel selanjutnya!

Salam I AM Community,

I AM Smart.

I AM Capable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *