I AM Community

Keseruan I AM Chatminar 1.4

I AM Chatminar merupakan seminar on the go yang dilakukan di aplikasi WhatsApp melalui grup besar I AM Community, yaitu Elite I AM Community. Seminar ini mengundang narasumber ahli pada bidangnya sehingga dapat meningkatkan motivasi serta edukasi pada masyarakat, khususnya kalangan milenial. Kegiatan ini merupakan hal yang sangat jarang ditemukan pada masa seperti sekarang ini. Seminar pada biasanya dilakukan melalui Zoom atau Google Meet dan aplikasi meeting lainnya. Namun, I AM Chatminar tampil berbeda karena seluruh rangkaian kegiatan dilakukan melalui grup WhatsApp. Latar belakang kegiatan ini disebabkan karena sering kali ditemukan webinar yang dilakukan secara tatap muka melalui aplikasi untuk virtual meeting yangtidak jarang menjadikan peserta menjadi jenuh, bosan, bahkan tidak memahami materi yang ada. Adanya I AM Chatminar, dapat meningkatkan keaktifan peserta dengan berdiskusi secara langsung pada grup WhatsApp tersebut. Selain itu, adanya I AM Chatminar ini, kedekatan peserta dan narasumber lebih terasa intens karena dipertemukan dalam satu komunitas.

I AM Chatminar ini termasuk dalam Wake Up! Project yang merupakan satu dari beberapa project menarik lainnya yang dikeluarkan oleh I AM Community. Kegiatan ini di bawahi oleh I AM Community dan dipertanggungjawabkan oleh divisi Event and Media Relations. Kegiatan ini tidak dipungut biaya (FREE) dan telah rutin dilakukan setiap tiga bulan sekali sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para anggota yang telah mengikuti acara tersebut. Acara I AM Chatminar sebelumnya, mengangkat tema yang selalu berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, I AM Chatminar ini sangat wajib diikuti oleh masyarakat, khususnya kalangan milenial.

I AM Chatminar 1.4 yang telah dilakukan pada 27 Januari 2021 lalu, merupakan I AM Chatminar ke-4 yang mengundang narasumber ahli, yaitu Samuel Calviando selaku Assistant Manager Learning and Development Human Resources at PT. Bumimulia Indah Lestari. Kegiatan tersebut telah sukses diselenggarakan dari awal hingga akhir acara dengan mengangkat tema “Well Behave in New Normal Era” yang artinya “Berperilaku Baik di Masa New Normal”. Pada situasi peralihan saat ini, setap elemen masyarakat tentunya sangat membutuhkan hal tersebut. Adanya keterbatasan interaksi secara langsung akibat pandemi, menjadikan seluruh kegiatan dilakukan secara online. Sikap atau perilaku tentunya berbeda seperti yang telah dilakukan seperti biasanya. Hal tersebut mengharuskan masyarakat beradaptasi pada situasi ini. Melalui tema tersebut, narasumber telah menjelaskan betapa pentingnya etika disituasi saat ini, seperti pada pertemuan kelas online, diskusi saat webinar, atau lainnya. Acara tersebut dihadiri oleh peserta dari I AM Community dengan jumlah audience dalam grup kurang lebih terdapat 100 orang yang terdiri dari anggota Elite, alumni, dan management internal.

Salah satu materi yang diberikan narasumber berupa quotes pada I AM Chatminar 1.4 (27/01/2021)

Kegiatan ini berlangsung selama satu setengah jam, dimulai pada pukul 19:00 – 20:30 WIB. Di awali oleh pengenalan moderator, Issabella Valentine, yang akan disapa sebagai “Mintor”. Ia menjelaskan beberapa peraturan selama I AM Chatminar 1.4 berlangsung. Selanjutnya, sesi pengenalan I AM Community serta sambutan dari Monica Tanata selaku CEO & Founder I AM Community melalui voice over yang diisi oleh divisi Podcast and Youtube. Kemudian, dilanjutkan sesi materi oleh narasumber selama satu jam dan diikuti sesi break yang diisi oleh QnA. Selama sesi break berlangsung, peserta dapat mempelajari kembali materi yang telah dijelaskan tersebut, lalu memberikan pertanyaan melalui personal chat kepada panitia. Setelah sesi break selesai, dilanjutkan sesi penjawaban QnA dari peserta yang akan dijawab oleh narasumber berupa teks atau voice notes. Kemudian, terdapat sesi diskusi terbuka, saat seluruh peserta dapat saling berinteraksi, bertukar pikiran, serta bertanya kembali mengenai materi yang disampaikan narasumber.

Salah satu materi yang dijelaskan narasumber dengan mengirimkan link untuk diisi peserta (27/01/2021)

Selama satu setengah jam, I AM Chatminar 1.4 telah berlangsung dengan baik dan sukses. Materi yang dijelaskan sederhana, tetapi sangat bermanfaat dengan pembawaan yang santai sehingga menjadikan situasi pada malam itu tidak terasa menjenuhkan. Para peserta dapat saling mengutarakan pendapatnya, serta Pak Calviando yang menjelaskannya dengan sangat baik. Selain penyampaian materi, narasumber juga memberikan kata-kata mutiara yang dapat membangkitkan semangat peserta lainnya tanpa mereka bertanya. Oleh karena itu, tanpa disadari peserta yang mengikuti acara tersebut akan mendapat ilmu baru yang sangat berguna pada kehidupannya. Tidak terasa satu setengah jam berlalu hingga pada pukul 20:52 WIB kegiatan tersebut pun selesai. Namun, terdapat keterlambatan pada saat penutupan karena seharusnya pada rundown acara, penutupan telah selesai pada pukul 20:30 WIB. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk antusias dari para peserta dengan ramainya grup Elite pada malam itu. Dan pada malam Kamis (27/01/2021), I AM Chatminar 1.4 dinyatakan resmi selesai. Dengan demikian, sampai bertemu di I AM Chatminar 1.5, Youngvestor!

Salam I AM Community:

I AM Smart,

I AM Capable!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *