I AM Community

4 Alasan Pebisnis Wajib Mempunyai Mentor

Sumber: Freepik – Business People Illustration

Halo, Youngvestors!

Setiap pebisnis khususnya yang baru memulai bisnis memerlukan arahan dari seseorang yang lebih berpengalaman dalam urusan bisnis. Orang tersebut biasanya dikenal dengan sebutan mentor, namun banyak pebisnis yang menjalankan bisnisnya tanpa seorang mentor. Dalam kenyataannya, banyak miliader yang sukses karena memiliki mentor yang membantu mereka untuk membangun bisnis mereka. Contoh nyatanya adalah Mark Zuckerberg yang memiliki mentor yaitu Steve Jobs. Yuk kita lihat alasan pebisnis untuk harus memiliki mentor bisnis.

Sumber: Freepik – Business People Working Illustration

1. Mendapatkan Pembelajaran yang Nyata

Mentor merupakan orang yang sudah melakukan apa yang ingin kita lakukan dan berhasil melakukannya. Berbeda dengan penasehat, penasehat adalah orang yang memberitahu kita cara melakukannya namun bisa jadi belum pernah melakukannya. Pengalaman adalah pembelajaran yang penting dalam hidup begitu juga dengan kegagalan. Sulit untuk bisnis berjalan tanpa adanya mentor karena disini mentor dapat berbagi pengetahuan, pengalaman, kegagalan yang pernah mereka lakukan, dan juga dapat memberikan saran serta masukan untuk bisnis yang kita miliki.

Sumber: Pinterest – Online Internet Business Deal

2. Kemungkinan Sukses akan Lebih Besar

Karena kita memiliki mentor yang telah berhasil melewati segala rintangan, tentu mereka akan mengajari kita mengenai keputusan dan tindakan apa saja yang perlu kita lakukan, sehingga peluang kita untuk sukses akan lebih besar karena arahan-arahan yang diberikan oleh mentor. Kita juga dapat memiliki koneksi dari kenalan mentor kita dan dapat kita jadikan kesempatan untuk belajar dan memperluas jaringan bisnis yang kita miliki. Tentunya ini bisa menjadi lompatan untuk kita mencapai keberhasilan.

Sumber: Freepik – Vector Premium

3. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Mentor yang sukses akan selalu membawa dampak positif untuk pengikutnya. Kepercayaan diri dapat ditemukan dari adanya mentor karena dengan memberikan masukan dan arahan, kita akan lebih dapat percaya bahwa bisnis kita berjalan dengan lancar. Seorang mentor dapat mendorong pebisnis muda untuk dapat melihat tantangan sebagai peluang dan juga dapat meningkatkan kepercayaan diri.

Sumber: Freepik – Vector Gratis

4. Membantu Bisnis Bertahan

Dalam buku Cashflow Quadrant oleh Robert T. Kiyosaki, beliau menjelaskan bahwa 9 dari 10 kegagalan dalam 5 tahun adalah karena kurangnya pengalaman dan modal. Kurangnya pengalaman membuat mentor begitu penting untuk dapat hadir di suatu bisnis. Tentu semua pebisnis ingin agar bisnisnya bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Meski tetap ada rintangan yang akan dihadapi, namun mentor juga bisa memberikan kita dukungan untuk dapat terus berjuang.

Nah, bagaimana Youngvestors? Sudahkah kalian mendapatkan mentor untuk memulai bisnis yang kalian miliki? Youngvestors harus mengerti bahwa mentor adalah pilihan yang tepat ketika membangun bisnis. Hal ini dikarenakan mentor sudah banyak mencicipi manis pahitnya bisnis sehingga dapat membantu kita dalam meraih keberhasilan seperti mentor tersebut.

Salam I AM Community,
I AM Smart.
I AM Capable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *