I AM Community

Soiree at Home Batch 1 by I AM Community

Oleh: Zakiah Umairoh Machfir

Pandemi COVID-19 merupakan salah satu pengalaman pahit karena hingga saat ini belum tahu kapan akan berakhir. Mulai dari perubahan cara berkomunikasi kepada setiap orang, pembatasan aktivitas sehari-hari, hingga pembatasan dibanyak sektor lain. Namun, dari banyaknya satu hal yang dianggap pahit, ternyata terdapat segudang manfaat yang dapat diambil hikmahnya dari adanya pandemi ini. I AM Communtiy membuktikan bahwa adanya pandemi saat ini ternyata memunculkan dan memberikan banyak ide baru yang tidak disangka muncul di saat seperti ini. Berawal dari kejenuhan sehingga memunculkan sebuah ide baru berupa pertanyaan “Bagaimana caranya untuk mempertemukan seseorang tanpa melihat wujudnya atau virtual? Tetapi dapat berkesan sebagai pengalaman yang menyenangkan.” Dari pernyataan tersebut, I AM Community tentunya memiliki jawabannya, yakni dengan mengadakan sebuah fun event, Soiree at Home.

Apa itu Soiree at Home? Soiree at Home adalah pertemuan buta dengan memberikan wadah bagi para peserta untuk bertemu dengan individu lain secara daring. Acara ini mengusung tema: “Stuck with You in Cherry Blossom”. Diambil dari fiolosofi bunga sakura, yaitu kebahagiaan yang ditunggu-tunggu dan juga dipercaya sebagai simbol dari kehidupan yang penuh dengan harapan juga masa depan yang cerah. Bunga sakura juga menjadi cerminan jika kehidupan ini adalah salah satu keindahan yang patut untuk disyukuri. “There’s no such thing as a stranger in the cherry blossoms shade”, artinya semua yang ada di bawah naungan bunga sakura bukanlah orang asing, karena siapapun bisa menjadi teman maupun cinta bagi kita. Dari penggalan kalimat tersebut dapat disimpulkan bahwa setiap orang akan menjadi satu apabila bunga sakura menyatukannya. Dengan begitu, tema “Stuck with You in Cherry Blossom” merupakan pilihan yang sangat tepat.

Fun event Soiree at Home ini merupakan acara perdana yang baru saja diselenggarakan oleh I AM Community. Dengan tujuan untuk mempertemukan setiap individu dalam bentuk yang fun dan tidak formal, seperti yang sering ditemukan pada masa sekarang. Setiap individu berpikir jika ingin menemukan relasi dan teman baru harus mengikuti acara atau kegiatan formal. Namun, I AM Community membuktikan dengan memberikan kesan dan pengalaman berbeda bagi setiap peserta melalui acara ini. Soiree at Home Batch 1 telah dibuka pendaftarannya sejak 23 April 2021 s.d. 29 April 2021 lalu. Tepat pada 30 April 2021 lalu sebagai penutup bulan April, acara Soiree at Home Batch 1 yang dikelola dan dibantu oleh tim Event and Media Relations pun telah terlaksana dengan sukses. Kapasitas peserta hanya diberi sebanyak lima pasangan. Sungguh menjadi permulaan yang luar biasa karena hanya dibutuhkan beberapa hari saja untuk memenuhi slot peserta.

Selama acara berlangsung, I AM Community memberikan kesan dan bumbu ‘misterius’ di setiap rangkaian acara tersebut dengan memberikan inisial bagi setiap orang yang berada di Zoom. Untuk I AM Community sendiri disebut sebagai pemilik rumah atau Master sehingga moderator nantinya akan dipanggil dengan sebutan Master. Lalu, untuk para peserta akan dipanggil dengan sebutan Lovepatchers.

Acara ini merupakan acara yang dilakukan secara spontan yang artinya setiap Lovepacther tidak saling mengenal untuk dapat berkomunikasi dan berbincang mengenai berbagai topik yang menarik. Setiap Lovepatcher dapat memilih pasangannya nanti (laki-laki, perempuan, atau, siapa saja/bebas) dan akan diberikan kesempatan lima kali putaran untuk berinteraksi dengan Lovepatcher lainnya yang dibantu oleh Shadow Master atau host sebagai panita. Acara ini pun sangat dikemas dengan detail karena saat mereka mendaftarkan diri, Lovepatcher akan menjelaskan kriteria pasangannya sehingga Shadow Master akan menyatukannya sesuai preferensi dan kriteria masing-masing saat di breakout room nanti. Mengenai  dari suasana yang ‘misterius’ tadi, acara ini berlangsung dengan kamera yang mati, serta seluruh orang yang berada di Zoom menggunakan nama samaran. Seperti yang telah dijelaskan di atas, para Lovepatcher pun diberi nama samaran agar dapat meningkatkan tujuan acara untuk wadah mempertemukan individu dengan pengalaman yang berbeda. Sebelumnya, mereka akan berhubungan dengan Mintor untuk diberikan guide book yang berisi panduan acara dan nama samarannya nanti.

Acara dimulai tepat pukul 20.00 WIB, tetapi open gate telah berlagsung sejak 19.45 WIB dengan diputarnya instrumen-instrumen klasik penuh kasih sayang sampai seluruh Lovepatcher telah berada pada Zoom tersebut. Tepat pada pukul  Shadow Master pun memutar voice over yang berisi pengenalan Soiree at Home, sambutan dari CEO and Founder I AM Community, Monica Tanata, serta pembacaan rules and regulations selama acara berlangsung. Setelah itu, dilanjut oleh Master 1 dan 2 sebagai moderator untuk membuka acara tersebut sampai pada Shadow Master siap untuk membagi breakout room untuk putaran pertama. Setiap pergantian putaran, para Lovepatcher kembali ke main room dan tidak lupa Master 1 dan 2 menyapa kembali Lovepatcher agar suasana selalu terasa hangat. Tibalah pada putaran terakhir, yaitu putaran kelima dan dilanjut dengan penutupan.

Setelah para Lovepatcher kembali dan berkumpul di main room, barulah Master 1 dan 2 membuka percakapan kembali dengan bertanya pada salah satu peserta mengenai kesan dan pesan acara perdana, Soiree at Home ini. Dari peserta yang ditunjuk oleh Master 1 dan 2 semuanya memberikan komentar yang positif sehingga membuktikan bahwa acara yang berlangsung kurang lebih selama dua jam tersebut telah sukses terlaksana. Tepat pada 22.00 WIB Soiree at Home pun telah usai dengan ditutup oleh Master 1 dan 2. Setelahnya, para Lovepatcher akan diberi link google form yang berisi absen dan evaluasi Soiree at Home. Link tersebut akan menjadi pembelajaran bagi para panitia untuk memperbaiki dan menyempurnakan sistemasi acara Soiree at Home pada batch selanjutnya. Tidak hanya itu, link tersebut dapat menjadi bukti bahwa nantinya Lovepacther kana diberikan e-sertifikat dan e-voucher yang dapat digunakan untuk potongan harga Soiree at Home batch selanjutnya.

Sungguh menjadi awal yang baik untuk acara perdana yang dapat dikatakan ‘berbeda’ dengan konsep acara I AM Community lainnya. Namun, I AM Communty pun telah membuktikan bahwa ada banyak cara untuk menjalin hubungan dengan individu lain, asalkan memiliki niat baik dan tujuan yang benar. Maka, hal tersebut tentu akan memberikan sebuah pengalaman dan kesan yan sangat berbeda dan akan diingat selalu. Apabila kalian merupakan keluarga baru I AM Community dan ingin mengetahui lebih lanjut mengenai Soiree at Home dapat cek info lebih jelasnya pada link http://soiree.iamcommunity.co.id/ .

Salam I AM Community,

I AM Smart,

I AM Capable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *