I AM Community

Bukan HOAX, Milenial Bisa Punya Properti!

Sumber: Freepik – House Images

Halo, Youngvestors!

Investasi properti, pasti kalian kenal dan sering dengar, bukan? Investasi properti bisa berupa membeli sebuah rumah, apartemen, ruko, kos-kosan, atau tanah. Mengingat bahwa permintaan akan properti selalu meningkat, harga properti akan semakin meningkat dan membuat investor semakin tertarik untuk berinvestasi dalam sektor properti.

Harga properti selalu naik mengakibatkan pandangan bahwa hanya orang kaya saja yang dapat membelinya. Tapi jangan salah menilai, generasi milenial seperti kita ini juga mampu loh untuk membeli properti! Gunakan beberapa tips di bawah ini untuk kalian yang ingin berinvestasi properti di usia muda, yuk!

1. Memilih Properti Sesuai Budget

Tadi Mintor telah singgung beberapa jenis properti yang umumnya dijadikan investasi oleh investor properti. Rumah, apartemen, ruko, kos-kosan, atau tanah memiliki karakteristiknya tersendiri dan tentunya harga yang berbeda-beda. Kita perlu mengetahui berapa budget yang bisa kita sisihkan untuk membeli properti tersebut yang nantinya kita sesuaikan dengan jenis properti yang tersedia. Jangan sampai kita terlanjur terpikat dengan properti yang kita suka, namun harus hilang harapan karena budget yang tidak tercukupi. Entah itu kita akan memutuskan menggunakan kredit bank, namun tetap harus mempertimbangkan segala aspek yang ada ya, Youngvestors!

2. Menyiapkan Down Payment

Sebelum membeli rumah, kita perlu untuk menyiapkan uang muka karena biasanya kita akan ditagih untuk membayar uang muka atau sebagai uang tanda jadi untuk booking rumah. Jika kita melakukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), kita harus melunasi uang muka rumah tersebut pada pengembang, loh! Jadi kalian dapat memperkirakan total budget yang telah berhasil dikumpulkan agar dapat memiliki rumah pertamamu. Usahakan untuk membayar uang muka dengan jumlah nominal yang besar agar cicilan akan terasa lebih ringan setiap bulannya. Kalian bisa untuk sisihkan uang tabungan untuk setidaknya mencapai target uang muka terlebih dahulu.

3. Jangan Lupakan Money Management

Setelah ada budget, kita perlu untuk melihat kesehatan keuangan kita. Jangan sampai kita menggunakan seluruh harta yang kita miliki untuk membeli sebuah properti yang mungkin bertujuan untuk investasi. Dana untuk investasi sebaiknya menggunakan uang dingin yang memiliki arti bahwa uang tersebut tidak akan kita gunakan dalam jangka panjang. Percuma saja jika kita berhasil membayar uang muka, namun tidak lagi memiliki harta kekayaan untuk membayar cicilan KPR dan kebutuhan hidup. Money management bisa kita lakukan dengan mengkategorikan antara tabungan, kebutuhan, dan keinginan dengan persentase atau langsung sebesar nominal yang disesuaikan dengan kehidupan kita. Sehingga akan membantu untuk kita mengatur uang yang masuk dan keluar dalam rekening kita.

4. Mencari Bank Untuk KPR yang Tepat

Bank memiliki kebijakan penetapan suku bunga yang berbeda-beda, ada yang menetapkan bunga yang besar namun dengan manfaat lain yang menggiurkan atau bunga yang kecil tanpa manfaat lainnya. Yang perlu kita lakukan adalah dengan membandingkan antar bank dan mencari tahu informasi yang detail dan lengkap. Hal ini harus dilakukan karena ini berkaitan dengan harta yang kita miliki. Bank juga memiliki peraturannya tersendiri, seperti jika kita terlambat beberapa bulan, rumah kita yang dikreditkan dapat ditarik kembali dan dapat menjadi barang lelang.

Itu dia 4 tips yang dapat Mintor bagikan untuk Youngvestors yang memiliki impian untuk berinvestasi properti sedini mungkin. Yuk kita bersama-sama berani bertindak untuk mewujudkannya demi masa depan yang gemilang agar saat di hari tua, kita dapat merasakan manfaat yang luar biasa.

Salam I AM Community,

I AM Smart.

I AM Capable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *