I AM Community

30-60-90 Days Plan: Strategi untuk Persiapkan Diri bagi Fresh Graduate!

Sebagai fresh graduate, Youngvestors tentu akan dihadapkan pada situasi dan suasana baru yang sangat berbeda. Banyak dari kita yang kemudian merasa takut melakukan kesalahan karena kurangnya pengalaman. Secara harfiah, konsep 30-60-90 days plan dapat diartikan sebagai konsep penyusunan prioritas yang disusun dalam skala 30, 60, hingga 90 hari. Penyusunan konsep 30-60-90 days plan ini dilakukan melalui prioritas dan sasaran terbesar, serta tolak ukur keberhasilan aktivitas dalam salah satu periode waktu yang telah ditentukan. Secara singkat, konsep ini dapat dikatakan sebagai bentuk to-do list yang rinci dalam melakukan pekerjaan.

Berikut merupakan salah satu contoh penggunaan konsep 30-60-90 days plan:

Sumber: americanexpress.com

Lantas, apa yang dibutuhkan dan bagaimana membuat 30-60-90 days plan?

Elemen yang Dibutuhkan

Dalam membentuk konsep perencanaan ini, Youngvestors harus mulai merincikan segala bentuk tujuan dan sasaran yang menjadi prioritas. Langkah pertama yang diperlukan adalah menetapkan fokus utama dalam satu konsep perencanaan. Gunakanlah draft perencanaan berbeda untuk fokus kegiatan yang berbeda. Berikutnya, Youngvestors dapat mulai melakukan pemetaan prioritas dalam periode waktu 30, 60, dan 90 hari. Ketiga, pastikan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai, serta alternatif untuk mencapai kegiatan tersebut. Terakhir, buatlah tolak ukur keberhasilan untuk memudahkan evaluasi rencana.

Bagaimana cara membuat 30-60-90 days plan?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, konsep perencanaan ini kerap kali digunakan untuk mempersiapkan wawancara atau pekerjaan baru. Hal ini membantu Youngvestors dalam menciptakan fokus yang tepat dalam periode waktu tertentu. Lantas bagaimana merincikan setiap elemen dalam konsep dengan baik?

  1. Gambaran Besar

Dalam menciptakan 30-60-90 days plan dalam lingkungan kerja, Youngvestors tentu tidak hanya perlu menganalisis kepentingan pribadi, namun juga perusahaan. Mulailah menganalisis tujuan dan ekspektasi perusahaan dalam mempekerjakan Youngvestors. Tujuan dan ekspektasi perusahaan tentu akan berbeda bergantung pada banyak variabel. Hal ini akan membantu Youngvestors untuk memetakan prioritas kegiatan untuk menciptakan impresi yang baik di mata perusahaan.

  • Bertanya

Dalam fase ini, Youngvestors sudah mampu memetakan tujuan dan skala keberhasilan dari tiap pelaksanaan kegiatan. Ajukanlah pertanyaan saat wawancara atau kepada rekan kerja, baik soal tolak ukur keberhasilan dalam perusahaan, serta perihal status quo perusahaan. Mulailah cari tahu sejauh apa pekerjaan yang dapat Youngvestors lakukan dalam 90 hari pertama dan mulailah memetakan seberapa besar dampak yang dapat diberikan kepada perusahaan.

  • Menjalin Hubungan Baik

Menjalin hubungan baik dengan banyak pemangku kepentingan merupakan salah satu kunci sukses dalam meniti karier. Dalam 30 hari pertama, berusahalah mencari banyak insight baru dengan menjalin komunikasi yang baik dengan orang-orang dalam ranah pekerjaan yang sama. Youngvestors dapat mulai mengatur jadwal untuk berdiskusi dengan manajer, rekan kerja satu tim, rekan kerja berbeda divisi, rekan kerja eksternal, atau karyawan yang berada di bawah Youngvestors.

Sebelum melakukan perubahan, Youngvestors harus berusaha untuk mempelajari kondisi internal perusahaan. Ajukanlah banyak pertanyaan tentang budaya, proses, tantangan, serta berbagai seluk-beluk perusahaan.

Dalam konsep 30-60-90 days plan, hal yang paling penting adalah merincikan setiap rencana dari sudut pandang berbeda. Lakukanlah analisa mendalam dan rancang konsep berdasarkan prioritas terbesar. Jika Youngvestors mampu memetakan dan menjalankan setiap rencana dengan baik, maka peluang untuk menciptakan impresi dan kemampuan adaptasi yang bagus dalam perusahaan juga akan lebih mudah untuk dicapai.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan kepada Youngvestors lainnya. Kunjungi akun @i_amtalentindo untuk berbagai tips lainnya dan sampai bertemu di artikel selanjutnya!

Salam I AM Community,

I AM Smart.

I AM Capable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *