I AM Community

Royale Class 6A : “Millennials Investing – ‘Small Step for Great Journey’ ”

Oleh : Hedwige Gevelyne Arsietha

Pengadaan rangkaian Royale Class dalam kegiatan I AM Talent & Career Batch 1 masih terus berlangsung. Berkolaborasi dengan Bank Negara Indonesia (BNI), Royale Class 6A yang diadakan pada 24 Mei 2021 lalu selama kurang lebih dua jam, turut mengundang pembicara atau lecturer yaitu Mr. Andri Tribowo dan Mr. Onggo Wiliamto dari BNI.

Pada kesempatan kali ini, Royale Membersdiajak untuk dapat belajar dan sharing mengenai financial planning dan juga investasi. Dimulai dari memperkenalkan anak perusahaan dari BNI Group yang berupa BNI Asset Management yang merupakan bagian dari konglomerasi PT Bank Negara Indonesia Tbk, dan BNI merupakan holding company.

Pembahasan pertama dalam kelas Royale Class 6A yaitu membahas mengenai Y.O.L.O. Mindset, dimana Mr. Andri Tribowo mengatakan bahwa orang-orang maupun anak muda banyak beranggapan hidup hanya sekali dan dapat memberikan pandangan untuk hidup berfoya-foya. Namun, pada case lainnya, hidup juga memerlukan strategi perencanaan dalam keuangan untuk dapat hidup sejahtera. Berbicara mengenai masa depan pun, Mr. Andri Tribowo menambahkan bahwa masa depan sendiri merupakan akumulasi dari pengurangan antara gaji yang kita dapatkan dengan biaya dari gaya hidup dari setiap individu. Kita pun dituntut untuk dapat memahami mana hal yang merupakan sebuah kebutuhan, hal yang tidak bisa ditunda dan terbatas, dan juga keinginan, hal yang bisa ditunda dan tentunya tidak terbatas.

Berdasarkan dari tujuan pengeluaran dari berbagai faktor seperti jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang, disisipkan pula informasi yang memberikan pengetahuan langka dalam berinvestasi dengan 5 tahap atau langkah yang termuat dalam gambar diatas.

Kesempatan kali ini juga turut membahas mengenai cara dari pengalokasian aset dari berbagai pakar, salah satunya yang dibuat berdasarkan John Bogel. Tidak hanya itu, Mr. Andri Tribowo juga memberikan simulasi dalam penggunaan cara alokasi dana dengan prinsip 40/30/20/10%. Hal ini turut disebutkan bahwa angka tersebut bukan berupa angka mutlak dan dapat berlaku secara dinamis tergantung dan disesuaikan dengan setiap individu.

Pembahasan lainnya juga disampaikan oleh Mr. Onggo Wiliamto yang membahas mengenai reksa dana yang disebutkan bahwa reksa dana sendiri dapat memiliki tujuan dari sebuah investasi dalam pemenuhan kebutuhan.

Dalam pembahasan ini pula, Royale Members diajak untuk mengetahui secara singkat mengenai apa itu reksa dana dan siapa saja orang dibalik hal tersebut. Secara singkat teks merupakan sebuah wadah yang dipergunakan dalam menghimpun dana dari masyarakat pemodal yang selanjutnya dapat diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi.

Pihak-pihak yang terkait dalam reksa dana seperti bank kustodian, merupakan bank umum yang telah mendapat persetujuan dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan dalam menyelenggarakan kegiatan usaha sebagai kustodian, selanjutnya adalah manajer investasi yang merupakan pihak, yang kegiatan usahanya adalah mengelola portofolio efek dari para nasabah atau mengelola portofolio investasi kolektif dalam sekelompok, dan terakhir merupakan bank atau perusahaan sekuritas yang tentunya mendapat persetujuan dari OJK sebagai agen penjualan reksa dana.

Pengenalan oleh Bank BNI mengenai reksa dana sendiri juga terbagi dalam beberapa cakupan pembahasan atau informasi seperti pengenalan secara singkat mengenai “Apa itu Reksa dana?”, “Bagaimana pemanfaatan hingga resiko dari reksa dana?” dan juga “Apa saja jenis-jenis dari reksa dana itu sendiri?”

Pada akhir kesempatan dalam penyampaian Royal Class 6A, dari pihak Bank BNI sendiri mengajak pada Royale Members untuk melakukan aktivitas singkat dengan melakukan game melalui Quizizz. Dimana dalam game tersebut, dari pihak BNI, akan memberikan gift atau hadiah kepada tiga Royal Members yang aktif dan tentunya menjawab pertanyaan secara benar dan mendapatkan nama pemenang yaitu Miss. Vienna, Mr. Mico dan Mr. Yonathan.

Royale Class 6A ini ditutup dengan kegiatan foto bersama dari pihak BNI Asset Management dan juga Royale Members dariI AM Talent & Career Batch 1.

Tentunya materi dan pembahasan ini diharapkan akan menjadi bekal dan juga pengetahuan bagi Royale Members dalam pengelolaan uang hingga investasi seperti reksa dana seperti yang disampaikan dan dijabarkan oleh pihak dari Bank BNI.

Salam I AM Community:

I AM Smart.

I AM Capable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *