I AM Community

Generasi Milenial Itu Apa Sih? Kamu Termasuk Gak Nih?

Halo Youngvestor! Berbanggalah kamu yang terlahir pada masa milenial ini, karena kalian sedang menjadi perbincangan di manapun, sebab kalian disebut akan membawa gaya kehidupan yang unik dan terbarukan. Tidak mengherankan, lahir dalam era pergantian abad tentu menyebabkan banyaknya sistem kehidupan yang bertransformasi. Selain itu, saat ini kaum milenial menganggap kehidupan sosial sebagai aspek yang penting.

Berbagai kemajuan teknologi dan perilaku konsumtif memang lekat sebagai karakteristik era milenial ini. Tapi sudah tahukah kamu, apa saja ciri-ciri lain dari generasi milenial? Berikut beberapa karakteristik dasar generasi milenal yang harus kamu tahu, kamu termasuk tidak Youngvestor?

1. No Gadget No Life


Sumber: pinterest.com

Tidak peduli tua atau muda, rasanya gadget saat ini menjadi separuh jiwa mereka. Memang dengan kemudahan-kemudahan yang ditawarkan, ditambah dengan akses internet tak terbatas membuat para milenial betah berselancar dengan gadgetnya.

Bukan itu saja, dalam pendidikan dan dunia kerja saat ini pun rasanya tidak lengkap jika tidak memanfaatkan kecanggihan teknologi. Tidak heran, bila masyarakat khususnya kaum milenium tidak bisa melepas gadget dari genggaman.

2. Hobi Malakukan Pembayaran Non-Tunai

Sumber: pinterest.com

Kecanggihan teknologi tidak hanya ada pada ponsel pintar atau gadget saja. Bahkan saat ini pun dalam melakukan transaksi juga sudah semakin modern. Berkembangnya model non-tunai dalam bertransaksi ternyata tidak disia-siakan oleh kaum milenial yang sangat suka dengan hal yang instan. Bahkan, kabarnya lebih dari separuh generasi milenial lebih suka bertransaksi non-cash! Apakah kamu termasuk di antaranya?

3. Memilih Pengalaman Daripada Aset

Sumber: pinterest.com

Ciri yang menggambarkan generasi milenial selanjutnya adalah mereka lebih suka menghabiskan uang untuk mendapatkan pengalaman tertentu dibanding menabung untuk menambah aset. Tentu saja, umumnya milenial lebih memilih jalan-jalan keliling Indonesia dan dunia daripada menabung untuk berinvestasi. Wah, kalau hal ini masih kamu lakukan, harus segera ubah pola hidup kamu ya! Bukan tidak boleh berlibur, hanya saja pastikan bahwa anggaran liburanmu tidak membuat keuanganmu membengkak atau minimal kamu punya penghasilan dua atau tiga kali lebih banyak dari anggaran liburanmu.

4. Kritis dengan Fenomena Sosial

Sumber: pinterest.com

Bagaimana tidak, generasi muda menghabiskan banyak waktu untuk berselancar di dunia maya dengan perangkat pintarnya. Dari situlah mereka dihujani banyak informasi di seluruh dunia. Nah, tidak heran kalau milenial sekarang lebih aktif untuk beropini di media sosial mengenai berita yang sedang hangat dibicarakan. Yang terpenting adalah belajar untuk beropini positif dan tidak mengganggu atau membenci satu sama lain ya.

5. Sharing is Cool

Sumber: pinterest.com

Ciri kaum milenial yang terakhir adalah mereka suka sekali berbagi apapun itu. Walau sekadar hal kecil, mereka pasti lebih bangga jika bisa berbagi kepada siapapun dan di manapun. Apakah kamu juga begitu, Youngvestor?

Jadi sekarang kamu tahu kan, bahwa kaum milenial itu punya banyak kelebihan dan juga kekurangan. Setiap generasi tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga mulai sekarang kamu harus pintar memilah hal baik dan buruk di setiap generasi ya, Youngvestor! Padukan kelebihan dari setiap generasi agar generasi milenial dapat menjadi generasi yang lebih baik dari generasi-generasi sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *