I AM Community

Tips Anti Gagal Bangun Bisnis Baru

Sumber: 123RF – Opportunity Stock Vector Illustration

Memulai bisnis bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Tentu akan ada manis pahit yang dirasakan bahkan ketika bisnis sudah besar sekalipun. Belajar dari pengalaman dan membuat strategi yang tepat merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap orang, termasuk pebisnis hebat. Namun untuk membuat dan melakukan sebuah strategi, seseorang harus melihat peluang dan kesempatan yang tersedia. Langsung saja kita bahas bagaimana melihat peluang tersebut yuk, Youngvestors!

Sumber: Iconscout – Opportunities Illustration

1. Mencari Permintaan Paling Tinggi

Seperti yang pernah kita pelajari di pelajaran ekonomi ketika masih sekolah, kita akan mengetahui bahwa perekonomian berkaitan dengan permintaan dan penawaran, bukan? Dalam bisnis, kita pun harus melihat apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan dari target konsumen saat ini. Jika kita menyediakan sesuai dengan permintaan saat ini, tentunya kita akan mendapatkan kesempatan untuk bisa mendapatkan konsumen dengan banyaknya permintaan untuk barang tersebut, Youngvestors!

Sumber: Telecoms.com – Search For Opportunities

2. Memilih Produk yang Berpotensi

Berbeda dengan permintaan, kini kita harus melihat produk/jasa apa yang dapat berpotensi untuk jangka panjang. Potensi sendiri merupakan suatu kemampuan, kekuatan, kapasitas yang belum tercapai untuk saat ini. Dengan kita melihat produk yang berpotensi di masa depan, kita dapat membuat atau mengembangkannya dari sekarang, sehingga di masa depan saat barang tersebut dibutuhkan, kita sudah dapat memproduksinya sesuai permintaan pasar. Tentunya barang yang kita jual akan mempunyai nilai tambahan dan bertahan cukup lama dibandingkan dengan barang yang hanya mengikuti trend dan hal-hal yang viral.

Sumber: Macrovector – Page 1 Opportunities Search and Download

3. Membuat Customer Database

Konsumen adalah Raja. Tidak dipungkiri bahwa jika tidak ada konsumen, suatu bisnis tidak akan berjalan, bukan? Maka dari itu, kita harus mengetahui seperti apa konsumen kita dilihat dari hal umum seperti umur, jenis kelamin, dan lokasi tempat tinggal. Dengan memiliki database, kita dapat menganalisis kunjungan konsumen ke website, barang apa yang disukai oleh konsumen dan hal lainnya. Kita juga dapat mengetahui data konsumen melalui sosial media seperti Instagram yang sudah memiliki algoritma tersendiri. Kita juga dapat memanfaatkan data ini untuk mengelola sosial media sehingga kita dapat mengetahui kapan kita dapat melakukan promo.

Sumber: 123RF.com – Omni Channel Concept Business

4. Mengoptimalkan Channel Bisnis

Semenjak pandemi, hampir seluruh bisnis mau tidak mau harus membuat bisnisnya beralih secara online. Oleh karena itu, kita harus benar-benar mengoptimalkannya dengan cara memberikan menu barang/jasa yang kita miliki secara lengkap sehingga konsumen tidak perlu bertanya-tanya lagi pada kita perlu untuk membuat daftar barang/jasa menjadi lebih informatif. Dalam hal promosi, kita dapat memberikan promo seperti gratis ongkos kirim, promo paketan (bundling) agar lebih menarik konsumen.

Artikel ini semoga dapat membuat Youngvestors kini sudah mempunyai gambaran mengenai apa saja yang harus dilakukan dalam berbisnis. Mintor berharap artikel ini dapat bermanfaat untuk Youngvestors semua ya! Selamat berjuang untuk memulai dan mempertahankan bisnis ya, semoga hal-hal baik saja yang terjadi. Youngvestors masih ingin tahu tantangan apa aja dalam memperluas bisnis? Tunggu artikel berikutnya yah!

Salam I AM Community,
I AM Smart.
I AM Capable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *