I AM Community

Jangan Sampai Ketinggalan, Yuk Mengenal DP 0% yang Sedang Viral!

Sumber: Freepik – Saving For House

Halo Youngvestors!

Sudah mendengar berita bahwa ada kebijakan terbaru dari pemerintahan belom? Atau sudah tahu tapi masih belum mengerti secara detail tentang DP 0% yang lagi viral belakangan ini? Artikel ini akan membantu kalian untuk dapat lebih mengenal apa itu DP 0% hingga keuntungan yang akan kalian dapatkan dari kebijakan ini. Tanpa panjang lebar, yuk langsung aja kita membahas mengenai DP 0%.

DP merupakan singkatan dari Down Payment yang artinya uang muka. Ketika kita membeli rumah atau properti yang lain, biasanya kita akan diberikan pilihan dalam proses pembayaran yaitu bisa langsung lunas atau dengan cicilan per tahun sesuai dengan keinginan dan prosedur yang disediakan. Nah, biasanya ketika seseorang membeli dengan cara mencicil, mereka akan diberikan pilihan untuk berapa banyak pembayaran DP ketika ingin membayar rumah pertama kali. Namun, kini pemerintah menyediakan fasilitas untuk calon pembeli properti untuk dapat melakukan cicilan tanpa harus membayar uang muka. Sektor perbankan akan menanggung pembiayaan tersebut dan konsumen dapat memanfaatkan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah dan Apartemen (KPR / KPA).

Bank Indonesia mengeluarkan kebijakan pelonggaran ini pada Loan To Value (LTV) yang merupakan jumlah nilai barang yang dapat dicicil oleh masyarakat. Pada kasus ini, LTV untuk kredit properti sebesar 100% sehingga masyarakat bisa membeli rumah tanpa harus membayar uang muka. Jika LTV sebesar 80%, maka 80% dari total harga rumah dapat dicicil, dan 20% harus dibayar tunai di muka (uang muka). Jika LTV sebesar 100%, maka calon pembeli tidak perlu mengeluarkan uang muka atau DP.

Tujuan dari adanya kebijakan terbaru oleh pemerintah ini untuk meningkatkan perekenomian di Indonesia yang lesu akibat pandemi COVID-19. Pemerintah berharap bahwa kebijakan ini bisa mendorong pemulihan industri properti dan sektor perbankan. Kebijakan terbaru ini telah berlaku sejak 1 Maret 2021 hingga 31 Desember 2021. Cukup lama ya, Youngvestors!

Tentunya, kebijakan ini memiliki beberapa ketentuan dan persyaratan. Syarat untuk konsumen adalah harus Warga Negara Indonesia (WNI) dengan usia 21 tahun, memiliki penghasilan tetap, memiliki catatan kredit yang sehat, fotokopi tanda pengenal seperti KTP, KK, dan NPWP. Tak hanya itu, konsumen harus menyertakan slip gaji, surat keterangan kerja jika konsumen merupakan pegawai, akta pisah harta notaris, surat rekomendasi perusahaan, dan fotokopi surat nikah atau cerai untuk yang sudah menikah, fotokopi surat izin praktek jika bekerja profesional seperti dokter dan pengacara, serta fotokopi rekening koran.

Tidak hanya persyaratan dari konsumen, untuk mencegah kredit macet meningkat maka pemerintah juga memberikan persyaratan untuk bank yang menjadi tujuan dari pelaksanaan DP 0% untuk memberikan DP 0% untuk seluruh tipe dan konsumen, bank tujuan harus memiliki Non-Performing Loan (NPL) atau rasio kredit bermasalah kurang dari 5%. Sedangkan untuk bank yang memiliki rasio NPL lebih dari 5% hanya dapat memberikan DP 0% jika memenuhi persyaratan yaitu konsumen merupakan pembeli rumah pertama yang artinya konsumen belum pernah memiliki rumah sebelumnya dan hanya dikhususkan untuk hunian tipe 21 ke bawah baik itu untuk rumah, apartemen, dan ruko.

Youngvestors yang tertarik untuk mengajukan KPR di bank untuk memanfaatkan DP 0% tidak perlu ragu bagaimana prosedur untuk pendaftarannya. Hal ini disebabkan karena tidak ada perbedaan jika Youngvestors memilih memanfaatkan DP 0% maupun tidak seperti sebelum adanya kebijakan. Seluruh pengajuan KPR seperti pada umumnya, yang terpenting adalah Youngvestors melengkapi persyaratan untuk melakukan persetujuan pengajuan KPR.

Pemerintah juga tidak membatasi harga properti yang dibeli dalam memfasilitasi rumah ini, loh! Mau harga murah ataupun mahal, kita bisa untuk memanfaatkan DP 0% tersebut. Tipe rumah pun juga tidak dibatasi, mulai dari tipe yang lebih kecil dari 21 m hingga tipe yang lebih besar dari 70 m.

Untuk kalian yang mau menjadi investor properti, ini merupakan kesempatan untuk investasi tanpa modal di muka. Bahkan untuk orang biasa pun juga bisa merasakan manfaatnya yaitu bisa membeli rumah sekarang juga tanpa perlu membayar uang muka. Namun, ada juga kekurangan dari kebijakan ini yaitu karena tanpa uang muka, cicilan bulanan menjadi lebih besar. Akibat dari cicilan bulanan yang besar, maka penghasilan kita juga harus lebih besar. Sesuai dengan penjelasan mengenai syarat dari bank yang dapat melakukan kebijakan ini, akhirnya juga menjadi kekurangan dari kebijakan ini sebab tidak semua bank dapat memenuhi persyaratan tersebut.

Nah, Youngvestors pasti sudah sangat paham dengan DP 0% yang lagi viral ini, bukan? Dari penjelasan mengenai apa itu uang muka sebesar 0%, persyaratan dari pihak konsumen dan bank, kelebihan, dan kekurangan dari kebijakan tersebut. Kita juga masih melihat bagaimana hasil dari kebijakan ini, apakah efektif untuk dilakukan atau tidak. Namun kita perlu percaya bahwa seluruh kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah termasuk DP 0% ini untuk meningkatkan perekonomian kita bersama, bukan untuk kepentingan pribadi atau negara saja. Pemerintah tentu juga ingin untuk setiap masyarakatnya memiliki hunian pertama yang akan meningkatkan perekonomian Indonesia.

Salam I AM Community,

I AM Smart.

I AM Capable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *