I AM Community

Opening Test I AM Talent Career Batch 1 in Collaboration with Crack Indonesia

Penulis: Risda Wulan Nur Octafiani & Zakiah Umairoh Machfir

           Program I AM Talent & Career Batch 1 oleh PT. Anak Muda Berkarya telah berlangsung sejak 15 Maret 2021 yang dimulai dengan adanya acara opening test, yakni interview, Focus Group Discussion (FGD), serta psikotes. Acara yang dilakukan pertama kali ini diartikan sebagai acara pembuka, untuk dapat mengetahui performa dari setiap peserta agar dapat ditempatkan sesuai porsinya. Ditambah lagi, opening test ini bertujuan untuk mencari peserta Royale Class yang terdiri dari peserta terpilih atau dengan kata lain berpotensi. Pada acara ini, tim manajemen internal berkolaborasi dengan tim Crack Indonesia yang sudah ahli dalam bidang wawancara. Hal tersebut pun memberikan suasana ramai dan menyenangkan dengan dihadiri oleh 21 peserta calon Royale Member sehingga suasana menjadi interaktif dan mengesankan.

           Tepat pukul 09.00 WIB acara pun dimulai dengan pembukaan hangat dari moderator, Mr. Micolla Waskita, dari tim internal PT. Anak Muda Berkarya.Selanjutnya, sambutan dari Monica Tanata selaku Founder & CEO PT. Anak Muda Berkarya, I AM Community melalui voice over. Selanjutnya juga dilakukan pemutaran voice over mengenai program I AM Talent & Career dan penjelasan mengenai I AM Community.

Mr. Micolla Waskita selaku moderator, membuka acara opening test. (Foto oleh: Risda Wulan)

           Setelah menyapa hangat para peserta dan pemutaran voice over, moderator mempersilahkan pihak Crack Indonesia untuk memberikan sambutan kepada calon Royale Member. “Terima kasih sudah diberikan kesempatan dengan Crack Indonesia untuk bekerja sama dengan I AM Community, semoga bermanfaat dan sukses untuk semuanya, dan juga semoga program di batch 1 ini, dari awal acara sampai akhir acara berjalan dengan lancar,” sambutan dari salah satu tim Crack Indonesia.

Sambutan dari salah satu tim Crack Indonesia pada acara opening test. (Foto oleh: Risda Wulan)

           Setelah itu, moderator membacakan rules and regulations agar proses interview dan FGD berjalan dengan lancar selama acara berlangsung. Selanjutnya, moderator membacakan pembagian nama room untukpeserta interview yang akan dibagi menjadi dua gelombang nantinya. Peserta yang belum mendapatkan giliran, akan menunggu di main room sampai moderator memberikan arahan.

           Sesi interview berlangsung selama kurang lebih 30 menit dan terasa menegangkan bagi para peserta. Ketika selesai, moderator membacakan kembali mengenai rules and regulations, serta pembagian kelompok untukFGD. Setiap room memiliki tema FGD yang berbeda, seperti tanggung jawab dan kepemimpinan, attitude & profesionalitas, serta manajemen waktu dan ketahanan kerja.

Proses FGD pada room 1, bersama dengan dua observer dan empat peserta. (Foto oleh: Risda Wulan)
Proses FGD pada room 2 dengan topik attitude & profesionalitas. (Foto oleh: Risda Wulan)

           Proses FGD bertujuan untuk dapat memperoleh masukan atau informasi mengenai suatu permasalahan yang diutarakan oleh setiap peserta. Selain itu, bagaimana cara penyelesaian setiap masalah dari sudut pandang yang berbeda. Kegiatan berlangsung selama 45 menit dan dilanjutkan dengan psikotes, yakni acara terakhir pada proses opening test saat itu.

Peserta sedang mengerjakan test psikotes dengan tenang. (Foto oleh: Risda Wulan)

           Tidak terasa selama 45 menit pun telah dilewati, seluruh usaha dan kerja keras baik dari panitia maupun peserta telah diberikan dalam proses opening test I AM Talent & Career. Usai kegiatan FGD, moderator mengarahkan peserta untuk mengikuti proses tes ketahanan kerja dan diarahkan untuk menyiapkannya beberapa dokumen terlebih dahulu.

Sesi foto bersama (Foto: Risda Wulan)

           Setelah tes tersebut berlangsung hingga selesai barulah sampai pada akhir acara, yakni penutupan. Kegiatan yang kurang lebih berlangsung selama 2-3 jam tersebut memberikan kesan yang sangat berbeda. Mulai dari pembukaan hingga akhir acara, suasana tidak tegang, walaupun tes tersebut adalah untuk dapat memulai karier pada program I AM Talent & Career. Namun, dengan segala usaha dan kerja keras panita, hal tersebut pun dapat diatasi dan diminimalisasikan. Pada akhir acara, moderator mengingatkan para peserta mengenai acara utama selanjutnya, yakni Welcoming Week yang diadakan pada 20 Maret 2021. Adapula sesi foto bersama sebelum menutup acara, yang menunjukkan bukti keberhasilan acara opening test yang telah berlangsung atas hasil kerja keras panita dan semangat yang tinggi dari para peserta.

Salam I AM Community,

I AM Smart.

I AM Capable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *