I AM Community

Royale Class 2B: Introduction to Basic Property Knowledge 1

Oleh: Zakiah Umairoh Machfir

Pada zaman sekarang industri properti sedang dikatakan sedang ‘naik daun’, berkat adanya pandemi karena setiap orang ingin menginvestasikan kekayaannya pada suatu hal yang memiliki untung besar. Hal tersebut akhirnya menjadikan salah satu alasan mengapa saat ini banyak masyarakat yang akhirnya mencoba hal-hal baru, seperti terjun ke dunia properti. Namun, untuk menjadi seorang developer (pengembang dalam sebuah instasi properti) harus memiliki banyak strategi yang harus dipahami dan dipelajari untuk mengetahui cara dalam mengelola usahanya dalam bidang properti tersebut. Lalu, pada Sabtu 27 Maret 2021 lalu, I AM Community melakukan pembelajaran eksklusif yang dikemas dalam acara yang telah berlangsung sejak 20 Maret lalu, yaitu I AM Talent & Career.

Pada saat itu, telah terdapat jadwal yakni Royale Class 2B yang diisi oleh narasumber ahli yang inspiratif dan juga edukatif, yaitu Mr. Priyatno. Beliau mewakili perusahaan properti yang tentunya telah berpengalaman, yakni REI (Real Estate Indonesia). Merujuk pada pembahasan di atas mengenai industri properti, tema materi yang dijelaskan pun terkait hal tersebut: “Introduction to Basic Property Knowledge 1”.  Tujuannya ialah menyadarkan dan membangkitkan pemahaman bagi para peserta yang sebagian besar memiliki ketertarikan dalam industri properti.

Foto oleh Zakiah Umairoh Machfir (27/03/202)

Kelas dimulai pukul 13.00 WIB yang dihadiri oleh 20 orang peserta. Mereka menyimak materi dari Mr. Priyatno dengan kondusif dan juga interaktif. Terjadinya interaksi antara lecturer dan peserta, menjadikan kondisi kelas semakin terasa santai dan juga mudah dipahami. Materi yang dikemas secara singkat, tetapi sangat jelas dan terperinci karena dijelaskan oleh sosok yang luar biasa dan telah memiliki pengalaman yang besar terhadap industri properti sendiri.

Beranjak dari hal tersebut, lecturer menjelaskan bahwa sebelum seseorang ingin terjun ke dalam industri properti, mereka wajib mengetahui dasar-dasarnya karena hal tersebut tidak dilakukan secara instan. Ketika ingin mendapat hasil yang besar, usaha yang dilakukan pun juga harus besar, yang dapat dijadikan gambaran singkat mengenai suksesnya suatu industri properti. Pengertian properti secara dasar pada awalnya dari kata real estate (tanah dan bangunan yang melekat) yang digabung dengan kata property (harta kekayaan, hak-hak kepemilikan). Pada akhirnya digabung menjadi real estate property yang artinya tanah dan bangunan serta hak-hak yang menyangkut kepemilikan. Jika para masyarakat ingin memulai terjun ke dunia properti, haruslah mencari banyak mengetahui sumber-sumber dan juga strategi dalam memiliki sebuah properti agar mendapat keuntungan yang diharapkan karena menjadi seorang developer pun ada banyak tingkatan dan golongannya, yang harus dipahami kemanakah seseorang tersebut ingin menekuninya.

Foto oleh Wiranti Harahap (27/03/2021)

Selain itu, lecturer turut menjelaskan bahwa dalam proses kepemilikan industri memiliki bermacam-macam indikator, mulai dari rumah sepetak hingga bangunan-bangunan besar, seperti gedung semacamnya. Hal tersebut meyakinkan dan memberikan para peserta bahwa untuk menjadi seorang developer tentulah banyak hal yang harus dilewati. Namun, hal tersebut tidak mematahakan semangat para peserta. Terlihat dari kelas yang berlangsung selama 80 menit, tepatnya berakhir pada pukul 14.27 WIB ternyata tidak terlaksana sesuai rundown. Nyatanya, pada pukul 14.45 WIB materi baru selesai dijelaskan oleh Lecturer, hal tersebut menunjukkan betapa rincinya beliau menjelaskan agar peserta paham mulai dari 0 dan keaktifan peserta dalam merespons lecturer. Setelah pemaparan materi selesai, dilanjut sesi Q&A oleh lecturer mengenai materi sebelumnya, dan setelah itu barulah sampai pada akhir acara, yakni penutupan. Sebelum penutupan ada sesi foto bersama antara lecturer dan juga seluruh peserta yang dibantu oleh host.

Foto oleh Alif (27/3/2021)

Tepat pada pukul 15.00 WIB, Royale Class 2B pun selesai selama kurang lebih dua jam, tidak terasa dan sangat memberikan insights yang luar biasa. Semoga melalui kegiatan ini, para peserta dapat menjadi seorang pengembang dalam suatu industri properti yang hebat dan sukses.

Salam I AM Community,

I AM Smart,

I AM Capable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *