I AM Community

Jangan Malas Mengurus IMB Jika Tidak Ingin Ketinggalan 5 Keuntungan yang Menggiurkan Ini!

Sumber: Freepik – House Images

Halo Youngvestors!

Masih berkaitan dengan properti, kini Mintor akan bagikan informasi yang gak kalah bergunanya ketika kalian berinvestasi properti. Dokumen yang gak kalah penting dari kepemilikan rumah seperti Sertifikat Hak Milik (SHM) atau Sertifikat Hak Guna Bangun (SHGB) adalah IMB. IMB merupakan singkatan dari Izin Mendirikan Bangunan yang memiliki pengertian yaitu landasan yang sah untuk mendirikan bangunan.

Banyak masyarakat masih belum peduli mengenai dokumen perizinan khususnya IMB karena malas untuk mengurus prosedur yang sedikit rumit. Namun kita perlu tahu nih dibalik kerumitan dalam membuat IMB, tersedia banyak keuntungan jika rumah atau properti lainmu memiliki IMB. Yuk kita lihat keuntungan apa saja yang dapat kita dapatkan!

Sumber: Freepik – Law and Legal Illustration

1. Memiliki Perlindungan Hukum

IMB memiliki dasar hukum pada Undang-Undang No. 28 Tahun 2002 pasal 7 dan 8 mengenai Bangunan Gedung. Tak hanya dalam undang-undang sebelumnya, namun IMB juga diatur dalam Undang-Undang No. 26 Tahun 2007 mengenai Penataan Ruang yang membahas aturan tentang mendirikan bangunan. Karena telah memiliki dasar hukum, maka IMB dapat dipertanggungjawabkan di mata hukum, loh!

Seperti yang Mintor telah katakan, IMB telah diatur di undang-undang. Hal ini dikarenakan keberadaan IMB bertujuan untuk menciptakan tata letak sebuah bangunan agar lebih teratur, nyaman, dan sesuai dengan peruntukan tanah aman dan sesuai dengan peruntukan lahan. Dari singkatannya yaitu izin mendirikan bangunan, jika kita ingin mendirikan bangunan maka kita tidak akan merugikan orang lain karena kita mendirikan bangunan secara sah dimata hukum. Kita juga tidak mengganggu kepentingan orang lain dengan adanya kepemilikan IMB.

Sumber: Freepik – Free Property Vectors

2. Harga Jual Rumah Bisa Meningkat

Tak hanya dasar hukum, IMB juga dapat berpengaruh pada harga jual di masa yang akan datang. IMB bisa membuat harga properti naik ketika kita ingin menjualnya. Bukan karena sebelumnya pemilik telah bebas merenovasi bangunan, namun karena pemilik rumah yang baru akan bebas untuk membangun atau merenovasi rumah. Singkatnya, dari sisi penjual, kita akan bebas membangun apapun dan mendapatkan harga rumah yang lebih tinggi. Sedangkan dari sisi pembeli, kita akan bebas juga dalam membangun dan merenovasi rumah tersebut.

Sumber: Freepik – People Buying Property With Bank Credit

3. Dijadikan Jaminan Bank

Saat kita ingin meminjam uang atau kredit di bank, biasanya kita akan menjaminkan sesuatu misalnya sertifikat rumah. Bank akan menyetujui jaminan rumah tersebut jika dokumen rumah lengkap dimana salah satunya harus terdapat IMB. Dokumen ini harus ada jika kita ingin menjaminkan rumah ke bank. Hal ini disebabkan karena bank akan menilai bangunan yang akan menjadi jaminan utang dibangun sesuai dengan aturan yang ada.

Sumber: Freepik – Contract Property Illustration

4. Mudah Dalam Proses Jual-Beli dan Sewa-Menyewa

Jika kita membeli rumah, apalagi yang lagi tren yaitu beli properti tanpa uang muka, kita perlu untuk melihat seluruh dokumen yang akan kita dapatkan. IMB akan memudahkan kita kedepannya untuk membeli atau menjual rumah. Bahkan jika kita ingin menginvestasikan properti tersebut dengan cara menyewa, kita tetap perlu memiliki dokumen ini. Pemilik rumah yang tidak memiliki IMB, bisa terkena denda sebesar 10% dari nilai bangunan. Bahkan karena tidak memiliki izin mendirikan sebuah bangunan, bangunan yang kita miliki dapat dirobohkan oleh pemerintah setempat.

Sumber: Freepik – Certified in Property Illustration

5. Syarat Wajib SHGB menjadi SHM

SHGB hanya memiliki jangka waktu selama 30 tahun dan jika diperpanjang paling lama hingga 20 tahun tambahan. Hal ini yang terkadang membuat pemilik terbatas dalam memiliki properti sehingga cara yang dapat dilakukan adalah mengubah SHGB menjadi SHM agar tidak ada batasan jangka waktu kepemilikan. Tak hanya itu, jika dilihat dari status hukumnya saja, SHM lebih kuat dibandingkan SHGB dimana banyak orang akhirnya memutuskan untuk mengubah legalitas tanah dan bangunannya tersebut. Untuk mengubah SHGB menjadi SHM, kita tidak perlu menunggu waktu yang lama bahkan biaya yang mahal. Yang terpenting adalah kita perlu menyiapkan dokumen yang lengkap termasuk IMB.

Nah, sudah ada 5 keuntungan yang menggiurkan untuk bangunan yang telah memiliki IMB ya, Youngvestors! Semoga dengan informasi ini, kalian tidak merasa ragu lagi dengan pentingnya IMB untuk dimiliki ketika membeli suatu properti.

Salam I AM Community,

I AM Smart.

I AM Capable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *