I AM Community

EXCLUSIVE I AM TALK

Penulis: Risda Wulan Nur Octafiani

           Pada kesempatan kali ini, I AM Community berhasil mengadakan acara Exclusive I AM Talk yang merupakan tempat berbagi ilmu dan diskusi interaktif, mengenai peluang dalam membangun karier khususnya di bidang industri properti. Exclusive I AM Talk juga merupakan rangkaian acara terakhir untuk menutup program I AM Volunteer Promoter Batch 1 yang telah berlangsung selama satu bulan. I AM Talk kali ini mengusung tema, “Strategies to Build Your Career in the Property Industry” yang membahas mengenai strategi untuk membangun karier dan menciptakan peluang baru dalam industri properti. Situasi ini menuntut masyarakat membangun personal branding yang baik, hal ini berkaitan dengan semakin ketatnya persaingan dalam dunia kerja. Melalui talkshow ini diharapkan dapat membantu generasi milenial dalam membangun strategi untuk berkarier, di dunia kerja khususnya di industri properti.

           Exclusive I AM Talk digelar selama dua hari pada 6 dan 7 Maret 2021 melalui platform Zoomdan YouTube live streaming I AM Community,dengan mengundang narasumber ahli pada bidangnya yang tentunya sangat menginspirasi, yaitu Fikri Mubarok, selaku Country Head of Property and Construction Humana Internasional Indonesia dan juga Monica Elvira Tanata, Founder & CEO dari PT. Anak Muda Berkarya. I AM Community juga bekerja sama dengan Pusat Karier UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk acara pada tanggal 7 dan juga bekerja sama dengan berbagai media serta community partner lainnya. Acara ini dimulai pukul 19.00 WIB yang dihadiri lebih dari 300 peserta dari seluruh Indonesia.

Poster Exclusive I AM Talk (6-7 Maret 2021) (Foto: I AM Community)

           Acara dibuka oleh Vienna Agatha, selaku moderator yang memandu jalannya acara. Ada pula kesan dan pesan Brand Ambassador yang diwakili oleh Zahra Raniyah, Dinda Renatha, dan Erol Selvio Letwar. “Bergabung bersama I AM Community sebagai Brand Ambassador, tentunya merupakan suatu hal yang patut saya banggakan.” ujar Erol. “Banyak juga perubahan dari dalam diri saya, seperti saya menjadi lebih percaya diri, lebih aware terhadap personal branding yang saya bangun,” lanjut Zahra.

Pembukaan oleh Vienna Agatha, selaku moderator Exclusive I AM Talk. (Foto oleh: Risda Wulan)
Kesan dan Pesan Brand Ambassador oleh Erol Selvio Letwar, Dinda Renatha, dan Zahra Raniyah (Foto: Risda)

           Dilanjutkan dengan sambutan oleh Ibu Salamah Agung, Ph.D, selaku kepala pusat karier UIN Syarif Hidayatullah Jakarta selaku partner collaboration dari I AM Community pada acara Exclusive I AM Talk.

Sambutan dari Ibu Salamah Agung, Ph.D, selaku kepala pusat karier UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Foto: Risda Wulan)

           “Kami sangat berharap, acara ini bisa memberikan wawasan kepada teman-teman, barangkali setelah mengikuti acara ini, saya yakin banyak wawasan yang bisa dibawa, bisa terbuka pandangannya, dan mudah-mudahan ini menjadi salah satu jalan karier teman-teman semua. Karna ini menjadi kesempatan yang tidak datang dua kali, semoga nanti kita bisa mengadakan kegiatan yang lebih keren lagi dengan I AM Community.” ujar Ibu Salamah.

           Ibu Salamah juga menuturkan kepada para partisipan untuk turut aktif dan mengikuti kegiatan dengan maksimal karena menurutnya acara ini akan memberikan insight yang bagus untuk karier/masa depan para peserta.

           Tidak lupa sambutan hangat dari Monica Tanata selaku Founder & CEO I AM Community pada malam itu.

Sambutan dari Monica Tanata selaku Founder & CEO I AM Community (Foto: Risda Wulan)

           “Terima kasih kepada Miss Salamah, saya sangat bangga sekali bisa bekerja sama dengan tim dari pusat UIN Jakarta dan akhirnya terwujudlah acara malam hari ini. Saya harap temen-temen bisa ikut acaranya sampai akhir.” Ujar Monica Tanata.

           Sebelum memasuki materi utama oleh Fikri Mubarok, para partisipan diperkenalkan mengenai I AM Community dalam bentuk voice over. “I AM Community merupakan sebuah komunitas yang membahas mengenai motivasi, edukasi, pengembangan diri dan karier, serta investasi khususnya di bidang properti.” salah satu isi voice over pengenalan I AM Community.

Voice over perkenalan I AM Community. (Foto: Risda Wulan)

           Memasuki materi utama pada acara malam ini, Fikri Mubarok menjabarkan tentang pengertian Executive Search. “Executive Search memang khusus mencari kandidat yang levelnya tinggi seperti level direktur, level CEO. Kita bertemu dengan client, butuh kandidat yang seperti apa, skil, experience seperti apa yang dibutuhkan client, lalu mencarikan kandidat di market.” ujarnya. Fikri juga memaparkan bahwa Executive Search dibutuhkan untuk mencari kandidat yang pasif di market, sehingga harus connect langsung ke perusahaan-perusahaan untuk mencari kandidat yang sesuai. “Kita sebagai executive search menjadi mediator antara kedua pihak. Mencarikan kandidat ke client dan mempromosikan client ke kandidat.” tambahnya.

           Ada juga materi mengenai Fresh Graduates Starter Pack, seperti apa saja tahapan awal untuk mencari sebuah pekerjaan. “First step adalah create your LinkedIn, because everybody’s on LinkedIn now! Saya memiliki data statistik bahwa sebesar 87% dari 100% sosial media yang digunakan recruiter menemukan kandidatnya melalui LinkedIn. Dalam membangun profil LinkedIn, gunakan keywords dan job title yang tepat.” paparnya. “Kalian butuh banyak sekali networking ketika kalian masuk ke dunia kerja.” tambahnya.

Pemaparan materi oleh Fikri Mubarok. (Foto: Risda Wulan)

           Setelah pemaparan materi dari Fikri Mubarok, dilanjutkan dengan pengenalan I AM Community dan I AM Talent & Career oleh Monica Tanata. Beliau mengenalkan I AM Community mulai dari pengertian, Board of Patron, tujuan dan aksi nyara program, hingga review keberhasilan dari I AM Community.

Pemaparan materi I AM Community secara lengkap oleh Monica Tanata. (Foto: Risda Wulan)

           Selain itu, Monica Tanata juga menjelaskan secara rinci mengenai program utama dari I AM Community yaitu I AM Talent & Career. Mulai dari pengertian, rangkaian acara, target, hingga biaya mengikuti pelatihan ini.

           Usai Monica Tanata menjelaskan semua secara lengkap dan rinci, sesi selanjutnya adalah tanya jawab interaktif antara partisipan, Fikri Mubarok, dan juga Monica Tanata. Salah satu penanya bernama Hansel bertanya: “Jika kita ingin bergabung ke dunia kerja khususnya investasi properti, tentunya kita membutuhkan modal skill yang sekiranya dibutuhkan untuk dapat dijadikan bekal bagi kita. Bagaimana cara kita meningkatkan skill bernegosiasi dalam dunia investasi properti, khusunya bagi kita yang tidak memiliki basic akan hal tersebut?” Fikri Mubarok pun menjelaskan bahwa ada banyak cara untuk meningkatkan skill, tetapi salah satu yang paling penting adalah latihan, kita bisa mencari melalui artikel negotiation skills, atau literatur sesuai dengan skill yang ingin kita tingkatkan.

Sesi tanya jawab interaktif antara partisipan dengan narasumber. (Foto: Risda Wulan)
Foto bersama seluruh partisipan. (Foto: Risda Wulan dan Ivonne).

           Acara yang berlangsung selama kurang lebih tiga jam ini ditutup dengan foto bersama para partisipan dan penyebutan slogan I AM Community dengan lantang.

Salam I AM Community,

I AM Smart.

I AM Capable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *