I AM Community

Umur 20 Tahun Hari Gini Masih Males? Gak Banget!

Sumber: Freepik – Lazy Businessman Sleeping

Halo, Youngvestor!

Tak perlu bingung dan ribet lagi untuk kalian yang merasa malas dan gak produktif karena hari ini, kalian dapat mengetahui tips dari Mintor bagaimana cara mengatasi rasa malas, bahkan dengan 3 hal sederhana yang bisa kalian lakukan detik ini juga. Malas merupakan kondisi dimana seseorang menghindari sesuatu yang seharusnya mereka kerjakan dengan potensi dan energi yang dimiliki. Biasanya malas dikaitkan dengan 2 hal yang tentu kita juga sering rasakan yaitu sering menunda pekerjaan dan berdiam diri tanpa melakukan hal yang bermanfaat. Nah kalau Youngvestors sendiri antara 2 hal tadi, mana nih yang sering dilakukan? Ngaku deh! Hahaha..

Malas memang sudah menjadi hal yang biasa untuk setiap orang, Mintor pun kadang merasa malas. Namun, kita harus menyadari bahwa rasa malas yang secara terus menerus juga gak baik loh Youngvestors! Kita perlu berubah, detik ini juga. Jadi untuk kalian yang ingin menghilangkan rasa malas, yuk ikuti 3 tips dari Mintor ya!

Sumber: Freepik – Schedule Planning Concept

1. Buat Rencana Setiap Hari

Buat Youngvestors yang malas untuk melakukan hal apapun wajib buat rencana setiap harinya. Membuat rencana akan membuat kita lebih produktif dan terorganisir dalam melakukan aktivitas yang kita miliki. Dari kegiatan ini juga membuat kita mengetahui mana yang harus menjadi prioritas atau yang tidak. Jangan lupa untuk selalu memberikan tanda pada aktivitas mana yang telah berhasil kita lakukan setiap hari. Dengan kita memberi tanda satu per satu hingga seluruh rencana berhasil dilaksanakan, tentu akan membuat kita jauh lebih bersemangat karena berhasil untuk menuntaskan rencana tersebut. Nah, biasanya sebelum tidur, Mintor akan melihat keberhasilan apa saja yang hari ini Mintor lakukan dan menulis kegiatan apa saja untuk hari esok. Jadi ketika bangun pagi, kita dapat mengetahui apa saja yang dapat kita lakukan hari ini dan seterusnya.

Sumber: Freepik –  Free Deadline Vectors

2. Buat Target Waktu

Punya rencana tapi tidak ada target waktunya sama saja sia-sia. Setelah membuat rencana, kita dapat memprioritaskan aktivitas mana yang dapat kita lakukan terlebih dahulu. Langkah selanjutnya adalah membuat deadline dari masing-masing aktivitas tersebut. Hal ini bertujuan agar kita dapat lebih termotivasi untuk jauh lebih cepat mengerjakan seluruh aktivitas yang ada dibanding jika kita tidak memiliki deadline tersebut. Misalnya jika kita memiliki tugas yang harus dikumpulkan pukul 10 pagi, namun kita telah mengumpulkannya pukul 9 pagi, kita dapat memanfaatkan waktu 1 jam untuk beristirahat atau scrolling media sosial untuk melepas penat setelah mengerjakan tugas. Nah untuk mengatasi perilaku yang sering menunda-nunda pekerjaan, membuat target waktu ini akan sangat bermanfaat agar pekerjaan kita dapat selesai dengan cepat dan terorganisir. Tentu akan jauh lebih membuat kita bahagia jika seluruh aktivitas dapat kita selesaikan secepat mungkin, bukan?

Sumber:  Freepik – Free Focus Vectors

3. Fokus Untuk Mengerjakan

Tips terakhir yang gak kalah pentingnya dengan 2 poin di atas adalah fokus dengan aktivitas kita. Biasanya, ketika kita mengerjakan sesuatu akan ada pengganggu seperti notifikasi dari media sosial yang membuat kita tergugah untuk melihatnya. Apalagi kecenderungan kita akan melanjutkan obrolan dan akhirnya lupa sehingga meninggalkan aktivitas kita sebelumnya. Tak hanya media sosial, e-commerce terkadang sering muncul pada notifikasi smartphone kita. Mungkin mengingat dan menawarkan kita promo spesial, limited edition, periode gratis ongkir yang hampir selesai, atau agar kita dapat bermain games di e-commerce mereka. Harus Mintor akui bahwa tips ketiga adalah hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Namun hal itu dapat kita lakukan jika kita benar-benar ingin untuk mengatasi rasa malas tersebut. Jika kita terus menerus hilang rasa fokus dan membiarkan aktivitas kita tidak sesuai dengan yang direncanakan, kita akan terbiasa untuk malas lagi dan lagi.

Contoh sederhana:

To Do List – 20 April 2021

Kuliah mata kuliah ABC (Pk. 07.00)

Kuliah mata kuliah ABC (Pk. 15.00)

Ikut rapat divisi (Pk. 09.00)

Baca buku (Maks pk. 11.00)

Kumpulkan tugas Pak Andi (Maks pk. 12.00)

Kirim barang ke saudara (Maks pk. 14.00)

Revisi tugas magang (Maks pk. 19.00)

Nah, mudah banget kan buat mengatasi rasa malas kalian? Semuanya mudah jika kita berusaha untuk lebih rajin dan produktif. Coba lakukan 3 tips ini dan rasakan perubahannya! Semoga kalian suka dengan artikel ini dan semoga dapat bermanfaat juga ya.

Salam I AM Community,
I AM Smart.
I AM Capable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *