I AM Community

5 Fakta Menarik Tentang Investasi di Bidang Properti

Sumber: 99.co – Investment Property vs Buying to Stay

Halo, Youngvestors!

Tahukah kalian bahwa investasi paling terkenal dari zaman dahulu adalah investasi properti? Hal ini dikarenakan investasi properti yang fleksibel, menguntungkan, dan minim akan risiko. Investasi properti memang untuk tujuan jangka panjang yang membuat kita sebagai pembeli baik untuk hunian maupun investasi harus memerlukan keahlian dalam memilih properti. Lokasi, waktu pembelian, dan pembiayaan yang tepat harus kita perhatikan untuk membeli sebuah properti. Tak jarang properti justru mengalami kerugian karena tidak mengetahui pengetahuan dan taktik yang cukup. Sehingga kali ini, agar kita tidak mengalami kerugian dalam berinvestasi properti, kita harus mengetahui apa saja fakta mengenai properti yang tentu akan menambah pengetahuan kita, Youngvestors!

Sumber: Pinterest – Property Investment

1. Nilai Investasi Selalu Naik

Harga naik akan bergantung pada permintaan dan penawaran. Seperti yang sudah kita pelajari di pelajaran ekonomi saat sekolah, semakin banyak permintaan maka akan semakin meningkat harga pada suatu barang ataupun jasa. Kita juga mengetahui bahwa tanah yang tersedia tidak pernah bertambah, namun pertumbuhan penduduk selalu bertambah setiap tahunnya. Hal itu yang menyebabkan berinvestasi properti adalah untuk memenuhi tujuan jangka panjang karena harga properti akan naik seiring dengan berjalannya waktu. Meski terdapat bencana atau kondisi ekonomi sedang terpuruk, harga properti tetap akan selalu lebih tinggi dibandingkan tingkat inflasi.

Sumber: Vector Stock – Property Investment Concept

2. Tidak Perlu Bayar Penuh

Kini hampir seluruh pengembang properti menawarkan beberapa promo yang menarik termasuk uang muka atau Down Payment (DP). DP akan membantu seseorang yang belum memiliki dana dalam membayar secara tunai untuk mendapatkan tempat tinggal. Setiap pengembang properti juga memiliki ketentuan dan kebijakan berapa minimal DP bahkan DP dapat fleksibel disesuaikan dengan kemampuan kita dalam membayar properti dan cicilan. Bahkan dengan hanya membayar DP, kita sudah bisa menempati tempat tinggal tersebut loh, Youngvestors! Yuk siapkan DP yang besar agar cicilan bulanan berikutnya bisa semakin kecil!

Sumber: Freepik – House Renovation

3. Nilai Jual Dapat Bertambah dengan Modal Minim

Nilai jual properti dapat bertambah bukan hanya menunggu selama bertahun-tahun untuk disewakan. Nilai jual ini dapat bertumbuh dengan kita melakukan perbaikan atau renovasi baik untuk bangunan atau lahan kosong yang masih tersedia. Misalnya, jika rumah yang sebelumnya hanya memiliki 1 lantai, kini menjadi 2 lantai. Sekarang juga lagi hits rumah dengan 1 lantai namun terasa seperti 2 lantai dengan split level. Maka tidak menutup kemungkinan bahwa hal itu akan menambah luas pada bangunan dan tentunya akan berhubungan ketika menentukan harga jual properti tersebut.

Sumber: 123RF.com – Real Estate IsometricVector

4. Dipermudah oleh Bank

Cicilan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) kini juga telah dipermudah oleh bank, yang pasti syarat utama ialah memiliki penghasilan yang mencukupi dan sesuai kebijakan yang ditetapkan oleh bank. Bahkan ketika kita sedang mengalami kesulitan keuangan dan ingin untuk meminjamkan uang ke bank, salah satu yang dapat kita jaminkan ialah properti. Properti merupakan jaminan utamanya karena bank mengenai risiko investasi ini jauh lebih rendah dibandingkan jenis investasi lainnya.

Sumber: Dreamstime.com –  Property Investing Illustration

5. Hemat Waktu

Orang yang berinvestasi properti seperti memiliki kos atau menyewakan ruko/tempat tinggal, hanya perlu untuk mengecek kondisi sebulan hingga setahun sekali. Bisnis properti tidak memerlukan kehadiran kita setiap hari untuk mengontrolnya. Kita dapat mampir melihat properti tersebut jika memang mungkin ada kerusakan dan menagih pembayaran setiap periode berjalan. Berbeda dengan berinvestasi saham apalagi trading, kita perlu untuk selalu memperhatikan grafik demi melihat pergerakan harga saham.

Salam I AM Community,
I AM Smart.
I AM Capable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *