I AM Community

Memanfaatkan Konsep Ikigai dalam Bisnis, Bisa?

Saat pertama kali mendengar kata Jepang, pola hidup seperti apa yang muncul dalam pikiran Youngvestors? Pekerja keras, disiplin, passionate, dan masih banyak lagi. Pola hidup tersebut ternyata muncul sebagai output dari salah satu konsep terkenal di Jepang, yakni ikigai.

Ikigai secara harfiah berasal dari kata ‘iki’ yang berarti kehidupan dan ‘gai’ yang berarti nilai. Secara singkat, ikigai dapat dikatakan sebagai nilai dasar dalam kehidupan yang dipegang seumur hidup. Ikigai inilah yang dipercaya sebagai metode keseimbangan dalam mencapai kebahagiaan hidup.

Tapi hari ini, Mintor akan mengajak Youngvestors untuk melihat ikigai dari sudut pandang yang berbeda, yakni melalui sudut pandang bisnis. Lantas, bagaimana cara memanfaatkan ikigai dalam pengembangan bisnis? Yuk, simak infonya!

  1. Passions
Sumber: www.artwoonz.com

Passions muncul melalui dua pertanyaan sederhana, yaitu ‘apa yang kamu sukai?’ dan ‘hal apa yang kamu kuasai?’. Ketika dua pertanyaan tersebut terpenuhi dengan satu hal yang sama, maka Youngvestors telah berhasil menemukan passion yang tepat. Sebagai contoh, jika Youngvestors menyukai seni lukis dan memutuskan untuk membuat karya atas ketertarikan tersebut, pada saat itulah hal tersebut dapat disebut dengan passion.

  • Profession
Sumber: www.minlife.ru

Profession menunjukkan langkah yang lebih jauh lagi dari sekedar passion. Hal ini dikarenakan tidak semua passion dapat dikuasai dengan baik dan tidak semua passion dapat menghasilkan keuntungan. Youngvestors harus mampu memilah passion yang benar-benar dikuasai dan memiliki peluang untuk menjadi karier.

Jika sebelumnya Youngvestors berhasil menguasai seni lukis dengan baik, Youngvestors harus mulai menganalisa apakah passion tersebut mampu mendatangkan penghasilan, baik melalui pemberian jasa lukis, pembelian hasil lukisan, dan sebagainya.

  • Vocation

Vocation merujuk pada pertanyaan ‘apa yang dibutuhkan oleh dunia?’. Dalam dunia bisnis, Youngvestors juga harus mempertimbangkan apa yang sedang dibutuhkan dan tingkat urgensinya. Hal ini dikarenakan masyarakat luas yang akan menjadi sasaran penjualan enggan membeli atau menerima jasa jika tidak sesuai dengan kebutuhannya.

  • Mission
Sumber: www.artofmarkbryan.com

Mission memberikan penekanan pada misi atau tujuan yang ingin dicapai melalui passion tersebut. Dalam mencapai tujuan bisnis, Youngvestors harus tetap berjalan pada jalur yang tepat sesuai keinginan awal. Hindarilah terlibat dalam hal-hal yang tidak sesuai dengan idealisme yang kamu pegang.

Jika Youngvestors mampu memenuhi keseimbangan dalam semua aspek tersebut, maka Youngvestors telah memegang nilai kehidupan dengan baik. Konsep ikigai yang didasari dengan ketertarikan dan passion individu memberikan peluang bagi Youngvestors untuk merasakan kebebasan dalam memilih karier yang disukai. Setelah dianalisa kembali, Youngvestors sudah sampai di poin berapa? Yuk, komen di bawah dan berbagi pengalaman dengan Youngvestors lainnya!

Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa komen dan bagikan artikel ini kepada Youngvestors lainnya. Sampai ketemu di artikel berikutnya!

Salam I AM Community,

I AM Smart.

I AM Capable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *