I AM Community

1001 Cara Meningkatkan Skill Berkomunikasi!

Manusia pada dasarnya merupakan makhluk sosial yang membutuhkan interaksi dengan manusia lainnya. Dalam menciptakan interaksi tersebut, kita tentu membutuhkan kemampuan berkomunikasi yang baik. Berkomunikasi tidak hanya sekedar berbicara mengucapkan sepatah atau dua patah kata. Lebih luas dari itu, seni dalam berkomunikasi berfokus pada penyampaian pesan dan menciptakan interaksi yang menarik dan mendapatkan feedback sesuai harapan.

Sumber: www.freepik.com

Kemampuan berkomunikasi merupakan soft skill yang didapatkan sebagai hasil dari latihan panjang. Kemampuan ini bahkan dapat semerta-merta menghilang jika tidak diasah dengan benar. Maka dari itu, Youngvestors harus terus berlatih dan membiasakan diri untuk membangun skill berkomunikasi.

  1. Artikulasi

Dalam berkomunikasi, penting bagi Youngvestors untuk memerhatikan artikulasi setiap katanya. Ucapkanlah abjad dengan artikulasi yang jelas dan tegas agar tidak menghasilkan ambiguitas. Jika Youngvestors merasa kesulitan, mulai berlatih untuk mengucapkan abjad satu per satu secara perlahan.

  1. Bahasa Tubuh

Bahasa tubuh akan selalui menjadi poin plus dalam berkomunikasi. Hal ini akan berguna untuk membantu Youngvestors menyampaikan maksud dan kesungguhan saat berbicara. Tidak hanya ekspresi, gunakanlah gestur ringan seperti menggerakkan tangan saat berbicara. Namun pastikan bahasa tubuh tersebut tidak muncul berlebihan karena grogi ya!

  1. Waktu yang Tepat

Banyak dari kita kerap kali berbicara tanpa memberi kesempatan kepada orang lain. Perlu digarisbawahi bahwa berkomunikasi merupakan interaksi dua arah, maka dari itu penting bagi Youngvestors untuk menyesuaikan diri dan waktu saat berbicara. Berikan orang lain kesempatan dan hargai pendapatnya!

Kiat singkat tersebut akan membantu Youngvestors untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Tidak hanya dalam lingkungan kerja, kemampuan berkomunikasi yang baik akan membantu Youngvestors menjalin hubungan baik dengan lingkungan sekitar.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan ke Youngvestors lainnya. Bagikan tips dan pengalaman Youngvestors, serta kunjungi akun Instagram @i_amtalentindo untuk berbagai tips berkarier! Sampai bertemu di artikel berikutnya!

Salam I AM Community,

I AM Smart.

I AM Capable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *