I AM Community

6 Cara Dicintai dan Disukai Banyak Orang

Sumber: Commbox.io – 10 Winning Customer Service Psychology Tips

Hai Youngvestor, apa kabarnya? Wah, semoga Mintor terima kabar baik terus dari kalian ya! Menurut Youngvestor, apa sih yang membuat orang tampak menarik? Mungkin yang kelihatan secara fisik adalah seseorang yang tampan atau cantik, kaya, dan mungkin gaya berpakaian. Namun Youngvestor, yang membuat kita atau orang lain terlihat menarik sebenarnya adalah dari karakter yang dimiliki. Karakter tersebut bisa berupa sikap yang baik hati, sabar, perhatian, bahkan kecerdasan. Jadi, yuk kita bangun karakter diri kita bersama!

Mintor juga telah menyiapkan 6 cara bagaimana cara agar orang menyukai kita yang tentu akan berhubungan dengan pembangunan karakter.

Sumber: Lippincott – Let’s Talk

1. Bicara Dengan Lawan Bicara Secara Tulus

Dengan ketulusan tidak menutup kemungkinan untuk kita tertarik saat berkomunikasi. Kita sendiri pun akan senang jika lawan bicara kita menunjukan ketulusan saat berhadapan dengan kita. Sehingga, kita juga dapat melakukan hal tersebut untuk membuat orang lain senang dan dihargai. Dapat kita ketahui bahwa ketertarikan tersebut akan membuat respon yang akhirnya membuat kita dengan lawan bicara saling menampakkan diri dengan kata lain terbuka satu dengan yang lain. Karena sikap seseorang yang terbuka tersebut menandakan seseorang tersebut nyaman ketika berbicara dengan lawan bicaranya.

Sumber: Iconscout – Groups of  Friends Happy on Winning Competition

2. Keep Smile

Dengan tersenyum kepada lawan bicara akan membuat kita memiliki nuansa hati yang bahagia loh! Coba lihat jika lawan bicara ketika berkomunikasi menggunakan raut muka yang tanpa ekspresi tentu tidak akan membuat kita senang, bukan? Oleh karena itu, dengan tersenyum kita akan mampu memberikan semangat positif kepada lawan bicara. Tentunya kita dan lawan bicara akan lebih nyaman saat sedang bertemu. Tersenyum bukan tindakan yang sulit untuk dilakukan, bahkan hal paling sederhana adalah tersenyum. Jadi, yuk kita biasakan untuk selalu tersenyum kepada semua orang!

Sumber: Pinterest – Diverse People

3. Selalu Panggil Seseorang dengan Nama

Poin ke 3 adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Daripada kita memanggil orang dengan “Eh kamu..” lebih baik kita memanggil dengan namanya. Kita sendiri pun tentu akan lebih senang jika dipanggil dengan nama kita. Meskipun nama setiap orang berbeda dan sulit untuk dihafalkan semua, kita dapat sering biasakan kepada teman kita sendiri untuk berlatih. Dengan memanggil namanya tersebut akan membuat lawan bicara lebih merasa dihargai dan diakui. Tentu hal sederhana seperti memanggil nama akan membuat lawan bicara senang dan nyaman saat berbicara dengan kita.

4. Be a Good Listener

Sumber: Pinterest – Good Listener

Terkadang, lawan bicara tidak memerlukan sebuah solusi dari kita apalagi jika suasana yang mereka rasakan sedang buruk. Pada umumnya, seseorang lebih senang didengar saat bercerita. Sebelum kita berbicara atau menyampaikan sesuatu, cara paling sederhana adalah mendengarkan lawan bicara. Dengan mendengarkan, kita mampu untuk lebih memahami perasaan dari orang tersebut. Pada poin ini, kita juga dapat belajar untuk melawan dan menahan ego kita untuk berbicara atau mengambil alih sebuah percakapan. Apalagi jika kita berbicara dengan orang yang sudah berumur, mereka hanya ingin didengar oleh kita melalui nasihat yang mereka berikan.

5. Bicara Sesuai Dengan Ketertarikan Lawan Bicara

Sumber: The Chronicle of Higher Education – How to Hold a Better Class

Untuk membuat seseorang menyukai kita, kita sendirilah yang harus menempatkan diri sesuai dengan porsi dan keadaan. Caranya adalah mencari tahu terlebih dahulu terkait lawan bicara. JIka kita tidak dapat mengetahui ketertarikan lawan bicara, kita dapat mencoba untuk menggali dengan merendahkan ego dan berhenti untuk berbicara yang menjadi ketertarikan kita. Tentu hal tersebut akan membuat lawan bicara senang dan akhirnya senang untuk berkomunikasi dengan kita lebih lanjut karena kembali ke poin sebelumnya bahwa kita harus lebih banyak mendengar dibanding berbicara saat bertemu dengan orang lain.

6. Buatlah Lawan Bicara itu Penting

Sumber: Medium – Reanimate: Breathing New Life Into Brands

Maksud dari poin terakhir ini adalah Youngvestor harus memiliki sikap menghargai kepada lawan bicara. Cara sederhana yang dapat kita lakukan adalah dengan memberikan semangat yang tulus. Secara tidak sadar, dengan Youngvestor memberikan semangat akan membuat kita terpicu juga loh! Apalagi jika semangat tersebut berasal melalui diri kita pribadi. Kita sendiri juga akan senang jika dihargai oleh orang lain, kita akan merasa kita dianggap dan dihargai yang akhirnya membuat kita nyaman dengan orang lain.

Nah, 6 poin sudah Mintor sampaikan bagaimana cara membuat orang lain dapat senang dengan diri kita. Tidak ada yang sulit jika kita benar-benar ingin bertumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Namun perlu kita ingat juga bahwa kita tidak akan dapat menyenangkan semua orang. Namun kita dapat melakukan hal-hal yang positif agar kita dicintai oleh orang lain agar lebih menghargai orang lain. Sedini mungkin, Youngvestor wajib membuat dan melakukan kebiasaan yang baik dan positif, ya! Semangat!

Salam I AM Community:
I AM Smart,
I AM Capable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *