I AM Community

Rahasia Penting Mengubah yang Tidak Mungkin Menjadi Mungkin

Sumber: iStock – Role model Illustration

Halo, Youngvestors!

Kita tentu pernah bermimpi untuk menjadi seseorang yang sukses, profesional, atau kaya raya di usia muda. Kita juga tak asing dengan pepatah yang mengatakan, “Raihlah mimpimu setinggi mungkin”. Mintor setuju dengan hal tersebut. Namun, hanya bermimpi saja tidak akan cukup untuk kita menjadi sesuai yang kita inginkan dalam mimpi tersebut. Ketika seseorang menginginkan menjadi seorang penyiar yang hebat, maka yang harus dilakukan adalah mencari role model. Role model disini merupakan seseorang atau tokoh yang kita inginkan untuk menjadi seperti dirinya. Jadi, untuk mewujudkan menjadi penyiar hebat, yang perlu dilakukan adalah menjadi seperti role model tersebut.

Oh Su Hyang, dosen dan pakar komunikasi terkenal di Korea Selatan pembuat buku The Secret Habits to Master Your Art of Speaking berkata, “Bila ingin sukses, berbicaralah seperti orang sukses.” Hal ini relevan dengan apa yang Mintor katakan sebelumnya dimana saat kita menginginkan sesuatu, maka kita perlu melakukannya seperti role model yang kita dambakan.

Tak hanya itu, dalam bukunya Oh Su Hyang juga mengatakan,“Pilihlah satu orang yang sukses di bidangnya sebagai role model, dan berlatihlah berbicara layaknya orang sukses sambil mengingat orang tersebut. Baik saat makan, saat mengobrol dengan teman, maupun saat berbicara kepada diri sendiri. Dengan begitu, kalian akan pandai berbicara seperti orang sukses dan mewujudkan impian kalian.”

Hal ini tidak berlaku hanya untuk berbicara, komunikasi, public speaking atau presenter. Kita dapat melakukannya dalam segala hal, contohnya adalah Sarah menginginkan untuk menjadi model yang hebat, maka Sarah perlu menemukan role model yang dapat dia ingat sekaligus membayangkan. Biasanya, seseorang menginginkan untuk menjadi orang yang hebat dalam suatu ahli atau profesional karena melihat orang yang sudah sukses dalam bidang tersebut. Sehingga, kita tidak akan kesusahan untuk mencari role model tersebut.

Pentingnya untuk kita memiliki role model adalah kita mampu untuk mengerti tujuan hidup yang akan kita jalani kedepannya karena kita akan mengerti saya akan menjadi presenter hebat, model internasional, investor sukses dan masih banyak lagi. Kita juga dapat belajar melalui role model dengan memahami apa yang mereka lakukan untuk menggapai posisinya yang sekarang sudah ahli dalam suatu bidang. Dari sana kita dapat menirunya bahkan mengembangkan hal lain untuk lebih cepat seperti role model tersebut.

Secara tidak langsung, role model juga mengajari kita untuk dapat memahami dan mengenal diri sendiri. Hal ini disebabkan karena kita dapat mengerti apa yang menjadi kelebihan dan kelemahan diri yang akhirnya dapat kita sesuaikan dan kembangkan dengan passion. Pentingnya role model yang ketiga adalah kita mengerti standar hidup dan kesuksesan yang ingin kita capai. Sering kali seseorang tidak dapat mendefinisikan arti sukses dalam hidupnya karena dirinya memang tidak mengerti standar sukses bagi dirinya sendiri. Dengan bantuan kita memiliki role model, kita akan memiliki patokan dan mengukur telah seberapa sukses diri kita saat ini. Dengan kita memiliki role model, kita juga akan lebih jauh bekerja keras untuk mencapai mimpi besar yang kita miliki. Dengan begitu, kita akhirnya juga akan menyadari sebuah proses kehidupan yang kita jalani saat ini dari setiap langkah demi langkah untuk menggapai mimpi.

Temukanlah mimpi besarmu, temukan role model kalian, dan kerja keras. Dengan 3 hal kita akan mampu mengubah yang tidak mungkin menjadi sesuatu yang mungkin terjadi. Kita juga perlu percaya diri bahwa kita pasti dapat seperti role model tersebut. Jadi, mulai saat ini lakukan apa yang diri kalian bisa dengan membuat langkah-langkah kecil setiap harinya. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Salam I AM Community,
I AM Smart.
I AM Capable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *