I AM Community

Begini Tahap Tes Kerja, Krusial!

Mendapatkan pekerjaan dengan penghasilan yang layak sejak dulu memang menjadi sasaran bagi semua orang. Namun untuk dapat lolos pekerjaan, Youngvestors tentu membutuhkan usaha ekstra agar mampu bersaing dengan pelamar kerja lainnya. Dalam prosesnya, Youngvestors akan menemukan berbagai tahapan tes yang berbeda, baik secara pelaksanaan maupun tingkat kesulitannya. Mintor akan membantu Youngvestors untuk mempersiapkan diri, Maka dari itu, hari ini Mintor akan mengenalkan Youngvestors terhadap berbagai tahapan dalam tes kerja. Yuk, simak infonya!

  1. Seleksi Administrasi
Sumber: www.dribbble.com

Seleksi administrasi merupakan gerbang awal untuk mendaftar kerja. Pada tahap ini, Youngvestors akan diminta untuk mengumpulkan berbagai jenis persyaratan sebagai pendukung, mulai dari ijazah, Kartu Tanda Penduduk (KTP), portofolio, daftar riwayat hidup (CV), atupun resume dan berbagai dokumen pendukung lainnya. Saat menyiapkan berkas tersebut, Youngvestors harus memastikan semua berkas telah diinput sesuai syarat dan tidak terjadi kesalahan sedikitpun. Kesalahan dalam seleksi administrasi sering terjadi dengan alasan berkas tidak lengkap, tidak sesuai persyaratan, hingga kesalahan penulisan pada nama perusahaan.

  • Kompetensi Dasar dan Psikotes
Sumber: www.dribbble.com

Jika Youngvestors lulus pada seleksi administrasi, tahap selanjutnya adalah tes kompetensi dasar dan psikotes. Pada tahap ini, Youngvestors akan dihadapkan dengan berbagai jenis soal terkait matematika dasar, soal logika, tes bahasa inggris, hingga tes kepribadian. Tahap seleksi yang satu ini akan menyaring Youngvestors sesuai kemampuan dan kencenderungan kepribadian sesuai tolak ukur perusahaan. Namun Youngvestors tidak perlu khawatir. Untuk menyelesaikan tahap ini, Youngvestors hanya perlu menyiapkan diri dengan baik dan bersikap jujur saat mengerjakan tes!

  • Wawancara
Sumber: www.creativemarket.com

Tes wawancara merupakan tes paling krusial yang kerap kali menuai mimpi buruk bagi para pencari kerja. Tes wawancara biasanya dilakukan secara berbeda tergantung perusahaan yang menaungi. Dalam beberapa kasus, Youngvestors harus mengikuti dua kali wawancara, yakni dengan HRD ataupun user dan Direktur. Namun dalam kasus lainnya, Youngvestors mungkin hanya perlu melakukan satu kali wawancara dengan 2-3 interviewer di dalamnya. Pada tahap ini, Youngvestors harus menyiapkan jawaban atas pertanyaan tidak terduga yang berpeluang muncul dalam wawancara. Bersikaplah jujur dan tetap percaya diri.

  • Tes Kesehatan
Sumber: www.dribbble.com

Pada tahap yang satu ini, Youngvestors akan menghadapi berbagai pemeriksaan atau bahkan ujian fisik. Youngvestors harus memahami kondisi kesehatan dengan baik sebelum mendaftar. Tidak ada kiat-kiat penting dalam tes yang satu ini. Youngvestors harus terus menjaga kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat sebagai solusinya.

Jika Youngvestors berpikir bahwa tes kerja membutuhkan usaha yang besar, asumsi tersebut tidak sepenuhnya benar. Dibandingkan usaha yang besar, tes kerja lebih membutuhkan pendekatan yang tepat. Jika Youngvestors mampu menganalisa proses tahapan kerja dengan baik, maka Youngvestors dapat menghasilkan output yang lebih maksimal. Maka dari itu, Youngvestors tidak perlu ragu untuk mulai berlatih dan mempersiapkan diri sejak dini. Jika Youngvestors memiliki pengalaman dan kiat untuk dibagikan, silahkan berdiskusi dalam forum komentar!

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan dengan Youngvestors lainnya! Untuk informasi tentang karier lainnya, kunjungi dan ikuti akun instagram @i_amtalentindo dan tunggu artikel berikutnya, ya!

Salam I AM Community,

I AM Smart.

I AM Capable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *