I AM Community

Ingat! Tangga Persiapan Anak Muda Tahun 2021

Hai Youngvestor!

Tahun 2020 akan segera berakhir nih, tak terasa kini tinggal hitungan hari. Sungguh tahun yang memberikan pengalaman, pembelajaran, inspirasi hingga keunikan hidup menjadi lebih bermakna dan membuat banyak orang kembali sadar tentang perbuatan yang dilakukan sampai saat ini. Memang tak dapat dipungkiri lagi bahwa banyak perencanaan yang tertunda. Namun hal ini bukan akhir dari segalanya loh! Kita bisa memulainya kembali bersama dalam menyongsong menjadi lebih baik pada tahun berikutnya. Caranya sederhana, perubahan mind set yang selama ini belum maksimal dapat diperbaiki melalui aksi do it yourself dengan sebutan TANGGA PERSIAPAN. Simak ulasannya yuk, Yongvestor!

1. Tingkatkan Literasi

Kata ini sederhana, namun memiliki makna yang mendalam untuk merubah pola pikir seseorang. Hal ini dapat disebut sebagai tangga awal untuk mencapai target. Jadi, literasi itu memiliki makna sebagai kemampuan dan keterampilan yang dimiliki oleh seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini banyak seseorang yang berbuat hal di luar batas kemampuan. Sebenarnya hal ini bisa dibilang normal, karena rasa penasaran seseorang sebagai makhluk sosial sangat besar. Namun, hal ini harus diperhatikan agar minimnya terjadi kesalahan. Meningkatkan pemahaman literasi secara perlahan tentu akan membantu meminimalisir permasalahan serupa dapat terjadi.

2. Belajar dari Orang lain

Seseorang dilahirkan ke dunia sebagai seorang pemenang. Luar biasa kan? Tentu saja, hal ini dibuktikan dari potensi berbeda yang menjadi ciri khas tersendiri bagi setiap orang. Dikategorikan dalam makhluk yang berjiwa sosial tinggi dan saling berbagi, membuat hal ini menjadi semakin menarik. Pasalnya adalah seseorang dapat menjadi contoh bagi orang lain, baik dalam hal perbuatan, tindakan dan pola tingkah laku yang positif. Jadi, Lakukan hal yang terbaik menurut diri sendiri dengan catatan mencari sumber referensi sebagai pendukungnya Youngvestor!

3. Pasang Visi dan Misi dengan Tepat

Zaman sekarang jika tidak ada tujuan hidup bisa tersesat loh! Pastinya tujuan bisa membuat dan membantu seseorang menjadi lebih terarah. Misalnya saja dalam berbisnis, jika tak mempunyai target, maka bisa berakhir dengan sia-sia. Visi dan misi yang tepat bisa membantu dalam mengejar konsep yang selama ini menjadi prioritas utama. Pelajari dan pahami adalah salah satu hal yang dapat dirancang dan dipersiapkan sekarang ini. Jangan ditunda, apalagi sampai tak peduli karena ini sebagai kunci yang harus dipegang dan diterapkan didalam kehidupan sehari-hari.

4. Fokus Pada Satu Kegiatan

Hal ini tentu bersifat manusiawi, kita bisa melakukan segala kegiatan sekaligus sesuai batas kemampuan yang dimiliki. Kapasitasnya adalah tingkat kepercayaan seseorang dalam menjalankannya. Memang betul, terkadang membutuhkan waktu lebih untuk bisa fokus pada bidang yang lain. Namun, jika kita belum bisa melakukannya secara bersamaan, alangkah baiknya fokus terhadap satu bidang dulu. Dengan begitu akan dapat berjalan secara maksimal. Jangan bertindak gegabah tanpa adanya proses yang matang. Karena perbuatan yang dilakukan secara secara terburu dan tergesah tidak akan berjalan baik, melainkan akan mendapatkan hasil yang buruk.

Menarik banget pembahasan kali ini Youngvestor! Kita semua dapat mencoba dalam mempersiapkan melalui TANGGA PERSIAPAN untuk menyongsong lebih baik lagi pada tahun berikutnya. Dimulai dari diri sendiri aja dulu tanpa ada istilah membandingkan dengan orang lain. Ingatlah bahwa semua dapat sukses dan maju sesuai jatahnya masing-masing dalam mempersiapkan secara optimal. Semua akan ada dampaknya, sekecil apapun itu pasti membawa hasil yang luar biasa. Semangat Yongvestor!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *