I AM Community

4 Pelajaran Terkait Dunia Kerja dari Drama Korea Start Up

Serial drama Korea (Drakor) berjudul “Start Up” akhir-akhir ini banyak diminati oleh pecinta Drakor. Tak heran drama ini disenangi banyak orang, karena kombinasi dua pemeran utama dan pendukung, serta cerita yang kekinian, mampu mewakili gambaran dunia generasi milenial saat ini. Dibintangi Nam Joo Hyuk (Nam Do San), Suzy (Seo Dal Mi), dan Kim Seon Ho (Han Ji Pyeong), serial drama ini memiliki pelajaran terkait dunia kerja yang patut kamu ketahui. Penasaran apa saja Youngvestor? Mari kita simak bersama!

1. Cermat Memilih Investor

Sumber: pinterest.com

Dalam Drama korea Startup memperkenalkan tiga karakter yang berupaya membangun perusahaan sendiri yang dinamakan Samsan Tech. Pada satu momen, mereka bertemu dengan sekelompok orang yang mengaku sebagai calon investor dan mereka pun meminta detil terkait ide inovasi. Namun sayangnya, setelah ide-ide mereka paparkan ternyata kelompok tersebut merupakan gerombolan penipu yang berniat mencuri ide tersebut. Pelajaran yang dapat kita petik adalah hati-hati dalam memilih calon investor dan mengemukakan ide-idemu. Kenali betul pihak-pihak yang terlibat dalam lingkaran pekerjaanmu ya, Youngvestor!

2. Peka Terhadap Potensi Rekan Kerjamu

Sumber: pinterest.com

Drama Start Up juga menghadirkan start up fiksi bernama SANDBOX yang dikisahkan menggelar kompetisi bagi muda-mudi Korea untuk memenangkan investasi. Namun sebelum itu, mereka harus membangun kelompok kerja mereka terlebih dahulu. Di sinilah tiga tokoh pengembang bertemu dengan sosok perempuan yang mampu menjadi CEO Samsan Tech setelah melalui sebuah tes.

Walaupun sosok perempuan tersebut hanya lulusan SMA, seiring berjalannya waktu, karakter perempuan yang dimainkan oleh Suzy tersebut menunjukkan kemampuan yang sangat bagus dalam bekerja, leadership, dan public speaking. Selain dari background pendidikan, track record dan kemampuan profesional juga penting dalam dunia kerja. Jadi, jangan minder dengan status pendidikanmu ya, Youngvestor!

3. Buatlah Strategi Yang Jelas Untuk Bisnismu!

Sumber: pinterest.com

Sebelum bergabung dalam kompetisi yang diadakan SANDBOX, tiga karakter pengembang berupaya menarik hati para investor. Namun, penjelasan yang mereka berikan nyatanya malah membuat bingung para investor. Dalam hal ini, diperlukan strategi yang jelas dan matang, serta kemampuan public speaking yang bagus sehingga orang lain mengerti dan percaya untuk bekerja sama dengan bisnis yang kamu bangun.

4. Berlaku Sesuai Kode Etik Kerja Yang Positif

Sumber: pinterest.com

Sudah tidak heran jika seseorang menemukan ketidakcocokan terhadap hal-hal yang berlaku di sebuah perusahaan tempatnya bekerja. Hal tersebut sama seperti yang dialami oleh karakter designer yang memutuskan masuk ke dalam kelompok Samsan Tech di kompetisi SANDBOX.

Karakter tersebut tidak tertarik dengan bidang teknologi yang diusung Samsan Tech, ia juga tidak cocok dengan rekan kerjanya. Dampaknya, karakter tersebut berlaku semaunya dan mendapat teguran untuk taat dan berdaptasi dengan lingkungan kerja. Oleh karena itu, patuhilah aturan yang ada di perusahaan tempatmu bekerja Youngvestor! Maka kamu akan merasa nyaman dan bahagia ketika bekerja.

Nah, itulah beberapa pelajaran terkait dunia kerja yang bisa kamu petik dari serial drama Korea Start Up. Selain menghibur, drama Korea ternyata banyak mengandung pesan dan pelajaran yang berguna untuk kehidupan ya Youngvestor! Kalau pelajaran yang bisa dipetik dari drama ini versi kamu apa nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *