I AM Community

Kenali 4 Manfaat Penggunaan Teknologi Digital Untuk Mengembangkan Bisnis dan Karier Kamu

Dalam mengembangkan ekonomi global, teknologi internet menjadi media paling populer dan dapat memudahkan penggunanya dalam bertransaksi ataupun mengembangkan bisnis melalui internet. Apalagi dengan situasi pandemi saat ini, internet menjadi media yang sangat sederhana untuk memudahkan prosesnya.

Sekarang mari kita renungkan, berapa lama kamu menghabiskan waktu di depan komputer atau layar handphonemu? Apakah kamu sudah benar-benar memanfaatkan teknologi dengan baik dan bijak? Pernahkah kamu berpikir untuk memulai bisnis atau membangun personal branding kamu di media sosial? Sudahkah kamu menemukan manfaat dari bermedia sosial?

Nah, jika diteliti kembali, beberapa dari kalian mungkin menggunakan teknologi internet hanya untuk berkomunikasi, bersenang-senang, dan juga memenuhi tugas sekolah. Banyak dari kita yang belum mengetahui pentingnya teknologi untuk memulai dan mengembangkan bisnis. Untuk itu, Mintor ingin membagikan sedikit gambaran mengenai manfaat penggunaan teknologi digital terhadap bisnis dan karier, yuk simak apa saja manfaat yang akan kita dapatkan berikut ini!

1. Mempermudah Akses dan Media Promosi

Melakukan promosi melalui media internet adalah langkah yang tepat. Kamu bisa dengan mudah mencari dan menyebarkan informasi dengan cepat, serta dapat berinteraksi langsung melewati gadget yang kamu miliki.

Kita tidak perlu keluar rumah untuk mencari kebutuhan sehari-hari, karena segala sesuatu yang kita butuhkan sudah banyak tersedia di internet dan juga munculnya beragam platform yang dapat membantumu memasarkan bisnis dengan lebih tepat. Misalnya, sekarang ini sudah ada tools yang dapat mengukur efektivitas strategi pemasaran yang dijalankan atau membantumu menghasilkan desain yang lebih menarik. Dengan memanfaatkan tools dan platform yang ada, kamu bisa menjangkau lebih banyak konsumen potensial dengan lebih cepat dan tepat. Bahkan proses transaksi pun sudah bisa dilakukan dengan mudah melalui m-banking.

2. Meningkatkan Produktivitas

Dengan adanya beragam software yang dapat membantu hal-hal yang bersifat administratif, kamu bisa lebih fokus untuk mengembangkan strategi bisnis dan timmu pun bisa fokus mengerjakan hal-hal yang esensial.  Dengan demikian, produktivitas tim bisa lebih meningkat. Semua itu karena teknologi dapat mengurangi terjadinya error atau kesalahan sepele melalui proses otomasi, mampu bersaing dengan bisnis-bisnis lainnya yang bahkan lebih besar, lebih gesit, dan merespons perubahan dengan lebih cepat.

3. Meningkatkan Pelayanan

Walaupun teknologi tidak sepenuhnya menggantikan manusia, teknologi mampu membantumu meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan. Dengan adanya beragam platform online, kamu bisa melacak transaksi, order, dan bukti pembayaran dengan lebih cepat dan mudah. Selain itu, komunikasi dengan konsumen juga semakin dimudahkan dengan adanya berbagai platform dan fitur yang tersedia seperti DM dan kolom komentar Instagram, email, live chat, dan sebagainya.

4. Munculnya Peluang Bisnis Baru (E-Business)

Dengan berkembangnya teknologi dan informasi akan mendorong beberapa orang untuk menciptakan beberapa peluang yang sangat menjanjikan dan sebagai modal bisnis yang sangat menguntungkan. Contoh pemanfaatan kemajuan teknologi dan komunikasi adalah Google, seperti search engine Google banyak digunakan untuk mencari sesuatu di internet dan perusahaan Google akan mendapatkan banyak keuntungan.

Mengetahui hal ini, peran perkembangan teknologi informasi saat ini memang tidak dapat dipisahkan dari dunia bisnis, karena perkembangan teknologi informasi dapat memberikan berbagai keuntungan dan kemudahan dalam menjalankan aktivitas bisnis. Namun selain memberikan manfaat dalam bidang bisnis, teknologi infromasi juga dapat disalah gunakan dalam hal yang kurang baik. Oleh karena itu, untuk penggunaannya harus digunakan secara bijak.Yuk, buat diri lebih positif tanpa membuang waktu dengan percuma!

Youngvestor juga dapat membagikan artikel ini kepada teman-teman kalian yang membutuhkan. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *