I AM Community

Gagal Wawancara? Ngga Lagi!

Tahap wawancara dalam dunia kerja merupakan suatu tahap yang dianggap paling krusial. Pasalnya, banyak pelamar kerja yang mengalami kegagalan pada tahap yang satu ini. Pada banyak kasus, kegagalan terbesar terjadi karena kurangnya persiapan, baik kesiapan mental maupun pengetahuan. Maka dari itu, Mintor akan memberikan berbagai macam tips jitu agar kalian siap dan semakin besar kesempatan untuk lulus wawancara kerja. Penasaran? Yuk, simak infonya!

  1. Percaya Diri
Sumber: www.pinterest.com

Kunci utama dalam wawancara adalah percaya diri. Merasa gugup ketika akan menjalani tahap wawancara adalah hal lumrah. Namun Youngvestors tidak perlu merasa minder dan rendah diri. Siapkan mental dan bersikaplah berani. Jika mulai merasa gugup, cobalah mengambil nafas panjang dan ulangi beberapa pertanyaan sebelum mendapat giliran.

  1. Sering Berlatih
Sumber: www.pinterest.com

Pernah mendengar istilah ‘practice makes perfect?’ Benar, menjadi percaya diri saja tidak cukup untuk lolos wawancara. Ketika Youngvestors dihadapkan dengan pewawancara, hal penting lain yang harus ditunjukkan adalah pengetahuan yang mumpuni. Bekerja dengan sebuah perusahaan memang dapat menjadi peluang untuk belajar, namun bukan berarti Youngvestors datang dengan tangan kosong. Mulailah menyiapkan perkiraan pertanyaan dan cobalah untuk menjawabnya dengan baik. Siapkanlah branding diri dengan baik, namun tetap pastikan Youngvestors menjawab dengan jujur, ya!

  1. Siapkan Pertanyaan

Pada sesi wawancara, pewawancara biasanya akan bertanya mengenai hal yang ingin Youngvestors ketahui. Dalam hal ini, siapkanlah pertanyaan yang baik. Mengajukan pertanyaan dalam sebuah wawancara dapat dinilai sebagai sebuah bentuk antusiasme dalam perusahaan dan pekerjaan yang Youngvestors lamar. Namun, Youngvestors perlu berhati-hati dalam mengajukan pertanyaan. Pastikan jawaban tersebut bukan pertanyaan mendasar yang dapat Youngvestors temukan pada website dan berita umum. Kalau ini terjadi, pertanyaan tersebut dapat dipastikan akan menjadi bumerang bagi Youngvestors dalam sesi wawancara.

Sesi wawancara memang dianggap sebagai sesi tersulit dalam tes kerja. Namun Youngvestors tidak perlu khawatir. Meskipun sulit, Youngvestors tetap akan dapat menaklukkan sesi wawancara dengan latihan rutin sebelum tes kerja.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan dengan Youngvestors lainnya! Untuk informasi tentang karier lainnya, kunjungi dan ikuti akun instagram @i_amtalentindo. Sampai ketemu di artikel berikutnya, ya!

Salam I AM Community,

I AM Smart.

I AM Capable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *