I AM Community

First Impression Saat Melamar Kerja Baik, Gimana Sih Caranya?

Dalam dunia kerja, skill dan pengetahuan tidak menjadi satu-satunya poin penting yang harus diperhatikan. Banyak pelamar kerja melupakan fakta bahwa para perekrut akan melihat lebih dulu penampilan saat wawancara dan first impression dibandingkan hal-hal abstrak berupa ide dan kreativitas. Maka dari itu, menciptakan first impression saat melamar kerja adalah langkah utama untuk membuka gerbang kesuksesan.

First impression merupakan hal yang dilihat oleh individu ketika melihat individu lainnya untuk pertama kali. Dalam dunia kerja, first impression berguna untuk menciptakan ketertarikan perekrut sebelum mengenal Youngvestors lebih jauh dalam tes kerja. Lantas, hal apa yang perlu diperhatikan untuk menciptakan first impression yang baik? Yuk, simak infonya!

  1. Cara berpakaian
Sumber: www.pinterest.com

Penggunaan pakaian yang tepat merupakan poin paling penting dalam menciptakan first impression. Hal ini dikarenakan orang yang tidak dikenal akan cenderung menilai dari segi penampilan. Maka dari itu, Youngvestors harus memastikan bahwa pakaian yang digunakan tidak salah kostum. Sebelum menghadiri tes kerja, pastikan Youngvestors memastikan ketentuan dalam berpakaian yang sudah diatur atau dijelaskan oleh perusahaan. Gunakan baju yang nyaman dan membuat Youngvestors percaya diri, namun pastikan hal tersebut tidak menyalahi aturan, ya!

  • Body Language
Sumber: www.pinterest.com

Body language atau bahasa tubuh ternyata memberikan dampak yang signifikan dalam menciptakan first impression. Bahasa tubuh ini meliputi berbagai macam hal, mulai dari gerak tubuh hingga mimik waja Bahasa tubuh yang baik akan memberikan kesan yang baik pula. Youngvestors dapat memulai dengan hal-hal kecil, seperti tersenyum, menjaga kontak mata dengan baik, serta memerhatikan postur tubuh.

  • Cara Berbicara
Sumber: www.freepik.com

Saat melakukan tes kerja, Youngvestors tentu akan bertemu dengan berbagai orang dan harus menjawab berbagai pertanyaan. Maka dari itu, penting bagi Youngvestors untuk melatih intonasi dan gaya berbicara untuk meninggalkan kesan yang baik saat melamar kerja. Dalam beberapa kasus, gaya berbicara yang lebih cepat dianggap sebagai sosok yang lebih percaya diri dan memiliki antusiasme tinggi. Namun begitu Youngvestors juga harus menyiapkan jawaban yang padat dan berisi untuk membuktikan kualitas Youngvestors dalam bidang tersebut.

Youngvestors tentu sudah memahami bahwa skill dan pengetahuan tidak menjadi satu-satunya tolak ukur kesuksesan dalam melamar kerja. Dalam menciptakan first impression yang baik, Youngvestors tidak hanya mampu menggunakan tips tersebut dalam dunia pekerjaan saja, namun juga dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, membiasakan diri sejak dini untuk menciptakan kesan yang baik saat bertemu orang asing bukanlah ide yang buruk.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan dengan Youngvestors lainnya! Untuk informasi tentang karier lainnya, kunjungi dan ikuti akun instagram @i_amtalentindo. Sampai ketemu di artikel berikutnya!

Salam I AM Community,

I AM Smart.

I AM Capable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *