I AM Community

Wajib Tahu! 5 Strategi Cerdas Sebelum Membeli Properti

Sumber: Yoke – The Role of Strategic Creative in Property

Hai Youngvestors!

Generasi muda tentu mau mendapatkan properti pertamanya sejak dini. Bahkan ada beberapa orang yang telah memiliki kesempatan di umur kurang dari 25 tahun yang sudah berhasil menjadi investor properti. Jika Youngvestors juga mau memiliki dan berkarier di bidang  properti,  simak artikel ini hingga habis ya!

Membeli properti membutuhkan perhatian khusus dari pembeli. Jika dana sudah ada, lantas yang harus dilakukan selanjutnya adalah memilih dimana tempat yang ingin dijadikan tempat tinggal atau digunakan untuk hal lain. Ada beberapa 4 poin penting yang akan membantu Youngvestors dalam memilih properti yang tepat dan sesuai.

Sumber: National Association of Realtors – Cost Segregation Strategy

1. Memilih Pengembang yang Bagus

Pengembang dari suatu properti merupakan hal yang penting untuk diketahui. Dengan kita mengerti siapa pengembangnya, kita dapat mengetahui kinerja pengembang tersebut di bidang properti. Tentunya kita akan lebih memilih pengembang properti yang memiliki kinerja yang baik dan kredibilitas yang bagus, bukan?

Pengembang properti yang bagus dapat kita andalkan sebab mereka pasti tidak akan mau membuat proyek yang tidak maksimal pengerjaannya. Mereka akan membuat proyek dengan kualitas terbaik dan juga sumber daya manusia yang baik selama proyek berlangsung karena hasil proyek akan memengaruhi nama baik pengembang. Risiko kecil untuk melakukan kesalahan juga dapat dirasakan jika kita dapat memilih pengembang yang bagus.

Sumber: Hinge Marketing – Branded House or House Brands?

2. Lokasi Yang Strategis

 Ada yang mengatakan bahwa membeli suatu properti khususnya bangunan, akan juga membeli tanah yang berada di bawah bangunan tersebut. Maka dari itu, lokasi yang strategis adalah hal yang cukup penting karena permintaan akan lebih tinggi. Lokasi ini bisa di perkotaan karena pertumbuhan masyarakat di perkotaan cenderung meningkat dan lahan akan semakin berkurang.

Banyak kriteria yang dapat kita perhatikan dalam memilih lokasi yang strategis. Dekat dengan pusat keramaian dan fasilitas umum selalu menjadi hal utama yang diinginkan oleh setiap pembeli properti. Seperti dekat dengan pusat perbelanjaan, rumah sakit, lembaga pendidikan, hingga tempat ibadah tergantung dari keinginan dan kebutuhan dari pembeli.

Sumber: Knight Frank – Letting Property Dublin Ireland

3. Fasilitas yang Lengkap

Beberapa perumahan biasanya akan didukung oleh tempat olahraga beserta kolam renang khusus untuk penghuni perumahan. Taman, jogging track, hingga minimarket yang dekat dengan perumahan. Apartemen juga biasanya menyediakan fasilitas seperti perumahan tersebut, namun biasanya akan jauh lebih lengkap seperti menyediakan ruang rapat, tempat kesehatan, tempat makan, bahkan sekarang semakin marak apartemen yang menyatu dengan pusat perbelanjaan. Tentunya kita sesuaikan fasilitas-fasilitas tersebut dengan budget yang ada karena apartemen dengan fasilitas lengkap cenderung lebih mahal tetapi juga banyak dicari oleh pembeli.

Sumber: VectorStock – Hand With Money and Hand With House

4. Perhatikan Pergerakan Harga Properti

Harga properti memang akan selalu naik, bahkan sangat jarang harga properti turun dalam jangka panjang. Namun, ada juga properti yang harganya tidak naik atau bahkan turun karena banyak faktor. Jika kita ingin berinvestasi di bidang properti untuk jangka menengah hingga panjang, kita harus melihat apakah harga properti tersebut selalu naik atau tidak karena yang kita harapkan adalah capital gain dari selisih harga ketika membeli dan menjual. Perhatikan juga apakah pengembang selalu memberikan pengembangan baru terhadap properti yang dibuat,  bagaimana kualitas bangunan, dan fasilitas yang tersedia.

Sumber: Curbed – Zillow, Opendoor, and ‘iBuyers’ are changing real estate

5. Tidak Berinvestasi di Tempat yang Sama

Untuk Youngvestors yang ingin untuk investasi di lebih dari satu properti, jangan berinvestasi di tempat yang sama karena tidak ada yang mengetahui bagaimana prospek properti tersebut kedepannya. Hal ini merupakan antisipasi kita dengan meminimalisir risiko jika terjadi  berbagai kejadian yang tidak kita inginkan. Selalu ingat dengan perkataan yang sering kita dengar bahwa “Don’t put all your eggs in one basket” agar jika terjadi hal-hal yang tidak inginkan pada satu aset, tidak berimbas untuk aset kita yang lain.

Youngvestors, kita harus memperhatikan 5 poin penting diatas agar kita tidak salah dalam  melakukan investasi properti.  Manfaat yang kita terima tentu akan lebih banyak jika kita mencari properti dengan terlebih dahulu mempertimbangkan poin-poin di atas,apalagi perlu diingat bahwa yang dicari dari berinvestasi adalah capital gain dan passive income untuk jangka menengah hingga jangka panjang.

Nah, sekarang Mintor mau memberikan hadiah untuk Youngvestors yang masih setia membaca artikel ini. Program I AM Talent & Career merupakan hadiah untuk Youngvestors yang ingin berkarier di bidang properti dan juga ingin belajar self development. Kedua hal ini sangat penting terutama untuk anak muda yang baru mau berkarir di dunia kerja. Tentunya acara ini dikemas secara menarik dan akan bermanfaat banyak untuk kalian. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program I AM Talent & Career, kalian dapat cek di Instagram @i_amcommunity atau @i_amtalentindo. Kalian juga dapat melihat di website iamcommunity.co.id/iamtalent. Sampai bertemu di I AM Talent & Career, Youngvestors!

Salam I AM Community,
I AM Smart.
I AM Capable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *