I AM Community

Wajib Tahu! Manfaat Rahasia Berinvestasi yang Akan Mengubah Hidup

Sumber: Iconscout – Premium Concept of Investment

Halo, Youngvestors!

Kita pasti sudah tidak asing mendengar kata investasi. Ketika baru mendengar kata investasi mungkin bagi sebagian orang tidak benar-benar memahami apa itu berinvestasi, benefit yang diterima, harus belajar dari mana, dan masih banyak lagi. Saat sekolah, kita tidak diajarkan mengenai pengelolaan uang khususnya investasi. Padahal investasi sangatlah penting untuk kehidupan kita, apalagi jika masih muda.

Investasi merupakan aktivitas menyimpan atau menempatkan dana pada periode tertentu dengan harapan dapat menghasilkan keuntungan atau peningkatan nilai investasi.  Maka dari itu, munculah pernyataan bahwa investasi hanya bisa dilakukan oleh orang yang kaya. Padahal generasi muda seperti kita tetap mampu berinvestasi meskipun dengan modal yang minim bahkan mendapatkan manfaat yang banyak, loh!

Sumber: Depositphotos – Investment Vector Images

1. Meningkatkan Nilai Aset dan Kekayaan

Investasi bisa membuat kita kaya, namun tentu harus diiringi dengan ilmu pengetahuan tentang investasi tersebut. Investasi pasti akan membuat nilai aset kita bertambah jika kita mengerti cara bagaimana meningkatkan dan mengelolanya. Aset disini tidak hanya berupa fisik seperti properti yang megah, namun juga uang yang tersimpan pun bisa untuk bertambah nilainya. Ketika telah memiliki aset dan menerima imbal hasil, kita dapat menginvestasikannya kembali untuk menambah nilai tambah lagi agar terus menerus menjadikan kita kaya dengan berinvestasi.

Sumber: Deposit Photos – Financial Freedom Stock Vectors

2. Bebas Finansial

Tidak ada orang yang ingin bekerja dari pagi hingga malam setiap hari hingga tua. Maka dari itu, kita perlu untuk berinvestasi agar dapat membantu kita tidak bekerja secara terus menerus. Kita perlu membuat uang bekerja untuk kita, bukan kita yang bekerja untuk uang. Bebas secara finansial berarti kita dapat tetap bertahan hidup untuk memenuhi segala kebutuhan dengan kekayaan yang kita miliki tanpa bekerja keras. Tentu kita semua mendambakan bebas keuangan sedini mungkin, bukan?

Salah satu cara untuk dapat bebas finansial adalah dengan berinvestasi yaitu melipatgandakan aset yang dimiliki agar mendatangkan keuntungan berupa uang setiap waktu. Dari keuntungan uang tersebutlah yang dapat membuat kita semakin dekat dengan kebebasan secara finansial.

Sumber: Pinterest – Inflation Vector Illustration

3. Terhindar Dari Inflasi

Setiap tahun, inflasi pasti ada bahkan bertumbuh. Inflasi merupakan hal yang wajar di setiap negara, termasuk Indonesia meskipun dengan pertumbuhan persentase yang berbeda. Inflasi disini akan memengaruhi perekonomian, terutama dalam hal jual beli karena dapat menurunkan daya beli masyarakat. Inflasi yang sangat dirasakan adalah harga yang semakin hari semakin naik. Seperti dulu porsi 1x makan bisa didapatkan dengan harga Rp5.000 dan kini Rp.5000 hanya dapat membayar parkir motor di pusat perbelanjaan. Dengan berinvestasi, kita dapat menghindari hal tersebut karena kita akan menerima imbal hasil yang melebihi tingkat inflasi yang juga tergantung dari instrumen investasi dan tetap menghasilkan uang melalui investasi.

Sumber: Dreamstime.com – Freedom Women Stock Illustration

4. Memiliki Masa Depan yang Cerah

Usia muda merupakan aset terbesar. Keuntungan yang dihasilkan akan lebih besar investasi sejak dini dibanding telah memasuki usia senja. Di usia senja pun otomatis akan membuat pendapatan yang dihasilkan menurun karena fisik yang tidak lagi kuat seperti ketika muda. Maka dari itu, berinvestasi sejak dini merupakan keputusan yang tepat untuk dilakukan agar di usia senja kita tinggal menikmati hidup dengan hasil investasi tanpa bergantung hidup dari anak-anak kita di masa yang akan datang. Yuk kita berinvestasi sekarang demi menghasilkan masa depan yang cerah!

Youngvestors, investasi merupakan kebutuhan untuk mempersiapkan modal untuk kebutuhan kita di masa yang akan datang. Investasi juga dapat membuat kualitas hidup kita meningkat bahkan mencapai kebebasan finansial. Investasi dengan manajemen dan pengelolaan yang baik tentu akan memberikan manfaat yang besar. Sehingga tetap perlu untuk belajar dan investasi leher ke atas untuk melakukan investasi kepada aset kita. Yuk, investasi sekarang juga sebagai generasi melek finansial di usia muda!

Salam I AM Community,

I AM Smart.

I AM Capable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *