I AM Community

ROYALE CLASS 2A

Penulis: Risda Wulan Nur Octafiani

Royale Class 2A merupakan program lanjutan dari Royale Class 1, yang dilaksanakan satu minggu setelahnya, tepatnya pada Sabtu, 27 Maret 2021, pukul 10.00 WIB. Dengan mengangkat materi mengenai “Understanding Grooming & Attitude”, yang tentunya materi tersebut akan dibutuhkan untuk mempersiapkan karier para Royale Member di masa depan. Melihat pada saat ini, dibutuhkannya penampilan yang menarik untuk memberikan kesan yang positif bagi orang lain. Oleh karena itu, penampilan diri dan tata krama sangat perlu diperhatikan. Persaingan dalam dunia kerja yang semakin ketat dari tahun ke tahun membuat setiap orang harus mempersiapkan dirinya sebaik mungkin dalam menghadapi dunia kerja. Setiap karyawan atau calon karyawan tidak hanya dituntut untuk memiliki knowledge dan skill yang mumpuni, tetapi juga harus memiliki grooming & attitude yang baik.

Acara yang berlangsung selama ±2 jam tersebut, dibawakan oleh lecturer yang sudah memiliki pengalaman dalam hal grooming & attitude, Ms Ghita Utoyo. Beliau merupakan Professional Coach, Trainer, Guest Speaker for Interactive Learning and People Development Strategy dari Ghita Utoyo & Associates.

Sesi dibuka dengan pemutaran voice over I AM Talent & Career dan dilanjutkan penayangan video profile dari Ghita Utoyo & Associates. Selanjutnya, Vionia, selaku moderator Royale Class 2A, menyapa lecturer sekaligus menyambut teman-teman Royale Member yang lain, serta memastikan seluruh peserta sudah lengkap dan siap mengikuti sesi.

Pembukaan oleh Royale Member Vionia selaku moderator pada Royale Class 2A. (Foto oleh: Risda Wulan)
Penayangan video profile Ghita Utoyo & Associates. (Foto oleh: Risda Wulan)

Ms Ghita memulai sesi materi dengan menanyakan sebuah pertanyaan kepada salah satu Royale Member terkait perbedaan soft skill dan technical skill. “Kalo menurut saya, soft skill lebih ke yang ngga berbau teknis, misalnya komunikasi, speaking, lebih ke pembawaan dirinya gitu. Terus kalo technical skill lebih ke sesuatu yang bisa diasah sama alat, misalnya kita mengoperasikan sesuatu seperti tools design,” jawab Ari.

Soft skill itu sesuatu yang sifatnya life skill, sifatnya interaksi, itu dimiliki oleh pikiran dan hati kita, hal-hal yang sifatnya berada di luar teknis,” ujar Ms Ghita menyempurnakan jawaban Ari. “Kalo technical skill, hal-hal yang sifatnya teknikal, bisa dengan alat bisa juga tidak.” tambahnya.

Sesi interaktif antara Lecturer dengan salah satu Royale Member. (Foto oleh: Risda Wulan)

Usai membahas tentang grooming, Ms Ghita melanjutkan topik bahasan mengenai attitude. Beliau menjelaskan mulai dari pengertian, faktor-faktor yang memengaruhi, cara membentuk attitude yang baik, hingga penayangan video tips aturan dasar dalam membangun grooming yang baik.

Penayangan video aturan dasar dalam membangun grooming yang baik. (Foto oleh: Risda Wulan)
Sesi materi mengenai Grooming oleh Ms Ghita Utoyo. (Foto oleh: Risda Wulan)

Usai lecturer menyampaikan seluruh materi, tiba saatnya pada sesi Q&A seputar materi yang telah disampaikan, sesi ini dipandu oleh moderator. Pada sesi ini, para Royale Member diberikan kesempatan tambahan untuk berinteraksi dan bertanya langsung kepada lecturer, agar mereka semakin memahami materi yang telah disampaikan. Tak lupa Ms Ghita Utoyo juga memberikan homework sebagai bentuk praktik langsung dari materi yang telah beliau berikan.

QnA session antara Lecturer dengan Royale Member. (Foto oleh: Risda Wulan)
Pemaparan homework oleh Ms Ghita Utoyo, selaku Lecturer Royale Class 2A. (Foto oleh: Risda Wulan)

Royale Class 2A berjalan dengan lancer, hal tersebut ditunjukkan dari banyaknya peserta yang aktif dan antusias pada saat sesi materi berlangsung hingga sesi Q&A.

Foto bersama antara Lecturer dan Royale Member. (Foto oleh: Sahana)

Acara yang berakhir pukul 12.00 WIB ditutup oleh moderator dan seperti kelas sebelumnya, terdapat foto bersama sebelum mengakhiri kelas.

Salam I AM Community,

I AM Smart.

I AM Capable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *