I AM Community

5 Kebiasaan yang Akan Menghancurkan Masa Depan

Sumber: FreeDesignFile – Self-help Travel Plan

Halo,  Youngvestors!

Bukan pendidikan atau kekayaan yang dapat membuat orang berhasil untuk meraih kesuksesan. Tanpa disadari, justru sering kita menemukan sosok yang hebat tidak menempuh pendidikan tinggi dan tidak dilahirkan dari keluarga yang kaya raya, loh! Namun bukan berarti kita tidak memerlukan sekolah ya.. Karena yang diperlukan untuk membuat sukses adalah sebuah semangat dan kerja keras dalam menjalani seluruh proses yang terjadi.

Penentu apa yang terjadi di hidup kita sekarang adalah kebiasaan dan keputusan kita di masa lampau. Begitu juga hidup di masa yang akan datang seperti 10 tahun lagi ditentukan oleh kebiasaan kita saat ini. Tentu semua orang termasuk kita ingin berhasil di masa yang akan datang, maka dari itu yang harus kita lakukan sekarang adalah memiliki kebiasaan orang sukses. Lalu, untuk tidak menjadi orang yang gagal, kebiasaan apa saja yang dapat kita hilangkan saat ini? Yuk langsung simak 5 poin dibawah.

Sumber: Freepik – Problem Solving

1. Mengkritik Tanpa Memberi Solusi

Di kehidupan sehari-hari, kita akan sering melakukan banyak kesalahan apalagi pada usia muda seperti saat ini. Bahkan tak jarang kita juga mendapati teman atau rekan kerja yang menyelesaikan tugasnya tidak sesuai dengan yang seharusnya. Orang yang tidak akan sukses akan selalu melihat kesalahan dan kegagalan. Ada pepatah mengatakan “Yang penting bukan yang terjadi dalam hidup seseorang, tapi makna yang diambil dari apa yang terjadi”. Hal tersebut mengajarkan kita untuk dapat melihat bahwa kesalahan dan kegagalan dapat kita ambil maknanya agar kita bisa untuk melakukannya lebih baik lagi daripada sebelumnya.

Sumber: Freepik – Business Man is Thinking The Idea

2. Menyalahkan Orang Lain Saat Gagal

Orang yang tidak pernah sukses akan selalu menuduh orang lain untuk menampakan diri agar selalu benar di hadapan orang lain. Baginya hal paling mudah adalah dengan menyalahkan orang lain. Padahal, kesuksesan hadir melalui keberanian untuk menghadapi kegagalan. Tentunya kesuksesan dapat tercapai untuk orang yang jujur pada dirinya sendiri. Yang harus kita lakukan adalah temukan dan akui kesalahan tersebut lalu mencari upaya untuk memperbaiki keadaan yang ada. Hal ini dapat diawali dengan memiliki kesadaran akan perbuatan yang salah.

Sumber: AdTrueBlog – Human Resources and Self Development

3. Keras Kepala

Keberhasilan seseorang ditentukan melalui kemauannya untuk terus belajar. Namun orang yang tidak pernah sukses akan merasa bahwa dirinya paling sempurna di antara yang lain. “Merasa paling..” adalah ciri khasnya. Namun tidak bagi orang sukses, mereka akan selalu membuka diri untuk menerima pengalaman dan pembelajaran yang baru. Mereka akan juga mengosongkan gelasnya untuk mendapatkan insight baru ketika berhadapan dengan orang lain. Mengosongkan gelas disini memberikan ilustrasi yaitu meskipun kita telah pintar atau sudah menguasai sesuatu, kita tetap akan berpikiran untuk terus belajar dan mengembangkan diri, alias tidak sok tahu. Sehingga hal inilah yang membuat seseorang terus dapat belajar dari mana saja.

Sumber: VectorStock – Self Development

4. Cepat Puas & Malas Berubah

Orang yang tidak akan pernah sukses akan merasa bahwa dirinya paling wow seperti yang ada di poin 3. Kebiasaan untuk sukses sedikit lalu membanggakan diri dan merasa sangat berhasil adalah tindakan dari orang yang sulit untuk sukses. Justru pada kenyataannya, orang yang berhasil tidak akan pernah cepat puas akan keberhasilan mereka. Tidak peduli berapa banyak keberhasilan yang telah dicapai, orang sukses akan lebih berpikiran bahwa segala sesuatunya masih dapat dikembangkan lebih baik lagi. Hal inilah yang akhirnya membuat mereka lebih fleksibel dan adaptif di segala situasi yang ada.

Sumber: iStock – Self Improvement Illustrations

5. Suka Menunda Pekerjaan

Jika Youngvestors masih sering melakukan menunda-nunda pekerjaan, berhentilah jika ingin menjadi orang sukses. Jika ada tugas dan tanggung jawab yang masih harus diselesaikan, lakukan sekarang untuk lebih belajar menghargai waktu. Orang yang tidak akan pernah sukses akan cenderung lebih senang untuk melakukan apa yang dia inginkan, seperti lebih memilih nonton drama korea dan scrolling Instagram berjam-jam padahal masih ada tugas yang harus mereka kerjakan. Sedangkan orang sukses memahami bahwa waktu harus dimanfaatkan sebaik mungkin karena tidak akan pernah kembali.

Youngvestors, jauhkan kebiasaan-kebiasaan buruk agar kehidupan kita dapat menjadi lebih positif dalam meraih keberhasilan. Jika ingin sukses, lakukanlah kebiasaan orang sukses dan membuang kebiasaan buruk saat ini. Kebiasaan dapat kita ubah jika kita ingin berusaha berubah dan secara konsisten dalam melakukannya untuk mendapatkan kebiasaan yang baik.

Jika Youngvestors masih ingin belajar mengenai pengembangan diri, program I AM Talent & Career dapat menjadi pilihan yang tepat untuk kalian. Selain belajar mengenai pengembangan diri, Youngvestors akan diajak untuk dapat berkarier di industri properti yang tentu sangat menjanjikan di masa yang akan datang. Informasi lebih lanjut bisa kalian lihat di iamcommunity.coid/iamtalent atau Instagram @i_amcommunity dan @i_amtalentindo. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk kalian, tetap semangat, dan sampai jumpa!

Salam I AM Community,
I AM Smart.
I AM Capable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *