I AM Community

Cara Jitu Percaya Diri Saat Public Speaking, Ini Kuncinya!

Youngvestors tentu pernah mendengar banyak tokoh inspiratif di luar sana yang memukau saat pidato bukan? Barrack Obama, Emma Watson, Soekarno, dan berbagi tokoh lainnya tampil memukau ketika berdiri di podium berhadapan dengan masyarakat luas. Apa yang membuat orang-orang dapat tampil amat memukau di depan khalayak ramai? Percaya diri.

Sumber: www.pinterest.com

Kepercayaan diri dalam konsep apapun selalu menjadi kunci penting dalam menciptakan impresi yang baik, begitupun dalam public speaking. Public speaking secara singkat dapat dikatakan sebagai kemampuan berbicara di depan umum. Untuk menciptakan public speaking yang baik, Youngvestors tentu harus dibaluti dengan kepercayaan diri yang besar. Namun hal ini kerap kali terhambat akibat munculnya rasa takut, malu, minder, dan berbagai masalah lainnya. Permasalahan tersebut pada akhirnya menghambat kemampuan dan keinginan kita untuk bergerak memperbaiki diri.

  1. Sugesti Positif

Bayangan buruk akan dipermalukan ataupun melakukan kesalahan adalah hal yang wajar ketika public speaking. Namun jangan sampai hal ini membebani Youngvestors dan menghambat kesuksesan saat public speaking. Buatlah sugesti positif yang membuat Youngvestors tenang dan siap untuk menghadapi audiens. Pikiran-pikiran negatif yang terus diulangi akan memberikan sugesti negatif dan meningkatkan rasa takut. Maka dari itu, percayalah pada diri sendiri dan tunjukkan yang terbaik!

  • Interaksi Dua Arah

Dalam public speaking, Youngvestors bukanlah satu-satunya yang menjadi aktor. Audiens juga turut memberikan peran penting bagi keberlangsungan acara. Untuk menciptakan suasana yang santai dan atraktif, Youngvestors dapat memberikan interaksi-interaksi kecil kepada audiens, seperti basa-basi, mengajukan pertanyaan, hingga melemparkan candaan ringan untuk mencairkan suasana. Hal ini akan membantu Youngvestors untuk lebih rileks dan membantu audiens untuk tetap berfokus pada penyampaian materi.

  • Latihan Tanpa Henti

Berbicara mengenai skills tidak akan pernah terlepas dari kata latihan. Hal ini merupakan satu-satunya cara bagi Youngvestors untuk terus melakukan improvisasi dalam kemampuan tersebut. Youngvestors dapat berlatih dari kegiatan kecil, seperti presentasi di kelas dan berlatih di depan kaca, hingga pada acara besar seperti menjadi moderator, MC, atau pemberi materi.

Kemampuan public speaking pada dasarnya merupakan kemampuan yang dapat diasah dengan latihan dan kerja keras. Youngvestors tidak perlu merasa takut ataupun minder. Semakin banyak kesempatan dan latihan yang dijalani, maka Youngvestors akan semakin siap untuk menampilan public speaking yang baik.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan kepada Youngvestors lainnya. Bagikan tips dan pengalaman Youngvestors dalam kolom komentar dan kunjungi Instagram @i_amtalentindo untuk berbagai tips lain. Sampai bertemu di artikel berikutnya!

Salam I AM Community,

I AM Smart.

I AM Capable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *