I AM Community

Awas Salah, Ini Rumus Jitu Jawab Pertanyaan dari HRD! (Part 1)

Hampir semua orang merasa takut dan gugup saat akan tes wawancara. Hal ini biasa terjadi karena kondisi dinamis yang muncul saat wawancara membuat tes tersebut sulit diprediksi. Namun apakah hal tersebut berarti kita tidak bisa berlatih dan mempersiapkan diri? Tidak.

Sumber: yellowimages.com

Youngvestors nyatanya masih memiliki kesempatan untuk mempersiapkan diri dengan baik, salah satunya adalah dengan memprediksi pertanyaan yang akan diberikan HRD!

  1. ‘Silahkan perkenalkan diri terlebih dahulu’

Melalui pertanyaan ini, HRD membuka gerbang untuk mengenal pelamar lebih jauh. Namun hal tersebut tidak berarti Youngvestors perlu membeberkan informasi tidak relevan dalam kebutuhan dunia kerja, mulai dari tinggi badan, berat badan, suku dan sebagainya. Jawablah pertanyaan tersebut dengan menyebutkan informasi nama, usia, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, juga minat dan ketertarikan Youngvestors. Pertanyaan tersebut akan menjadi pertanyaan pertama yang dilontarkan para HRD, jadi berusahalah untuk menciptakan impresi dan ketertarikan pada jawaban Youngvestors!

  • ‘Sebutkan kelebihan dan kekurangan kamu’

Jawablah pertanyaan tersebut dengan spesifik dan percaya diri. Jadikan pertanyaan tersebut sebagai kesempatan bagi Youngvestors dalam ‘menjual’ diri melalui skill yang mumpuni. Ketika dihadapkan pada pertanyaan terkait kelemahan, jawablah sejujur mungkin. Youngvestors tidak perlu terlalu fokus dalam menyebutkan kekurangan, fokuslah dalam mengungkapkan bagaimana Youngvestors menangani kelemahan-kelemahan tersebut hingga menjadi peluang yang baik!

  • ‘Kenapa kamu memutuskan untuk melamar disini?’

Pertanyaan ini digunakan untuk melihat seberapa besar ketertarikan Youngvestors atas suatu posisi dan instansi tersebut. Usahakan untuk tidak menjawab pertanyaan secara general dan membosankan, ya, Youngvestors! Youngvestors dapat memberikan jawaban dengan memaparkan kelebihan-kelebihan dan ekspektasi yang ingin dicapai jika mendapat kesempatan untuk berkontribusi!

Pertanyaan-pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan dasar yang selalu dilontarkan oleh HRD saat tes wawancara. Meski muncul banyak pertanyaan yang tidak dapat diprediksi, Youngvestors masih dapat berlatih untuk menjawab pertanyaan statis seperti di atas. Kunci untuk menjawab pertanyaan wawancara adalah berlatih dan percaya diri. Maka dari itu, Youngvestors tidak perlu takut dan grogi saat menjawab. Jadilah diri sendiri dan jawablah sejujur mungkin!

Semoga artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa bagikan ke Youngvestors lainnya. Bagikan tips dan pengalaman dalam kolom komentar dan kunjungi akun instagram @i_amtalentindo untuk tips lainnya. Sampai bertemu di artikel berikutnya!

Salam I AM Community,

I AM Smart.

I AM Capable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *